Yang tidak termasuk senam irama yang dipertandingkan dengan menggunakan alat adala

Asked by wiki @ 20/08/2021 in Penjaskes viewed by 9306 persons

Asked by wiki @ 02/08/2021 in Penjaskes viewed by 7450 persons

Asked by wiki @ 01/08/2021 in Penjaskes viewed by 7068 persons

Asked by wiki @ 29/07/2021 in Penjaskes viewed by 6878 persons

Asked by wiki @ 31/08/2021 in Penjaskes viewed by 6330 persons

Asked by wiki @ 29/07/2021 in Penjaskes viewed by 5652 persons

Asked by wiki @ 20/08/2021 in Penjaskes viewed by 5400 persons

Asked by wiki @ 08/08/2021 in Penjaskes viewed by 4471 persons

Asked by wiki @ 10/08/2021 in Penjaskes viewed by 4342 persons

Asked by wiki @ 03/08/2021 in Penjaskes viewed by 4247 persons

Asked by wiki @ 30/07/2021 in Penjaskes viewed by 3955 persons

Asked by wiki @ 02/08/2021 in Penjaskes viewed by 3802 persons

Asked by wiki @ 03/08/2021 in Penjaskes viewed by 3649 persons

Asked by wiki @ 02/08/2021 in Penjaskes viewed by 3591 persons

Asked by wiki @ 29/07/2021 in Penjaskes viewed by 3576 persons

KOMPAS.com - Senam irama merupakan salah satu cabang dari olahraga senam artistik yaitu seseorang atau kelompok memperlihatkan koreografinya yang menyatu dengan akrobatik, tari modern dan balet atau senam yang tanpa alat bantu.

Dikutip dari Dr. Olahraga Mengenalkan Teknik Senam Dasar (2012), senam irama adalah gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama.

Senam irama atau ritmik dapat dibagi menjadi dua yaitu senam tanpa  alat dan senam menggunakan alat . Alat yang biasa digunakan dalam rhythmic gymnastics yaitu bola, tali, tongkat, simpai dan pita.

Senam irama tanpa alat

Baca juga: Mengapa Senam Irama Bermanfaat bagi Bentuk Tubuh?

Dalam senam irama terbentuk suatu koordinasi gerak antara gerakan anggota badan, seperti tangan, kaki, dan kepala dengan alunan irama, baik itu berupa lagu, musik, atau nyanyian.

Senam irama tanpa menggunakan alat adalah gerakan yang melibatkan koordinasi gerak antara lengan, kaki, dan anggota tubuh lainnya.

Senam irama menggunakan alat

Dalam perlombaan senam irama, pesenam bisa menggunakan berbagai macam alat untuk menambah unsur artistik dalam gerakannya.

Baca juga: Gerak Pemanasan dan Pendinginan Senam Irama

Macam-macam alat yang digunakan dalam senam irama adalah tali, simpai (hoop), bola, dan juga pita.

  • Senam irama dengan alat bola

Bola yang digunakan oleh atlet seorang diri atau individu maka hanya satu bola yang digunakan dalam pentasnya.

Kendati demikian, di dalam pentas atlet hanya boleh memakai satu bola yang digunakan oleh setiap orang.

  • Senam irama dengan alat pita

Pada jenis senam tersebut masing-masing dari atlet diperbolehkan untuk menggunakan alat yaitu pita yang dimainkan oleh berbagai jenis gerakan, gaya dan cara. Contohnya putaran kecil berpola, putaran besar, dililit ke tubuh lalu dilepaskan lagi, dan lain-lain.

Baca juga: Sikap Awal Tubuh dalam Senam Irama

  • Senam irama dengan alat tali

Penggunaan tali pada senam ritmik hampir sama dengan menggunakan pita yaitu bisa digunakan dengan berbagai gaya dan gerakan.

  • Senam irama dengan alat berupa simpai

Simpai adalah alat yang sering digunakan dalam senam irama dengan cara dilempar dan ditangkap dengan berbagai cara atau bisa juga dengan diputar di berbagai bagian tubuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Selama pandemi Covid-19 aktivitas olahraga menjadi kian dimintai oleh masyarakat. Hal itu dilakukan sebagai bentuk mencari antibodi alami dari dalam tubuh. Salah satu kegiatan yang paling disuka adalah senam. Adapun senam yang cukup digemari adalah senam irama.

Senam ini dikenal paling banyak diiringi dengan iringan musik dan dikanl dengan senam ritmik atau irama ini masuk ke cabang senam artistik. Pesenam yang melakukan bisa perseorangan atau kelompok. erakannya selalu memiliki koreografi yang memiliki nuansa akrobatik, tari modern, dan balet.

Banyaknya penggemar olahraga ini disebabkan gerakan senam irama yang khas. Makanya tidak heran olah raga ini masuk ke dalam olimpiade di tingkat internasional. Keberadaannya dalam olimpiade ini menjadi pembeda dalam senam aerobik. Perbedaannya yang tidak hanya dilakukan untuk sekadar menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, namun juga seni keindahan dalam gerakan badan. Terlebih lagi ketika melakukan senam aerobik, biasanya akan dipandu oleh seorang pemandu senam.

Senam ini juga banyak mengadopsi teknik pada tari balet, sehingga senam ritmik ini lebih banyak digandrungi oleh para perempuan. Maka dari itu, sampai sekarang pun, gerakan senam masih identik dengan kaum perempuan, sehingga para kaum hawa lah yang banyak menggeluti senam irama.

Jenis-jenis Senam Irama

Setelah mengetahui mengenai asal mula senam irama, dan eksistensinya yang kini berada di kancah internasional. Kini masuk pada pembahasan soal jenis senam irama. Dalam praktiknya beberapa perlombaan untuk senam irama telah memakai alat bantu sebagai properti senam, seperti pita, bola, simpai, gada, dan tali. Kelima alat senam ini bisa dimainkan baik secara beregu maupun perorangan.

Berikut penjelasan mengenai ragam jenis senam irama yang menggunakan alat saat proses peragaannya yang dikutip dari Gramedia.com:

Jenis senam irama yang pertama adalah dengan menggunakan alat bola. Adapun bola yang dipakai adalah berukuran sedang, tidak terlalu kecil atau terlalu besar. Asalkan bola tersebut mudah dipegang, maka Anda bisa menjadikannya sebagai alat bantu saat berolahraga.

Pada umumnya bola terbuat dari karet atau plastik. Penggunaan bola dalam kompetisi juga beragam, umumnya menggunakan bola dengan diameter 18-20 cm dengan berat 400 gram. Gerakan memakai bola diantaranya adalah dengan melempar bola ke atas dan menangkapnya kembali, atau bisa dengan menggelindingkan bola ke arah pesenam.

2. Senam Irama dengan Menggunakan Alat Pita

Selanjutnya ada jenis senam irama yang menggunakan pita atau ribbons. Penggunaan pita ini berasal dari bahan yang halus seperti kain satin. Panjang pita biasanya 6 meter, belum termasuk tongkat pegangannya. Untuk berat pitanya sendiri sekitar 35 gram.

Kemudian tongkat yang dipakai berasal dari kayu atau bambu dengan panjang 50-60 cm dan diameter satu sentimeter. Gerakan senam dengan tongkat pita ini seperti mengayun, berbelit-belit seperti ular, membentuk angka 8, spiral, serta berbagai macam lemparan.

3. Senam Irama dengan Media Alat Simpai

Jenis senam irama berikutnya menggunakan i simpai atau hoops. Simpai ini boleh dibuat dari bambu, kayu ataupun plastik. Untuk beratnya disarankan kurang dari 300 gram dengan warna bebas. Biasanya ada yg memakai warna kuning, putih, atau campuran. Lalu diameter atau garis tengah yang diukur dari dalam panjangnya sekitar 80-90 cm.

Untuk gerakan pada jenis senam irama ini umumnya dilakukan dengan simpai yang mana prosesnya dengan bergerak sambil memegang simpai memakai satu atau dua tangan. Simpai kemudian bisa dilemparkan, digelindingkan, atau digerakkan sesuai teknik lainnya. Ada beberapa cara untuk memegang simpai yang harus dikuasai pesenam, yaitu reserve grip, outside grip, mixed grip, dan reguler grip.

4. Senam Irama dengan Menggunakan Alat Tali

Berikutnya ada jenis senam yang menggunakan alat tali. Dalam gerakannya tidak ada pegangan khusus. Adapun tali yang digunakan merupakan tali dengan bahan halus. Panjangnya bisa disesuaikan dengan tinggi badan pesenam. Cara mengukurnya bisa dengan menginjak bagian tengah tali, kemudian tangan kanan dan kiri memegang ujung tali dan meletakkannya di depan bahu.

Dalam jenis senam irama ini pesenam diberi keleluasaan khusus untuk bermain dengan cara apapun. Namun kuncinya tetap dikuasai penuh oleh para pesenam. Hal itu dapat dicontohkan pada saat melempar tali ke atas, atau loncat sambil melewatkan tali ke atas bawah.

5. Prosesi Senam Irama dengan Alat Gada

Jenis senam irama yang terakhir adalah dengan aat gada. Pada umumnya gada terbuat dari kayu ataupun plastik. Bentuk gada hampir mirip botol dengan panjang 40-50 cm dan berat kurang lebih 150 gram.

Gerakan dengan alat gada pada jenis senam ini antara lain yaitu mengayun, melempar dan menangkap, memutar, memukul, dan gerakan lainnya. Adapun senam gada dan keempat jenis senam lainnya dilakukan di atas matras berukuran 12×12 dengan iringan musik.

Demikianlah lima jenis senam irama yang menggunakan alat sebagai sarana tambahan. Senam irama kini juga bisa dipelajari dengan otodidak atau dengan guru pendamping. Tentunya keahlian untuk menguasai lima jenis senam irama ini membutuhkan konsistensi dan latihan yang sering.