Teks persuasi yang digunakan untuk kepentingan partai ataupun kepentingan negara adalah

Teks dapat dimasukkan dalam jenis teks persuasif.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), persuasi diartikan sebagai ajakan kepada seseorang dengan memberikan alasan dan prospek yang baik yang membujuk mereka (melalui bujukan halus). Jadi, dalam konteks ini, teks persuasif adalah teks yang menyajikan sudut pandang tertentu untuk membujuk pembaca.

Ide, gagasan atau pendapat tertulis adalah benar dan terbukti. Dengan cara ini, pembaca akan melakukan apa yang dituntut oleh isi teks. Untuk alasan ini, frasa persuasif sering digunakan dalam iklan atau panggilan khusus.

perlu dipahami.

Untuk lebih jelasnya, agapetanpabatas.com berikut merangkum 11 contoh teks kepercayaan lengkap beserta gambaran sifat dan strukturnya. Dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (12/9).

Sifat-sifat teks persuasif.

Teks persuasif identik dengan data dan fakta. Sebagaimana diketahui bahwa tujuan utama teks persuasif adalah untuk mempengaruhi pembaca. Oleh karena itu, tanggal dan fakta memegang peranan yang sangat penting sebagai alasan kuat untuk mendukung isi surat tersebut.

Untuk meyakinkan pembaca, teks persuasif ini harus mengandung argumen yang kuat. Hal ini sesuai dengan salah satu tujuan teks persuasi, yaitu membujuk pembaca. Tidak mengherankan, teks persuasif sering menggunakan kata penghubung argumentatif (jika, mengapa, mengapa, maka, akibatnya, maka).

Pengertian teks persuasi adalah teks yang membujuk atau mengajak. Oleh karena itu, isi teks ini juga mengandung kata-kata penyemangat. Diantaranya adalah: ayo, ayo, lakukan, penting, harus, harus, lakukan, harus, hati-hati dan sebagainya.

Ciri lain dari teks persuasif adalah menghindari konflik. Hal ini biasanya dilakukan untuk menjaga kepercayaan pembaca. Pendapat atau fakta yang digunakan dalam teks persuasif bertujuan untuk mempengaruhi pembaca agar mengikuti ajakannya.

Struktur teks yang meyakinkan.

Saat menulis teks persuasif, ada aturan atau struktur teks yang harus dipatuhi. Teks persuasi memiliki empat struktur, yaitu pendahuluan pertanyaan, rangkaian argumen, pernyataan ajakan, dan pengulangan. Berikut penjelasan singkatnya.

Pendahuluan masalah adalah pendahuluan yang biasanya terdapat di awal teks. Bagian ini memberikan pengantar untuk pertanyaan atau masalah yang dibahas dalam teks.

Pada bagian selanjutnya terdapat sejumlah argumen. Seri bab bertema ini berisi pandangan penulis tentang masalah yang diangkat di atas. Bagian ini juga memuat data atau bukti faktual yang mendukung argumen ini.

Setelah itu, ada bagian pernyataan ajakan yang berisi frasa untuk mendorong atau membujuk pembaca agar melakukan sesuatu. Pernyataan prompt dapat tersirat atau diungkapkan dalam teks.

Terakhir, bagian terakhir berisi pernyataan ulang, dimana penulis kembali menegaskan atau menegaskan pandangan dan fakta serta kalimat ajakan. Hal ini bertujuan untuk mendukung pernyataan dan argumen sebelumnya.

Contoh teks persuasif.

Foto: freepik.com

Tahukah Anda bahwa tubuh membutuhkan berbagai vitamin dan mineral? Ya, vitamin dan mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat. Banyak makanan yang mengandung nutrisi dari buah-buahan, daging, susu, kacang-kacangan dan sayuran. Menerapkan pola hidup sehat tidaklah sulit, karena semua makanan bergizi mudah ditemukan di sekitar kita.

Saat kebutuhan vitamin dan mineral terpenuhi, tubuh menjadi sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Justru sebaliknya, jika Anda enggan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral, tubuh Anda menjadi lebih mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, mulai sekarang, mari kita terapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral serta nutrisi lainnya. Selain makanan, kita juga perlu menyeimbangkannya dengan olahraga teratur.

Foto: freepik.com

Sampah merupakan masalah yang sangat mengkhawatirkan di Indonesia. Sepertinya masih terlalu banyak sampah kecil berserakan di sekitar kita. Terkadang banyak orang yang meremehkan sampah-sampah kecil ini tanpa menyadari dampak yang akan ditimbulkannya. Sampah tetaplah sampah, sekecil apapun itu.

Sampah yang kita buang kemana-mana tidak akan hilang dengan sendirinya. Apalagi jika menyangkut sampah anorganik atau sampah yang tidak bisa terurai oleh tanah. Namun, bukan berarti kita bisa membuang sampah organik di sembarang tempat. Limbah hasil tambang tidak serta merta hilang. Membuang sampah masih berisiko menimbulkan penyakit yang tidak diinginkan.

Oleh karena itu buanglah sampah pada tempatnya. Sesederhana itu, berbagai efek negatif dihindari. Hargailah orang-orang yang telah berjasa dalam menjaga kebersihan. Mereka bangun dan bekerja jauh sebelum kita, kedinginan dan kelelahan karena sampah kita.

Menghargai mereka sama saja dengan menghargai diri kita sendiri, karena ketika kita kotor kita menjadi manusia yang sama kotornya dengan sampah itu sendiri.

Foto: freepik.com

Indonesia adalah negara demokrasi dalam memilih pemimpinnya. Salah satu mekanisme pemilu adalah pemilihan umum dan pemilihan presiden daerah. Siapa yang memilih? Tentu sebagai bangsa Indonesia kita yang menentukan siapa pemimpin kita nantinya. Sudah menjadi kewajiban kita semua untuk mengetahui siapa calon pemimpin yang akan menyambut dan memenuhi aspirasi rakyat untuk kemajuan bangsa.

Tentu saja, baik Presiden maupun pemimpin daerah terpilih akan menentukan nasib bangsa setidaknya empat tahun ke depan. Jika kita tidak memilih dengan benar, kita juga merasakan efeknya. Lalu bagaimana cara memilih pemimpin yang tepat? Pilihlah dengan bijak. Artinya kita harus memilih calon pemimpin yang memiliki latar belakang yang baik, rekam jejak yang terbukti, visi dan misi yang langsung dan objektif untuk kebaikan negara.

Kami memilih pemimpin kami dengan cerdas, mengabaikan perasaan subjektif seperti kegembiraan belaka, terutama dari dorongan dari orang lain. Penilaian yang objektif adalah cara yang jauh lebih baik daripada hanya mengandalkan kata-kata baik atau naluri orang lain.

Selalu hindari berita tidak bertanggung jawab yang mengatakan sesuatu yang mengejutkan tentang berita politik. Jangan hanya membaca judulnya dan selalu membandingkannya dengan sumber lain. Hoax dapat dengan mudah mengabaikan keputusan objektif kita sebagai pemilih yang cerdas. Sebagai pemilih cerdas, kita akan selalu membuat penilaian objektif terhadap calon pemimpin dan partai yang dipimpinnya. Ayo bijak memilih mulai dari sekarang.

Foto: pixabay.com

Indonesia terletak di tengah zamrud khatulistiwa, yang menawarkan banyak keuntungan. Tanah di sini subur, hampir semua tanaman produktif yang dibutuhkan pasar konsumen bisa tumbuh. Namun, di balik manfaat tersebut terdapat risiko yang perlu diwaspadai ketika membahas letak geografis negara kepulauan Republik Indonesia. Perlu diketahui bahwa Indonesia berada pada episentrum gempa dan gunung berapi yang mengelilingi Samudera Pasifik. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk selalu waspada dan siaga terhadap berbagai bencana alam yang mungkin menimpa rumah kita.

Musyawarah menimbulkan banyak pendapat yang berbeda, yang sebenarnya dikemukakan oleh berbagai pihak. Keduanya merupakan pakar dari lembaga penelitian di berbagai universitas dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Indonesia. Misalnya, BMKG secara rutin menyelenggarakan forum informasi iklim dan gempa bumi. Bahkan, di beberapa daerah yang memiliki riwayat sesar gempa yang cukup berisiko tinggi, pihaknya akan melakukan sosialisasi untuk mengantisipasi gempa dan bencana alam bagi warga sekitar yang tinggal di daerah rawan.

Pengusaha, korporasi dan berbagai institusi komersial lainnya harus selalu mengikuti protokol keselamatan saat membuka usaha di daerah rawan bencana. Caranya adalah dengan membangun gedung tahan gempa, memiliki tempat berkumpulnya bencana, dan menyediakan berbagai pintu, tangga, dan perangkat prediksi bencana lainnya.

Pemerintah mungkin telah melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan kita, tetapi kita juga harus mampu mempersiapkan diri untuk hal-hal yang tidak terduga. Kesiapsiagaan dan respons terhadap bencana alam adalah suatu keharusan bagi kita semua sebagai pemberi pengaruh cincin api dunia. Kita harus selalu mewaspadai berbagai informasi dan sosialisasi yang diadakan secara rutin oleh BMKG, sebisa mungkin menggunakan bangunan tahan gempa, dan memilih daerah yang cenderung lebih aman dan jauh dari gangguan aktif.

Sekali lagi, literasi bencana alam adalah peta kami untuk penelitian Ring of Fire. Selalu siaga, tanggap dan waspada terhadap risiko bencana alam adalah salah satu perlengkapan hidup kita di tanah subur, namun tetap mengungkap rahasia murka alam di dalamnya.

Foto: freepik.com

Susu merupakan salah satu minuman dengan berbagai kandungan yang baik untuk tubuh. Susu kaya akan kalsium dan protein serta memberikan manfaat untuk kesehatan tulang dan gigi.

Untuk memenuhi kebutuhan tubuh, dua gelas susu harus diminum setiap hari. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih sehat dan kuat. Ada baiknya minum susu secara teratur di pagi dan sore hari sebelum tidur.

Milky Silky Milk adalah salah satu produk susu terbaik untuk kesehatan tubuh. Nutrisi bergizi dalam Milky Silky Milk menjaga tubuh Anda tetap sehat dan kuat. Ayo sembuhkan tubuh dan keluarga Anda dengan Milky Silky Milk.

Foto: freepik.com

Persaingan di dunia kerja saat ini semakin ketat. Sistem kerja membutuhkan sumber daya manusia yang ada dengan lulusan dan prestasi terbaik. Sebagai mahasiswa, kita perlu mempersiapkan diri sejak dini. Kami bersaing untuk meningkatkan kinerja.

Prestasi akademiknya pasti bagus. Namun, hasilnya tidak terbatas pada skor di rapor. Kita bisa unggul dalam olahraga, seni, sastra dan teknologi. Tidak perlu berkecil hati karena setiap siswa memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kita hanya perlu menemukan dan mengembangkan kekuatan kita.

Itu sebabnya kami mengerjakan hasil Anda. Ikuti kompetisi di bidang yang Anda minati. Berpartisipasi dalam pelatihan dan kegiatan yang dapat mendukung hasil Anda. Dengan persaingan yang sehat kita bisa menggapai masa depan.

Foto: freepik.com

Kami melestarikan literasi Indonesia. Kami masih membutuhkan banyak buku fisik. Buku merupakan penunjang terpenting dalam proses belajar mengajar. Kemajuan teknologi telah membawa kita pada buku elektronik. Namun, peran buku fisik tidak bisa dilepaskan. Dunia pendidikan masih membutuhkan buku kertas, terutama untuk daerah yang jauh dari pusat pemerintahan.

Tidak semua wilayah Indonesia memiliki akses internet yang cepat atau fasilitas yang memadai. Membaca e-book, di sisi lain, membutuhkan perangkat keras. Tidak seperti buku fisik, bisa dipinjam dan dibacakan secara bergiliran. Tidak perlu bergiliran menggunakan perangkat.

Ketersediaan e-book bagus, tetapi tidak berlaku di semua area. Buku fisik bahkan lebih efektif selama strukturnya tidak merata. Oleh karena itu, bagikan buku fisik didengan akses terbatas. Mendorong pemerintah untuk memenuhi kebutuhan buku secara adil. Mari bersama-sama memajukan dunia literasi Indonesia.

Foto: freepik.com

Hutan adalah paru-paru dunia yang harus kita lindungi. Luas hutan di Indonesia semakin hari semakin menyusut akibat aktivitas industri. Seperti di Papua, perusahaan membakar hutan untuk membersihkan perkebunan sawit. Pada saat yang sama, keberadaan dan kelangsungan hidup masyarakat adat semakin terancam.

Negara memiliki kewajiban untuk melindungi warganya. Jika Anda membiarkan perusahaan berkembang sementara masyarakat menderita, maka ada sesuatu yang salah. Bagi masyarakat adat, hutan adalah sumber kehidupan. Mereka mendapatkan sumber makanan mereka dari hutan, jadi mereka merawatnya dan memperlakukan alam dengan hormat. Pembakaran hutan sama saja dengan merusak mata pencaharian masyarakat adat.

Oleh karena itu, pemerintah harus menindak tegas perusahaan-perusahaan yang merusak lingkungan. Sesuai amanat konstitusi, negara berkewajiban melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. Bukan hanya untuk kepentingan perusahaan. Kami menyatakan dukungan kami untuk masyarakat adat. Menyelamatkan bumi seperti menyelamatkan nyawa manusia. Selamatkan hutan!

Foto: freepik.com

Tidak bisa dipungkiri bahwa tubuh kita bergerak setiap hari. Pergi bekerja, sekolah, kuliah, bekerja atau kegiatan lainnya. Hal ini tidak dapat dipisahkan dari kehidupan karena kita sangat membutuhkan untuk mencari nafkah atau belajar.

Namun ada hal yang tidak kalah pentingnya dari itu semua, kita juga meremehkan hal ini. Apalagi kalau bukan olahraga. Seringkali penyakit ringan seperti flu, batuk, demam dan lain-lain bisa disebabkan karena tubuh kita sedang lemas karena kurang berolahraga saat itu. Sistem kekebalan tubuh yang melawan penyakit lemah dan tidak cukup kuat untuk melawan penyakit yang datang.

Jarak yang memisahkan kita dari olahraga, jika kita dibiarkan menyeret diri dalam waktu yang lama, akan menyebabkan tubuh semakin merosot. Biasanya, orang tua dan pekerja yang sibuk dengan pekerjaannya tidak memiliki waktu luang sedikit pun untuk berolahraga.

Ketika mengabaikan olahraga menjadi kebiasaan rutin dalam kehidupan sehari-hari Anda, hal itu berdampak sangat negatif bagi kesehatan Anda. Tubuh juga menjadi lebih rentan terhadap penyakit.

Oleh karena itu, kita adalah orang-orang cerdas yang menjalani hidup sehat dengan mulai rutin berolahraga setiap hari. Hidup kita menjadi lebih bahagia dengan gerakan.

Foto: freepik.com

Sejak pandemi Covid-19 yang menjangkiti kehidupan masyarakat membuat kita harus menjaga jarak, berdiam diri di rumah dan tidak bersosialisasi dengan orang lain. Penyebaran virus ini tidak hanya berdampak pada bisnis dan pekerjaan kita, tetapi juga berdampak pada berbagai aspek, salah satunya adalah ekonomi. Kita tentu tahu bahwa karena pandemi yang sedang berlangsung, banyak bisnis harus tutup secara permanen atau berhenti berdagang.

Per 13 Januari 2020, terdapat 11.278 kasus baru. Jumlah di atas 11.000 kasus tentu bukan jumlah yang sedikit bukan? Bayangkan betapa ramainya di rumah sakit sekarang, para tenaga medis yang merindukan keluarganya yang merupakan orang-orang seperti kita yang bisa terkena virus mulai berjatuhan. Berapa lama harus berlangsung?

Makanya kita tidak boleh keluar rumah. Jika tidak terlalu penting, kita tetap di rumah, untuk diri kita sendiri, untuk keluarga kita dan untuk orang lain. Banyak hal yang bisa kita lakukan di rumah, seperti menonton drama korea, atau sekarang jaman sudah canggih, meeting bisa dilakukan secara virtual, kita juga bisa refreshing atau menambah skill dengan mengikuti kursus online, atau bahkan bisa menjadi one be nice time. dengan keluarga . Selama kita menjaga jarak, kita tetap bisa berkomunikasi dengan teman-teman, kita tetap bisa saling mendukung dan mendoakan.

Keputusan hanya keluar rumah untuk keluar rumah apalagi tidak menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi saat ini, egois, kenapa? Karena kita dapat terinfeksi oleh orang lain yang bahkan mungkin tidak tahu bahwa mereka adalah pembawa virus, dan membawa pulang virus dapat membahayakan keluarga kita. Kita tidak bisa menyalahkan siapa pun jika itu benar-benar terjadi, bukan?

Foto: freepik.com

Saat ini banyak dijumpai anak-anak yang durhaka kepada orang tua. Seorang anak yang nakal atau melewati batas kemudian akan melakukan tindakan yang merugikan orang lain.

Mungkin kata-kata makian keluar dari mulutnya, bolos sekolah, dan sering kita jumpai anak yang mencuri. Sekalipun anak-anak ini harus dikirim ke sekolah yang baik, mereka belajar dari guru yang baik dan tidak diajarkan hal-hal buruk yang dapat merugikan orang lain.

Hal ini bisa terjadi karena tidak ada keteladanan dari orang tuanya. Atau mungkin dari didikan orang tuanya, sehingga ia meniru teman-temannya yang tidak baik dan tidak mendidik.

Salah satu kesalahan orang tua dalam membesarkan anaknya adalah ketika anak diperbolehkan berkencan dengan orang dewasa yang usianya jauh dari usia anak. Lagi pula, itu secara otomatis meniru apa yang dilihatnya. Demikian pula anak-anak kecil, terutama yang masih duduk di bangku sekolah dasar, mudah terpengaruh oleh hal-hal buruk tersebut.

Untuk itulah kita sebagai orang tua harus bisa melindungi anak kita dari pengaruh buruk. Jika orang tua dapat memberikan contoh yang baik kepada anak-anaknya, maka anak akan melihat hal-hal buruk yang tidak dicontohkan oleh orang tua sebagai perilaku yang buruk, sebagai sesuatu yang tidak pantas. Dengan cara ini anak-anak kita menjadi anak-anak yang baik bagi bangsa dan agama.

(brl / merah)

(brl / merah)