Teknik yang digunakan untuk mengoper bola jarak dekat dalam permainan bola basket dinamakan …

Teknik yang digunakan mengoper bola jarak dekat dalam permainan bola basket adalah teknik chest pass. Teknik chest pass adalah gerakan memberikan bola dengan kedua tangan yang dilakukan di depan dada. Teknik chest pass dalam permainan bola basket digunakan untuk melakukan passing jarak dekat.

Teknik mengoper atau passing dalam permainan bola basket adalah gerakan memberikan bola pada rekan satu tim dengan gerakan tertentu. Dalam permainan bola basket, terdapat beberap jenis passing yang dapat digunakan oleh para pemain. Berikut empat jenis passing dalam permainan bola basket:

  • Chest pass. Chest pass adalah gerakan memberikan bola dengan kedua tangan yang dilakukan di depan dada. Teknik chest pass dalam permainan bola basket digunakan untuk melakukan passing jarak dekat.
  • Overhead pass. Overhead pass adalah gerakan memberikan bola dengan kedua tangan yang dilakukan di atas kepala. Dalam permainan bola basket, teknik overhead pass digunakan untuk memberikan bola dari post tinggi ke post rendah.
  • Bounce pass. Bounce pass adalah gerakan memberikan bola dengan kedua tangan dengan cara memantulkan bola ke lantai.
  • Baseball pass. Baseball pass adalah gerakan memberikan bola ke rekan satu tim yang dilakukan dengan menggunakan satu tangan. Untuk melakukan baseball pass, pemain harus memiliki akurasi passing yang tinggi.

Postingan Lebih Baru Postingan Lama

Teknik yang digunakan mengoper bola jarak dekat dalam permainan bola basket adalah teknik chest pass.

Chest pass adalah teknik mengoper bola dari depan dada. Jenis operan ini paling sering digunakan dalam pertandingan bola basket jika pemain sedang dalam keadaan bebas.

Baca selengkapnya penjelasan di bawah ini untuk mengetahui pengertian dan teknik melakukan chest pass.

Pembahasan

Permainan bola basket merupakan salah satu olahraga bola besar yang dimainkan secara beregu. Tujuan dari permainan bola basket adalah untuk memasukkan bola ke ring lawan dan memenangkan pertandingan.

Dalam permainan bola basket, terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain agar pemain dapat bermain bola basket dengan baik dan benar. Salah satu teknik dasar dalam permainan bola basket adalah teknik passing.

Teknik passing adalah gerakan memberikan bola pada rekan satu tim dengan gerakan tertentu. Dalam permainan bola basket, terdapat beberapa jenis passing yang dapat digunakan oleh para pemain.

Jenis-jenis passing tersebut adalah:

1. Chest pass.

Chest pass adalah gerakan memberikan bola dengan kedua tangan yang dilakukan di depan dada. Teknik chest pass dalam permainan bola basket digunakan untuk melakukan passing jarak dekat.

2. Overhead pass.

Overhead pass adalah gerakan memberikan bola dengan kedua tangan yang dilakukan di atas kepala. Dalam permainan bola basket, teknik overhead pass digunakan untuk memberikan bola dari post tinggi ke post rendah.

3. Bounce pass.

Bounce pass adalah gerakan memberikan bola dengan kedua tangan dengan cara memantulkan bola ke lantai.

4. Baseball pass.

Baseball pass adalah gerakan memberikan bola ke rekan satu tim yang dilakukan dengan menggunakan satu tangan. Untuk melakukan baseball pass, pemain harus memiliki akurasi passing yang tinggi.

Baca juga:  Macam-Macam Passing dalam Permainan Bola Basket

Pengertian Chest Pass

Chest pass adalah memberikan bola ke teman satu tim dengan cara passing tepat di depan dada. Jenis operan ini paling sering digunakan dalam pertandingan bola basket jika pemain sedang dalam keadaan bebas.

Chess artinya dada, pass adalah oper, jadi chest pass adalah memberikan bola ke kawan dengan cara dipassing tepat di arah depan dada.

Kelebihan chest pass adalah lebih cepat, lebih akurat, lebih kuat untuk mencapai kawan dan cocok untuk tim dengan tipe quick passing.

Cara Melakukan Chest Pass

Teknik dasar chest pass/operan dada memiliki tiga tahapan yaitu:

Tahap persiapan

  1. Berdiri dengan sikap melangkah;
  2. Bola dipegang dengan kedua tangan di depan dada;
  3. Badan agak condong ke depan.

Tahap gerakan

  1. Dorongkan bola ke depan meluruskan kedua lengan bersamaan kaki ke belakang dilangkahkan ke depan dan berat badan dibawa ke depan.
  2. Lepaskan bola dari kedua pegangan tangan setelah kedua lengan lurus.
  3. Arah bola lurus sejajar dada.

Akhir gerakan

  1. Berat badan dibawa ke depan.
  2. Kedua lengan ke depan rileks.
  3. Pandangan mengikuti arah gerakan bola.

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar sebagai berikut:

Itulah beberapa hal mengenai pengertian dan cara melakukan chest pass, teknik yang digunakan mengoper bola jarak dekat dalam permainan bola basket yang perlu di pahami oleh pemain dari setiap tim.

Dengan mengetahui pengertian chest pass dan menguasai tekniknya, maka pemain akan mampu bermain dengan baik dan memiliki potensi untuk mendapat point dan memenangkan pertandingan

Teknik Chest Pass (Sumber: Pixabay)

Teknik yang digunakan mengoper bola jarak dekat dalam permainan bola basket harus benar dan sesuai. Permainan bola basket merupakan olahraga beregu yang mengharuskan para pemainnya saling bekerja sama saat bermain.

Pada olahraga basket, operan atau passing menjadi teknik penting dalam proses operan bola. Passing yang dilakukan harus tepat dan cepat, sehingga bisa menghasilkan skor untuk tim.

Setidaknya, ada lima jenis operan dalam olahraga ini, yaitu Chest pass (mengoper bola setinggi dada), bounce pass (mengoper bola pantulan), overhead pass (mengoper bola dari atas kepala), baseball pass (operan yang dilakukan dengan satu tangan dari jarak jauh), dan back pass (gerakan mengoper bola dari arah belakang).

Namun, apa teknik yang digunakan mengoper bola jarak dekat dalam permainan bola basket? Berikut ini ulasannya.

Ilustrasi teknik untuk mengoper jarak dekat dalam bola basket. (Pexels/Tima Miroshnichenko)

Teknik yang digunakan mengoper bola jarak dekat bola basket dinamakan dengan Chest Pass.

Chest pass merupakan teknik mengoper bola dari depan dada. Jenis operan ini paling sering digunakan dalam pertandingan bola basket jika pemain sedang dalam keadaan bebas.

Chess artinya dada, kemudian pass adalah oper. Artinya, chest pass adalah memberikan bola ke rekan tim dengan cara passing tepat di arah depan dada.

Teknik chest pass basket memiliki keunggulan, yaitu tenaga yang dihasilkan untuk melakukan operan lebih kuat. Jadi, bola bisa sampai lebih cepat ke pemain lainnya.

Teknik Chest Pass dalam Bola Basket

Teknik Chest Pass pada Bola Basket (Sumber: NBA)

Secara garis besar, chest pass merupakan teknik dasar passing yang cukup populer dalam olahraga basket. Konsepnya adalah melempar bola sejajar dada yang mengandalkan dorongan serta akurasi yang tepat.

Teknik gerakan chest pass berfungsi untuk menyetak angka dalam olahraga basket. Saat melakukan chest pass, ada beberapa urutan teknik yang harus dilakukan, yaitu:

Cara Melakukan Teknik Chest Pass

Ilustrasi teknik chest pass. (Pexels/Christopher Hiew)

Tujuan permainan bola basket harus dilakukan dengan benar agar operan yang dilakukan bisa sampai ke pemain lainnya. Berikut ini adalah cara melakukan teknik chest pass dalam bola basket:

  1. Pegang bola dengan kedua tangan, kemudian tahan di bagian depan ada dan ujung jari kedua tangan.

  2. Lalu, posisikan ibu jari di belakang bola dengan tangan dan ujung jari yang menyebar ke arah sisi bola.

  3. Posisikan siku dekat dengan tubuh.

  4. Setelah itu, letakkan kaki pada posisi triple threat dengan tumpuan berat badan pada kaki belakang.

  5. Pindahkan berat badan ke depan saat melangkah untuk mengoper bola.

  6. Luruskan lengan dan putar ibu jari ke bawah, sehingga tangan mengarah lurus saat melakukan tolakan. Kemudian, akhiri dengan sentakan pergelangan tangan.

  7. Pandangan mata menuju arah bola yang dilempar dan arahkan bola lurus ke depan.

Itulah teknik yang digunakan mengoper bola jarak dekat dalam permainan bola basket. Kamu bisa langsung mempelajari teknik gerakan tersebut.

https://www.bbc.co.uk/bitesize/guides/zy4r9qt/revision/1

https://www.breakthroughbasketball.com/fundamentals/passing.html