Tekanan pada zat padat dipengaruhi oleh gaya tekan dan luas permukaan bidang tekan apa upaya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tekanan yang besar?

Upaya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tekanan yang besar adalah …

A. mengurangi gaya tekan dan memperbesar luas bidang

B. mengurangi gaya tekan dan memperkecil luas bidang

C. meningkatkan gaya tekan dan memperbesar luas bidang

D. meningkatkan gaya tekan dan memperkecil luas bidang

Jawaban :

D. meningkatkan gaya tekan dan memperkecil luas bidang

Penjelasan :

Upaya yang dapat dilakukan untuk mendapat tekanan yang besar adalah dengan cara D (meningkatkan gaya tekan dan memperkecil luas bidang tekan). Jika luas bidang tekannya besar maka tekanannya semakin kecil.

Pembahasan

tekanan dibedakan menjadi tiga yaitu tekanan pada zat padat, zat cair dan zat gas.

Tekanan pada zat padat yaitu gaya dibagi dengan luas penampang.

Adapun rumus atau persamaan pada tekanan zat padat yaitu sebagai berikut:

P = F/A

keterangan:

P = tekanan (satuan N/m² atau pascal)

F = gaya (satuan Newton)

A = luas bidang tekan (satuan m²)

Dari persamaan tekanan zat padat diatas dapat disimpulkan bahwa semakin besar gaya tekan yang diberikan, maka semakin kecil tekanan yang dihasilkan, sedangkan semakin kecil luas permukaan bidang tekan, maka semakin besar tekanan yang dihasilkan.

Contoh penerapan dalam kehidupan sehari – hari yaitu pada kapak. Mata pada kapak sengaja dibuat tajam untuk memperbesar tekanan, sehingga memudahkan tukang kayu dalam memotong atau membelah kayu. Ketika kita memotong atau membelah kayu dengan kapak yang tajam maka tenaga yang dikeluarkan akan sedikit dibandingkan menggunakan kapak yang tumpul.

Materi Soal : kelas 8Mata Pelajaran : Fisika, Pembahasan Tekanan

Sumber : Brainly

Kata Kunci
Berikut Ini Yang Bukan Penerapan Konsep Tekanan Dalam Kehidupan Sehari-hari Adalah - Faktor Yang Tidak Mempengaruhi Besarnya Tekanan Hidrostatis Adalah - Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Besarnya - Pernyataan Berikut Yang Benar Tentang Besarnya Tekanan Adalah - Sebuah Drum Besi Dapat Mengapung - Seorang Penyelam Menyelam Dengan Kedalaman 3 M - Seorang Penyelam Menyelam Dengan Kedalaman 3m Massa Jenis Air 1.000 Kg Per M3 Konstanta Gravitasi - Upaya Yang Dapat Dilakukan Untuk Mendapatkan Tekanan Yang Kecil Adalah -

Ilustrasi Pembelajaran Fisika. (Foto: https://pixabay.com/id/)

Dalam ilmu Fisika, tekanan merupakan gaya per satuan luas yang bekerja dalam arah tegak lurus suatu permukaan. Tekanan dapat dirumuskan dengan:

P = tekanan (Pascal atau N/m^2)

F = gaya yang bekerja pada benda (N)

Tekanan sebanding dengan gaya, yang mana semakin besar gaya maka tekanan juga semakin besar. Berbeda dengan gaya yang sebanding dengan tekanan, luas permukaan berbanding terbalik dengan tekanan. Semakin besar luas permukaan, makan tekanan akan semakin kecil.

Tekanan dapat dirumuskan juga pada zat cair atau disebut dengan tekanan hidrostatis. Tekanan hidrostatis dapat dirumuskan dengan:

Ph: tekanan hidrostatis (N/m^2)

p: massa jenis zat cair (kg/m^3)

g: percepatan gravitasi (m/s^2)

h: kedalaman/ketinggian (m)

Nah, untuk memahami lebih lanjut mengenai pembelajaran tekanan dalam ilmu fisika, artikel kali ini akan membahas satu soal mengenai upaya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tekanan yang besar.

Ilustrasi Pembelajaran Fisika. (Foto: https://pixabay.com/id/)

Upaya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tekanan yang besar adalah

a. Mengurangi gaya tekan dan memperbesar luas bidang tekan

b. Mengurangi gaya tekan dan memperkecil luas bidang tekan

c. Meningkatkan gaya tekan dan memperbesar luas bidang tekang

d. Meningkatkan gaya tekan dan memperkecil luas bidang tekan

Dikutip dari buku Seri Pendalaman Soal Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP/MTs Kelas 7, 8, 9 yang ditulis oleh Fitri Lianingsih, S. Si (2020: 232), jawaban yang benar dari pertanyaan di atas adalah meningkatkan gaya tekan dan memperkecil luas bidang tekan. Hal tersebut sesuai dengan rumus tekanan, yaitu P = F/A.

Tekanan berbanding lurus dengan gaya dan berbanding terbalik dengan luas bidang tekan. Oleh karena itu, upaya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tekanan yang besar adalah meningkatkan gaya tekan dan memperkecil luas bidang tekan. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat belajar! (CHL)

Dalam dunia fisika kita banyak mempelajari tentang tekanan seputar hidrostatis dan zat padat. Lantas apa itu tekanan? Tekanan adalah besaran gaya yang bekerja tiap satuan luas permukaan atau bidang tekanan. Kemudian, fenomena tersebut timbul sebagai akibat dari gaya tekan yang bekerja pada benda per satuan luas permukaan dengan arah tegak lurus. Suatu tekanan akan sangat bergantung pada besarnya gaya. Namun secara umum, tekanan ternyata dipengaruhi oleh dua faktor dan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan adalah gaya tekan dan luas bidang tekan.

Supaya lebih memahami  faktor yang mempengaruhi tekanan, yuk simak penjelasan mengenai bagaimana hubungan antara tekanan dan luas permukaan dengan gaya serta apa faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan zat padat adalah sebagai berikut:

BACA JUGA: Konsep Hukum Newton: Bunyi, Rumus, & Contoh Penerapannya

Definisi tekanan dan rumusnya

Materi Mafia Online

Banyak penjelasan mengenai tekanan, namun menurut  Physic Libre Texts bahwa definisi tekanan adalah sebuah gaya yang sudah ditetapkan secara tegak lurus persatuan lurus. Sehingga tekanan memiliki rumus sebagai berikut.

P = F/A

Dengan,

P: tekanan (Pa atau N/m²)

F: gaya tekan (N)

A: Luas bidang tekan (m²)

Setelah melihat penjelasan di atas, maka bisa disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan adalah gaya tekan dan bidang luas. Lalu bagaimana hubungan antara tekanan dan luas permukaan dengan gaya?

Apabila gaya yang diberikan pada suatu benda semakin besar, maka tekanan yang dihasilkan juga bertambah besar. Antara gaya dengan tekanan berbanding lurus lalu sebaliknya semakin luas permukaan benda, maka tekanan yang dihasilkan akan semakin kecil antara luas permukaan dengan tekanan memiliki perbandingan terbalik.

Berikutnya bahwa satuan tekanan dalam sistem satuan internasional (si) adalah pascal atau setara dengan N/m2. Lalu cmHG dan mmHg adalah satuan tekanan yang biasanya dijumpai pada alat ukur barometer.

Gaya tekan

KBBI

Adalah besaran vektor yang mempunyai nilai dan arah karena gaya tekan diberikan secara tegak lurus terhadap bidang tekan. Diketahui, bahwa gaya tekan mampu mempengaruhi besar tekanan. Jika semakin besar gaya tekan yang diberikan, maka semakin besar pula tekanan yang dihasilkan. Salah satu bentuk gaya tekanan adalah ketika mencoba menancapkan paku pada dinding. Jika kita coba menancapkan paku dengan tangan, maka paku mungkin tidak akan tertancap. Maka dari itu diperlukan alat pemukul seperti palu untuk menancapkan paku tersebut.

Luas bidang tekan

Pexels

 

Selain gaya tekan, ada pula faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan adalah luas bidang tekan. Pada rumus tekanan maka bisa dilihat jika luas bidang tekan (A) adalah penyebut dan gaya tekan (F) adalah pembilang.

Maka bisa diartikan jika besar gaya tekan tegak lurus dengan besarnnya tekanan. Sehingga luas bidang tekan berbanding terbalik dengan besar tekanan. Makin luas suatu bidang tekan, maka akan semakin kecil tekanan yang dihasilkan.

Misalnya saat menggunaan jari tangan dan jarum suntik, maka jari tangan memiliki luas permukaan yang lebih besar daripada jarum suntik. Kemudian, saat keduanya diberikan gaya tekan sama maka tekanan yang dihasilkan bisa berakhir berbeda.

BACA JUGA: Satuan Berat: Pengertian, Tangga, Rumus, & Contoh Soal

Tekanan hidrostatis

Guru Pengajar

Tak hanya tekanan secara umum, dalam bidang ilmu fisika dipelajari pula penjelasan mengenai tekanan hidrostatis. Tekanan hidrostratis merupakan persamaan kata dari tekanan zat cair. Dalam bidang fisika, tekanan zat cair atau tekanan hidrostatis bisa diartikan sebagai tekanan di dalam zat diam yang terjadi karena zat cair tersebut dipengaruhi oleh kedalaman.

Lalu ilmu yang mempelajari zat cair diam biasa disebut dengan hidrostatika atau statika fluida. Meski demikian, ada faktor yang tidak mempengaruhi besarnya tekanan hidrostatis adalah berat jenis zat cair, massa jenis zat cair, dan percepatan graivitasi.

Tekanan zat padat

Among Guru

Selain tekanan hidrostatis, dipelajari pula tekanan zat padat, lalu apa itu zat padat? Tekanan zat padat adalah gaya yang bekerja pada satuan luas bidang tekan. Jika suatu zat padat diberikan gaya dari atas maka otomatis akan menimbulkan tekanan. Jika semakin besar luas alas, bidang tekannya akan semakin kecil. Rumus dari tekanan zat gas ini adalah sebagai berikut:

p = F/A

Setelah melihat penjelasannya maka, berikutnya dalah faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan zat gas. Ada setidaknya tiga faktor yang mempengaruhi zat padat yaitu jumlah gas, suhu gas, dan volume gas.

Upaya mendapatkan tekanan besar

Kumparan

Setelah mempelajari aneka tekanan mulai dari hidrostatis hingga tekanan zat padat, maka berikutnya bagaimana cara mendapatkan tekanan besar. Nah, upaya bisa dilakukan untuk mendapatkan tekanan besar yaitu.

  • Memperkecil permukaan bidang sentuh
  • Memperbesar gaya berat/gaya dorong.
  • Memperbesar massa benda yang memberikan tekanan.

Itulah upaya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tekanan besar. Nah, demikian penjelasan mengenai definisi tekanan, macam-macam tekanan dan apa saja faktor yang mempengaruhi zat-zat tekanan tersebut. Semoga menambah wawasan dan pengetahuan Sedulur.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.