Sebutkan langkah langkah mengaktifkan komputer

/en/tr_id-computer-basics/memasang-menyiapkan-komputer/content/

Memulai memakai komputer baru Anda

Komputer lebih dari sekedar alat rumah tangga. Saat ini, jumlah informasi yang dikelola menjadi semakin banyak. Namun Anda dapat menggunakan bantuan komputer untuk mengelola informasi dengan optimal. Mari kita pelajari cara memakai komputer baru Anda.

Cara menghidupkan komputer pertama kali dapat berbeda antara komputer satu dengan komputer lainnya. Kemungkinan langkah-langkah di panduan ini dapat berbeda dengan praktek di komputer yang Anda gunakan saat ini. Anda dapat meminta bantuan orang lain.

Jika Anda menggunakan komputer desktop, maka Anda harus memastikan bahwa keyboard, mouse, dan monitor telah dicolokkan ke casing komputer sebelum Anda melanjutkan panduan ini. Pelajari panduan pemasangan komputer kami di Memasang (Menyiapkan) Komputer.

Menghidupkan komputer

Langkah paling awal yang dilakukan adalah menyalakan komputer. Carilah dan tekanlah tombol power untuk menyalakan komputer. Letak tombol ini dapat berbeda pada beberapa jenis komputer, namun simbol ikonnya biasanya sama (lihat gambar di bawah ini).

Setelah Anda menekan tombol power, maka tunggulah beberapa saat sebelum komputer benar-benar telah siap digunakan. Anda mungkin melihat beberapa tampilan flash di monitor. Tampilan ini merupakan tampilan dari proses booting, dan biasanya berlangsung sekitar 15 detik hingga beberapa menit.

Setelah komputer selesai booting, maka komputer dapat langsung digunakan atau membutuhkan login terlebih dahulu. Login merupakan proses identifikasi dari pengguna komputer yang dilakukan dengan mengetik atau memilih profil nama pengguna, lalu dilanjutkan dengan mengetik password. Jika Anda belum pernah login sebelumnya, maka Anda perlu membuat akun.

Keyboard dan mouse

Media interaksi utama antara komputer dan penggunanya adalah keyboard dan mouse, atau trackpad pada komputer laptop. Memahami cara penggunaan dua perangkat ini merupakan hal yang penting dalam menggunakan komputer. Mayoritas pengguna komputer lebih nyaman meletakkan keyboard bersebelahan dengan mouse di atas meja di depan mereka.

Mouse digunakan untuk menggerakkan kursor pointer di monitor Anda. Setiap kali Anda menggeser mouse di meja Anda, maka kursor pointer di monitor juga akan bergerak dengan arah yang sama. Sebuah mouse biasanya memiliki dua tombol, yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Anda berinteraksi dengan komputer melalui mouse yang Anda gerakkan untuk memilih suatu objek di monitor dan klik salah satu tombol mouse.

Pada laptop, Anda menggunakan trackpad yang terletak di bawah keyboard. Cukup geser jari Anda di trackpad untuk menggerakkan kursor pointer di monitor. Beberapa trackpad tidak memiliki tombol, sehingga Anda perlu menekan atau tap trackpad untuk fungsi klik.

Keyboard digunakan untuk mengetik huruf, angka, dan simbol-simbol lainnya ke komputer. Setiap kali Anda melihat garis tegak berkedip (disebut kursor), maka Anda dapat mulai mengetik.

Perhatikan bahwa mouse juga mempunyai kursor, tetapi bentuknya berbeda. Kursor keyboard juga disebut insertion point.

Menggunakan komputer

Layar utama komputer adalah layar desktop. Layar ini merupakan menu utama. Melalui layar desktop, Anda dapat mengakses aplikasi dan fitur-fitur lainnya di komputer Anda.

Ikon digunakan sebagai penanda unik dari berbagai macam berkas, aplikasi, dan instruksi pada komputer Anda. Ikon berupa gambar kecil yang bertujuan sebagai simbol (logo) representasi unik dari berkas, aplikasi, atau sesuatu di komputer. Dobel klik pada suatu ikon akan membuka suatu aplikasi atau berkas.

Sebuah tombol merupakan sekelompok instruksi untuk melakukan fungsi-fungsi tertentu pada sebuah aplikasi. Fungsi-fungsi yang sering digunakan pada suatu aplikasi akan ditampilkan dalam bentuk tombol.

Menu merupakan kumpulan dari beberapa instruksi dan tombol pintas (shortcut). Klik menu yang Anda inginkan untuk menampilkan jenis-jenis shortcut dan submenu di dalamnya. Lalu klik shortcut atau submenu tersebut untuk menjalankannya.

Jika Anda membuka aplikasi atau folder, maka keduanya akan ditampilkan pada jendela (window) sendiri. Sebuah jendela (window) adalah suatu area yang berisi kumpulan fitur atau menu dari menu induk. Anda dapat mengelola penataan beberapa jendela di desktop dan beralih di antaranya.

Apa yang dapat saya lakukan selanjutnya ?

Panduan ini merupakan panduan dasar menggunakan komputer. Pada panduan kami selanjutnya, kami akan membahas bagaimana menggunakan sistem operasi di komputer Anda.

/en/tr_id-computer-basics/mengenal-sistem-operasi/content/

Langkah Langkah Menghidupkan Komputer adalah sebagai berikut : 1.Pastikan kabel-kabel sudah terpasang dengan benar. 2.Hidupkan stabilizer voltage jika ada. 3.Hidupkan monitor dengan menekan tompol power pada monitor . 4.Hidupkan CPU dengan menekan tombol power pada CPU . 5.Tunggu Hingga proses Booting Selesai sampai muncul layar desktop. 6.Computer sudah siap di pakai.

Langkah Langkah Mematikan Komputer ” Shutdown Komputer ” :


Cara Mematikan Komputer Windows Xp, vista, Windows 7 :

Cara Menghidupkan Komputer – Pada era modern ini Komputer atau laptop saat ini masih sering digunakan untuk berbagai pekerjaan. Misalnya untuk edit video atau hanya sekedar bermain game.

Jika kamu mencari komputer, saat ini sangat mudah sekali untuk didapatkan. baik di toko komputer ataupun di jual beli online.

Membahas mengenai komputer, pastinya orang-orang yang baru saja membeli atau masih awam dan menginginkan Komputernya tetap awet dan tidak cepat rusak.

Oleh sebab itu, ada satu hal yang menarik dan harus kamu perhatikan disini, khususnya buat kamu pemula. Kali ini saya akan membahas cara menghidupkan Komputer dengan benar beserta gambarnya.

Cara Menghidupkan Komputer

Terdapat beberapa prosedur yang harus kamu perhatikan sebelum menggunakan sebuah komputer. Walaupun memang terlihat sepele namun berpengaruh terhadap komputer atau laptop agar awet.

Langsung aja perhatikan langkah-langkah cara menghidupkan komputer dengan benar:

1. Pastikan Komputer Terhubung dengan Sumber Daya

Langkah pertama cara menghidupkan Komputer inilah yang paling penting, karena tanpa adanya sumber daya listrik komputer atau laptop kamu tidak akan menyala.

Walaupun begitu, seperti halnya laptop ini bisa bekerja dengan daya baterai, namun tetap dianjurkan untuk menghubungkannya dengan sambungan listrik. Karena untuk menghindari baterai lemah saat menyalakannya.

Jadi sambungkan kabel power kebelakang komputer atau yang disebut juga Power Supply. Jika sudah tersambung ke Power Supply, hubungkan kabel power ke stop kontak.

Jika kamu menggunakan UPS atau Stabilizer, jangan lupa sambungkan juga.

2. Sambungkan dengan Perangkat Komputer (Mouse/Keyboard)

Saat Komputer kamu tersambung dengan daya maka aliran listrik sudah berjalan. Setelah itu adalah menyambungkan beberapa perangkat yang akan kamu gunakan di komputermu. Contohnya Mouse, Keyboard ataupun Speaker.

Caranya sangat mudah kok sob. Siapkan alatnya seperti Keyboard, Mouse, speaker kemudian hubungkan kabelnya di bagian belakang Komputer. Disitu kamu akan melihat colokan namanya Port USB.

Masukkan saja kabel tersebut ke USB yang disedikan. Namun untuk speaker biasanya membutuhkan power tambahan, yang biasanya berbentuk USB atau berbentuk kabel power.

Lihat juga 100+ Fungsi Tombol Keyboard Pada Komputer & Pengertian Lengkap

3. Nyalakan Layar Monitor

Jika kamputer atau laptop kamu sudah terhubung semua perangkat pentingnya, langkah selanjutnya yaitu menyalakan layar monitor.

Langkah cara menyalakan komputer selanjutnya kamu harus menyambungkan terlebih dulu monitormu di bagian belakang CPU.

Bentuknya bisa berupa HDMI atau DSUB/VGA. Lebih jelasnya sperti gambar dibawah ini :

Jika sudah selesai menyambungkan seperti kabel power monitor di stop kontak, maka selanjutnya nyalakan layar monitor kamu dengan cara menekan tombol power di bawah atau samping sebuah monitor.

4. Menyalakan Komputer

Langkah selanjutnya, temukan tombol daya komputer yang berbentuk lingkaran dengan garis vertikal. Posisi tombol daya tersebut berbeda-beda, namun umumnya kamu bisa menemukannya di salah satu lokasi berikut:

  • Laptop: Berada disebelah kiri atau kanan di depan badan laptop.

Terkadang, tombol ini berada di dekat bagian atas papan ketik/keyboard, atau berupa tombol di bagian bawah/atas keyboard.

  • Desktop/CPU: Berada di depan atau belakang CPU (kotak yang terhubung dengan monitor komputer).

Caranya tekan tombol power komputer dan kamu akan mendengar bunyi kipas yang mulai berputar.

Kemudian, secara otomatis monitor juga akan menyala. Disitu kamu akan melihat tampilan layar windows sebagai menu utama bertanda komputer siap digunakan.

5. Menunggu Proses Booting

Sebelum kamu bisa menggunakan komputer, akan melewati proses booting. Yaitu semacam proses loading untuk memuat sebuah system yang ada di dalam komputer atau laptop.

Tunggu saja proses loadingnya kurang lebih sekitar 1-3 menit saja, namun tergantung spesifikasi komputer kamu ya! Soalnya untuk komputer yang bagus proses bootingnya nggak samapi 1 menit.

Proses booting ini ditandai dengan muncul logo Windows berupa loading yang berulang, seperti gambar diatas.

Pelajari juga 11 Cara Mengatasi Laptop Lemot Biar Ngebut Kembali

6. Komputer Siap di Gunakan

Nah! Cara menghidupkan komputer sudah selesai. Maka komputer kamu sudah siap digunakan untuk melakukan pekerjaan.

Terserah kamu bisa melakukan apa saja, silahkan menginstal berbagai software yang kamu butuhkan ataupun game dan menyambungkan ke internet atau yang lainnya.

Cara Mematikan Komputer dengan Aman

Jika kamu selesai mengoprasikan komputer, maka saatnya mematikan komputer. caranya sangat mudah kok.

Langkah pertama, klik kanan dibagian kiri bawah logo berbentuk windows. Kemudian pilih Power > klik menu Shut Down.

Tunggu saja proses Shut Down beberapa detik sampai lampu led pada komputer dan kipas tidak berjalan lagi, alias mati.

Jika komputer sudah mati, selanjutnya cabut kabel power, layar monitor, dan juga speaker (jika menggunakan). Kecuali USB yang tersambung dengan mouse dan keyboard tidak perlu dicabut.

Lebih lengkapnya kamu bisa membukanya di pembahasan berikut cara mematikan komputer.

Baca Juga: 5 Fungsi Harddisk & Jenis Harddisk Beserta Gambarnya [Lengkap]

Akhir Kata

Itulah langkah-langkah cara menghidupkan komputer dan mematikan komputer atau laptop windows 7, 8 maupun 10. Cara ini ditujukan bagi pemula yang belum mengetahui cara mengoprasikan komputer.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke temen kamu yang masih awam tentang komputer. Selamat mencoba! cpu, menyalakan adalah menekan tombol,mematikan , dengan keyboard, server, menghidupkan dan mematikan , beserta gambarnya, tanpa cpu, Cara Menghidupkan Komputer

Share this: