Sebutkan apa saja unsur yang terdapat dalam komposisi?

Unsur-unsur dalam menggambar antara lain ialah sebagai berikut:

1. Titik. Semua karya awalnya dihasilkan dari unsur titik. Titik juga biasa menjadi pusat perhatian tersendiri jika berkumpul atau mempunyai warna berbeda dari yang lainnya.

2. Garis. Merupakan goresan atau limit/batas dari suatu benda, bidang, ruang, tekstur, warna, dan lain sebagainya. Garis mempunyai dimensi yang memanjang dan cenderung memiliki arah tertentu, serta mempunyai beberapa sifat, diantarannya panjang, pendek, tipis, lurus, horizontal, vertical, berombak, melengkung, miring, halus, tebal, patah-patah, dan masih banyak yang lainnya.

3. Bidang. Unsur seni rupa yang terbentuk atau dibentuk dari hubungan beberapa garis. Bidang sendiri mempunyai dimensi panjang dan lebar. Lain halnya dengan bentuk yang mempunyai dimensi panjang, lebar dan tinggi, oleh sebab itu bentuk selalu memiliki volume atau isi.

4. Bentuk. Bentuk menurut artian bahasa bisa dikatan bangun (shape) atau juga bentuk plastis (form). Bangun (shape) merupakan bentuk benda yang polos, seperti hal nya yang nampak oleh mata, sekedar untuk mengatakan sifatnya saja (kotak, bundar, ornamental, atau tak beraturan).

5. Tekstur. Tekstur adalah suatu sifat permukaan sebuah benda. Sifat tersebut dapat berkesan kasar, lembut, halus, mengkilap, kusam, berpori, licin, dan lain sebagainya. Kesan-kesan tersebut dapat dirasakan tidak hanya lewat rabaan, tetapi juga penglihatan. Oleh sebab itu ada dua macam tekstur yaitu tekstur semu (maya) yang dimana kesan benda tersebut berbeda antara penglihata mata dengan hasil rabaan, serta tekstur rabaan.

6. Warna. Teori warna yang berdasar kepada cahaya, dapat kita lihat melalui tujuh spektrum warna yang terdapat pada ilmu fisika, seperti hal nya dengan warna pelangi. Secara teori warana dapat dipeljari lewat dua pendekatan, salah satunya dengan menggunakan teori warna yang berdasar pada pigmen warna (goethe) yaitu butiran halus yang terdapat pada warna.

Berikut ada beberapa yang harus kamu ketahui tentang teori pigmen warna, yaitu:

- Warna Primer. Adalah warna yang tidak bisa diperoleh dari campuran warna lain. Warna tersebut adalah merah, kuning, dan biru.

- Warna Sekunder. Adalah warna yang didapatkan dari hasil pencampuran antara dua warna primer, misalkan warna ungu, oren, dan hijau.

- Warna Tersier. Adalah warna yang di hasilkan dari percampuran dua warna sekunder.

- Warna Analogus. Adalah deretan warna yang letaknya berdekatan dalam suatu lingkaran warna, misalkan warna kuning dengan ungu, merah dengan hijau, dan lain sebagainya.

7. Gelap Terang. Dalam karya seni rupa dua dimensi, unsur gelap dan terang bisa berfungsi dalam beberapa hal,diantaranya menggambar benda seolah benda tersebut memiliki volume (3 dimensi), unsur gelap terang dalam karya seni rupa bisa terjadi karna intesitas warna (daya pancar), dapat juga terjadi karena percampuran antara warna hitam dan putih.

8. Ruang (kedalaman). Jika dalam karya seni tiga dimensi dapat dirasakan langsung oleh sang penikmat tersebut, seperti halnya dengan  ruangan dalam rumah, ruang gedung dan lain sebagainya. Sedangkan dalam karya seni dua dimensi, ruang hanya bersifat semu karena hanya didapatkan dari kesan penggambaran yang datar, pipih, menjorok, cekung, cembung, dekat, jauh, dan lain sebagainya.

Surat di atas termasuk jenis surat dinas. Surat dinas adalah surat yang menyangkut hal-hal terkait kedinasan. Surat ini ditulis atas nama instansi, pemerintah, maupun swasta dan ditujukan untuk instansi lain ataupun perorangan. Bagian dari surat dinas, di antaranya: 

  1. Kepala surat
  2. Nomor surat
  3. Tanggal surat
  4. Lampiran surat
  5. Perihal surat
  6. Alamat surat
  7. Salam pembuka 
  8. Isi surat
  9. Penutup surat
  10. Identitas pengirim 
  11. Salam penutup 

Berdasarkan unsur surat dinas secara umum, maka dapat diketahui surat dinas di atas memiliki unsur:

PEMERINTAH PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 RUANGGURU

Jl. Wardani No. 1 Yogyakarta 55224 

(Kepala surat)

(Tanggal surat) Yogyakarta 10 September 2016


Nomor          : 19/smp1/2016 (Nomor surat)
Lampiran     : -                       (Lampiran surat)
Perihal          : Undangan Wali Murid (Perihal surat)

Yth. Orang Tua/ Wali Murid  (Alamat surat) SMP Negeri 1 Ruangguru

Yogyakarta

Assalamu'alaikum Wr. Wb. (Salam pembuka)
Salam sejahtera bagi kita sekalian.

(Isi surat)

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun SMP 1 Ruangguru, Kami pengurus OSIS akan melakukan acara santunan kepada anak yatim piatu, dan mohon kiranya para Orang Tua/Wali Murid dapat berpartisipasi dalam memberikan sumbangan. Oleh karena itu kami mohon kehadirannya pada:

Hari, tanggal   : Senin, 15 September 2014 Tempat             : Aula Serba Guna SMP Negeri 1 Ruangguru

Acara                : Partisipasi dari Orang Tua/Wali Murid

Mengingat pentingnya acara tersebut, dimohon kehadirannya tepat pada waktunya. Demikian undangan ini. Atas kehadiran dan partisipasinya kami mengucapkan terimakasih. (Penutup surat)
Wassalamu'alaikum Wr. Wb. (Salam penutup)

Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Ruangguru,            Ketua OSIS,

Suharno                                                                     Bastian Rahardjo

NIP : 122133144145161                                (Identitas pengirim)

Dengan demikian diketahui bahwa unsur surat dinas di atas memenuhi unsur surat dinas secara umum, yaitu terdapat kepala surat, tanggal, nomor, lampiran, perihal, alamat, salam pembuka, isi, penutup surat, salam penutup, serta identitas pengirim. 

Soal di atas kemungkinan kurang akurat tanggal pada surat tertulis Senin 26 Agustus 20 seharusnya ditulis Senin 26 Agustus 2016.

Surat adalah media komunikasi tertulis antara seseorang atau lembaga dengan seseorang atau lembaga lainnya.

Surat pribadi adalah surat yang ditulis atas nama pribadi. Berdasarkan fungsinya surat pribadi dibagi menjadi dua jenis, yaitu kekeluargaan dan resmi. Surat b merupakan surat pribadi yang bersifat resmi.

Surat pribadi terdiri dari enam unsur, yaitu tempat dan tanggal penulisan surat, alamat surat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, dan identitas pengirim surat.

Komposisi surat b adalah sebagai berikut:

  • Tempat dan tanggal penulisan surat

Lampung, 26 Agustus 2016

Kepada Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas IX-B

SMP N 1 Sukoharjo - Pringsewu

 Dengan hormat,

Dengan ini saya orang tua/wali murid dari ..... s.d. Demikian surat izin saya buat, atas pemberian izin dan kebijaksanaan Bapak/Ibu Guru Wali Kelas saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Orang tua/Wali murid,

     Avelin 

Unsur-unsur seni rupa diantaranya yaitu titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur, gelap terang.

Dimana dalam penciptaan karya seni, aspek komposisi harus diperhitungkan dengan baik sehingga mendapatkan susunan yang memperhatikan prinsip komposisi.

Prinsip komposisi itu terdiri dari kesatuan, keseimbangan, keselarasan, proporsi yang baik, dan mempunyai vocal point yang menjadi titik pusat perhatian.

Nah aspek yang dikomposisikan di dalam penciptaan karya seni ini yang disebut unsur-unsur seni rupa.

Unsur-unsur yang bersatu akan menghasilkan karya yang bisa dinikmati secara total. Komposisi yang bagus berpengaruh terhadap hasil karya seni rupa. Berikut ini ulasan Yuksinau.id tentang unsur dari seni rupa.

Unsur-Unsur Seni Rupa

Unsur ini adalah yang paling dasar. Karena unsur ini yang melahirkan suatu wujud dari ide/gagasan dimana akan menciptakan garis, bentuk, bahkan bidang. Terdapat teknik lukis yang menggunakan kombinasi warna titik dan ukuran yang biasa dikenal dengan Pointilisme.

2. Garis

Materi terkait: Contoh Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi

Garis adalah goresan dan batas limit dari suatu benda ruang, warna, massa, dan lain-lain. Sedangkan menurut Mikke Susanto garis adalah perpaduan sejumlah titik yang sejajar dan sama besar, mempunyai dimensi memanjang dan punya arah (bisa panjang, pendek, tebal, halus, lurus, melengkung berombak, dan lainnya.

3. Bidang

Bidang merupakan unsur seni rupa dimana merupakan evolusi dari garis yang membatasi suatu bentuk sehingga menciptakan bidang yang mempunyai sisi lebar dan panjang, serta mempunyai ukuran.

4. Bentuk

Terdapat 2 macam bentuk yaitu geometris dan non-geometris. Bentuk geometris terdiri dari bentuk kubistis (contoh: balok dan kubus) dan silindris (contoh: bola, kerucut, dan tabung). Sedangkan bentuk non-geometris merupakan bentuk yang meniru objek yang terdapat pada alam. Contohnya tumbuhan, hewan, dan manusia.

5. Ruang

Menurut Djelantik, ruang adalah kumpulan beberapa bidang, kumpulan dimensi yang terdiri dari panjang, lebar, dan tinggi. Ilusi yang dibuat dengan pengelolaan garis dan bidang, dibantu oleh warna (unsur pendukung) yang dapat menciptakan ilusi sinar atau bayangan yang meliputi perspektif dan kontras gelap terang. Jadi pengertian ruang dikaitkan dengan bidang dan keluasan.

Warna adalah kesan yang ditimbulkan oleh cahaya pada mata dan merupakan salah satu bagian paling penting dalam pembuatan karya seni lukis.

Baca juga: Prinsip Seni Rupa dan Gambarnya

Penggunaan banyak warna menjadi ciri khas pelukis yang menggunakan berbagai macam warna dalam lukisan nya, dimana warna yang sama biasanya tidak dipakai pada objek yang berdekatan.

Tekstur adalah keadaan/nilai raba suatu permukaan benda, baik nyata maupun semu. Menurut Fajar Sidik dan Aming Prayitno, tekstur adalah sifat permukaan yakni lunak, keras, lembut, maupun licin.

Menurut Rasjoyo, tekstur dibatasi definisi di atas, maka tekstur bisa memperkaya nilai suatu karya seni dengan memberikan irama dan dinamika pada permukaannya.

Baca juga: Seni Rupa Kontemporer

Cahaya berpengaruh terhadap gelap terang suatu objek, di suatu karya seni gelap terang juga dibutuhkan untuk memperdalam kesan seni itu sendiri. Misalnya pada lukisan kamar, gelap terang akan berpengaruh terhadap kesan yang ditimbulkan. Sehingga unsur seni rupa ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mendapat karya yang lebih menarik