Posisi tidur yang baik saat pilek

Saat terserang flu, tak jarang Anda merasa sulit tidur karena hidung mampet. Padahal, tidur sangat dibutuhkan untuk membantu proses penyembuhan. Mencoba berbagai posisi tidur saat hidung tersumbat bisa menjadi solusi melegakan pernapasan agar tidur lebih nyenyak. 

Tidur merupakan kebutuhan dasar manusia untuk memulihkan tubuh dari beragam aktivitas. Saat sakit, tidur juga sangat penting untuk membantu proses pemulihan. Ketika tidur, Anda memberikan kesempatan lebih banyak kepada sistem imun untuk bekerja melawan penyakit. 

Namun, terkadang Anda tidak nyaman bahkan sulit tidur saat influenza menyerang. Pilek dan hidung tersumbat saat flu sering kali membuat posisi tidur Anda jadi serbasalah. Akibatnya, kualitas tidur Anda terganggu. 

Penelitian dalam jurnal Expert Review of Anti-infective Therapy juga menyatakan bahwa gangguan pernapasan bagian atas terbukti dapat mengganggu kualitas tidur yang bisa berdampak pada gangguan kesehatan, termasuk gangguan fungsi kognitif dan depresi. 

BACA JUGA: Ketahui Penyebab Hidung Meler dan Cara Mengatasinya Berikut Ini

Berikut ini beberapa posisi dan tips tidur saat hidung tersumbat yang bisa membantu melegakan pernapasan dan membuat tidur lebih nyaman. 

1. Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi

Untuk meredakan hidung tersumbat, Anda bisa menggunakan penyangga kepala atau bantal yang lebih tinggi. Posisi kelapa yang lebih tinggi bisa membantu sumbatan di saluran hidung mengalir dan mengurangi tekanan di kepala. 

Akan tetapi, jangan sampai penyangga atau bantal yang Anda pakai malah ketinggian. Tumpukan bantal yang terlalu tinggi justru bisa membuat leher Anda terasa sakit. 

2. Hindari posisi telentang

Hidung tersumbat saat pilek terjadi karena adanya kelebihan lendir yang menghalangi jalan napas. Nah, posisi telentang saat tidur bisa membuat hidung tersumbat semakin parah. 

Kelebihan lendir ini terkadang bisa mengalir dengan sendirinya ketika Anda duduk atau berdiri karena pengaruh gravitasi. Ketika Anda tidur telentang, kelebihan lendir ini akan statis dan menghalangi saluran hidung. 

Selain itu, ketika berbaring telentang tubuh bagian atas Anda juga mengalami peningkatan aliran darah, termasuk pembuluh darah di hidung. Ini juga yang dapat menyebabkan hidung tersumbat semakin parah. 

BACA JUGA: 13 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat agar Napas Kembali Lega

3. Tidur dengan posisi miring 

Tidur dengan posisi memiringkan tubuh ke kanan atau ke kiri juga bisa membuat napas lebih lega ketika hidung tersumbat menyerang. 

Saat flu, Anda mungkin mengalami hidung tersumbat di salah satu sisi hidung, dan bisa terjadi secara bergantian. 

Hidung mampet hanya di salah satu sisi sangat mungkin terjadi ketika turbinate (struktur di sepanjang dinding sinus yang menghasilkan lendir) mengalami pembengkakan di satu lubang hidung dan menghalangi aliran udara. 

Ketika ini terjadi, tidur dengan posisi miring di sisi hidung yang tidak tersumbat bisa membantu Anda bernapas lebih baik. Jadi, misalkan hidung sebelah kanan tersumbat, tidurlah dengan posisi miring ke kiri untuk melegakannya.

Selain menerapkan posisi tidur tersebut, Anda juga bisa melakukan beberapa tips mengatasi hidung tersumbat saat flu berikut ini:

  • Merendam kaki dengan air hangat sebelum tidur bisa membuat Anda lebih rileks dan melegakan pernapasan 
  • Menggunakan pelembap udara atau humidifier, beberapa humidifier juga mengandung aromaterapi yang bisa menenangkan dan membuat napas lebih baik
  • Minum teh chamomile hangat atau teh jahe hangat sebelum tidur bisa membantu meredakan sakit tenggorokan dan meredakan hidung tersumbat 
  • Menggunakan semprotan hidung saline untuk membuka saluran hidung.
  • Meletakkan handuk basah hangat di wajah dapat membantu meredakan hidung tersumbat
  • Kondisikan kasur dan kamar tidur dengan rapi, bersih, tenang, sejuk, dan pencahayaan yang agak redup, ini bisa membuat Anda lebih nyaman dan tidur lebih nyenyak 

BACA JUGA: Tidak Hanya Wangi, Essential Oil Ini Bisa Redakan Flu dan Pilek

Catatan dari SehatQ

Tidur yang berkualitas sangat penting untuk membantu proses penyembuhan ketika Anda sakit. Tidur bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. 

Selama flu, Anda sangat mungkin mengalami hidung tersumbat di malam hari bahkan bertambah parah karena posisi tidur yang salah. Kondisi ini bisa mengakibatkan Anda terbangun di malam hari dan kualitas tidur terganggu. 

Pastikan Anda mencoba berbagai tips dan posisi tidur saat hidung tersumbat di atas untuk membantu melegakan pernapasan dan membuat Anda tidur lebih nyenyak dan berkualitas. 

Untuk membantu tidur lebih nyenyak, cobalah minum obat flu yang mampu meredakan gejalanya.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!

Bagaimana posisi tidur saat pilek?

1. Tidur dengan posisi miring. Posisi tidur saat flu dengan memiringkan badan, entah ke kanan atau kiri, dinilai lebih nyaman untuk meredakan hidung tersumbat.

Hidung mampet tidur miring kemana?

3. Tidur dengan posisi miring Tidur dengan posisi memiringkan tubuh ke kanan atau ke kiri juga bisa membuat napas lebih lega ketika hidung tersumbat menyerang. Saat flu, Anda mungkin mengalami hidung tersumbat di salah satu sisi hidung, dan bisa terjadi secara bergantian.

Gimana cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur?

Cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur.
Gunakan pelembap udara agar udara sekitar tempat tidur tidak kering. ... .
Mandi air hangat sebelum tidur. ... .
Cuci hidung dengan air steril. ... .
unakan semprotan hidung yang dijual bebas di apotek dan toko obat..

Apa yang harus dihindari saat flu?

Minuman berkafein Kopi, teh, dan minuman berkafein bertindak sebagai diuretik, yaitu meningkatkan pengeluaran air dan garam dari tubuh Anda. Jadi jelas, meminum tiga-empat cangkir cappuccino atau latte secara teratur adalah ide yang buruk bagi orang yang sedang pilek dan memerlukan asupan cairan.