Pertandingan pencak silat mulai dilaksanakan secara Nasional dan dimasukkan dalam acara

Pencak Silat [image by senipencak.nyimuetz.com], 
Perlengkapan Dalam Pertandingan Pencak Silat ~ Pencak silat atau silat adalah suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia. Seni bela diri ini secara luas dikenal di Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura, Filipina selatan, dan Thailand selatan sesuai dengan penyebaran berbagai suku bangsa Nusantara [Wikipedia]. Pencak silat dapat dilakukan dengan tangan kosong atau dengan menggunakan senjata, adapun senjata yang digunakan merupakan senjata tradisional, diantarany keris, kujang, cindai, rencong, clurit, kerambit, tombak, golok dan lain sebagainya. Di Indonesia, negara dimana asal dari pencak silat, seni bela diri ini mempunyai perkembangan yang sangat baik, setidaknya terdapat 23 aliran dan perguruan pencak silat yang ada di Indonesia dan sebagian besar berada di Pulau Sumatera dan Jawa. Induk organisasi pencak silat di Indonesia adalah Ikatan Pencak Silat Indonesia [IPSI]. Olahraga beladiri pencaksilat adalah olahraga asli Indonesia yang kini sudah dipertandingkan ditingkat Asean, Asia, dan kejuaraan Dunia. Pertandingan pencaksilat mulai dilaksanakan secara Nasional dan dimasukkan dalam acara Pekan Olahraga Nasional [PON] pada PON ke VIII di Jakarta pada tahun 1973. Pada saat melakukan pertandingan, pihak penyelenggara serta para pesilat perlu untuk menyediakan beberapa perlengkapan yang digunakan pada saat pertandingan. Peralatan-peralatan yang digunakan harus sesuai dengan standar IPSI, adapun beberapa perlengkapan dalam pertandingan pencak silat yaitu sebagai berikut: 1. Perlengkapan gelanggang pencaksilat

  • Gelanggang dapat dilantai dan dilapisi matras tebal 5 [lima] cm, ukuran 10 m x 10 m warna dasar hijau terang dan garis putih setebal 5 cm, bidang berbentuk lingkaran diameter 8 m, lingkaran tengah diameter 3m.
  • Meja dan kursi pertandingan
  • Meja dan kursi wasit juri
  • Formulir pertandingan da alat tulis menulis
  • Jam pertandingan, gong, dan bel
  • Lampu babak
  • Lampu isyarat berwarna merah, biru dan kuning
  • Bendera kecil berwarna merah dan biru
  • Timbangan
  • Lain-lain sesuai perlengkapan yg dibutuhkan
2. Perlengkapan bertanding pencaksilat
  • Pakaian: mengunakan pakaian pencaksilat warna hitam sabuk putih, badge IPSI disebelah kiri.
  • Pelindung badan [bodyprotector] warna hitam sesuai standar IPSI.
  • Pesilat putera menggunakan pelindung kemaluan [genetile protector]
  • Gum shil
  • Pelindung sendi.
Itulah beberapa perlengkapan dalam pertandingan pencak silat, perlengkapan tersebut terbagi dua yaitu perlengkapan gelanggang pencak silat dan perlengkapan bertanding bagi pesilat. Semoga postingan ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai seni bela diri pencak silat yang kini telah diajarkan sebagai salah satu olahraga di sekolah-sekolah. Sumber pustaka: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.—Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.

BerandaOlahragaPerlengkapan yang Dibutuhkan pada Pertandingan Pencak Silat

Olahraga bela diri pencak silat adalah olahraga asli Indonesia yang kini sudah dipertandingkan di tingkat Asean, Asia, dan kejuaraan dunia. Pertandingan pencak silat mulai dilaksanakan secara nasional dan dimasukkan dalam acara Pekan Olahraga Nasional [PON] pada PON ke VIII di Jakarta pada tahun 1973.

1. Perlengkapan gelanggang pencak silat

a. Gelanggang dapat di lantai dan dilapisi matras tebal 5 [lima] cm, ukuran 10 m x 10 m warna dasar hijau terang dan garis putih setebal 5 cm, bidang berbentuk lingkaran diameter 8 m, lingkaran tengah diameter 3m. b. Meja dan kursi pertandingan c. Meja dan kursi wasit dan juri d. Formulir pertandingan dan alat tulis menulis e. Jam pertandingan, gong, dan bel f. Lampu babak g. Lampu isyarat berwarna merah, biru, dan kuning h. Bendera kecil berwarna merah dan biru i. Timbangan j. Lain-lain sesuai perlengkapan yang dibutuhkan

2. Perlengkapan bertanding pencak silat

a. Pakaian: mengunakan pakaian pencak silat warna hitam sabuk putih, badge IPSI di sebelah kiri b. Pelindung badan [bodyprotector] warna hitam sesuai standar IPSI c. Pesilat putera menggunakan pelindung kemaluan [genetile protector] d. Gum shield e. Pelindung sendi

Merdeka.com - Pernah lihat orang dijambret di jalan, dan jadi takut ke mana-mana? Menghindari untuk keluar rumah sama sekali jelas nggak mungkin. Untuk itu, yang perlu kamu lakukan biar aman dimana-mana adalah dengan mempelajari beladiri, minimal gerak dasarnya. Olahraga yang sepertinya bakalan pas buat kamu adalah pencak silat.

Pencak silat adalah salah satu olahraga beladiri yang berasal dari Indonesia. Nggak hanya terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, cabang olahraga ini juga dipelajari atlet beladiri dari luar negeri juga. Bahkan kini pencaksilat sudah dipertandingkan ditingkat Asean, Asia, dan kejuaraan dunia. Kali ini, kita akan membahas tentang perlengkapan yang kamu butuhkan untuk pertandingan pencak silat.

1. Perlengkapan bertanding pencak silat

Agar tetap aman saat bertanding, kamu harus menggunakan peralatan ini:

a. Pakaian yang digunakan adalah pakaian pencak silat warna hitam sabuk putih, badge IPSI disebelah kiri.

b. Pelindung badan [bodyprotector] warna hitam sesuai standar IPSI.

c. Pesilat putera menggunakan pelindung kemaluan [genetile protector]

d. Gum shil

e. Pelindung sendi

2. Sementara syarat perlengkapan gelanggang pencak silat adalah:

a. Gelanggang bisa menggunakan lantai yang dilapisi matras tebal 5 [lima] cm, ukuran 10 m x 10 m warna dasar hijau terang dan garis putih setebal 5 cm, bidang berbentuk lingkaran diameter 8 m, lingkaran tengah diameter 3 m.

b. Meja dan kursi pertandingan

c. Meja dan kursi wasit juri

d. Formulir pertandingan da alat tulis menulis

e. Jam pertandingan, gong, dan bel

f. Lampu babak

g. Lampu isyarat berwarna merah, biru dan kuning

h. Bendera kecil berwarna merah dan biru

i. Timbangan

Selain perlengkapan di atas, kamu juga mungkin akan membutuhkan perlengkapan tambahan sesuai dengan tingkat pertandingan. Tertarik kan untuk mempelajari beladiri?

Lihat Foto

KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO

Pesilat putra Indonesia, Pipiet Kamelia [merah] bertanding melawan pesilat asal Vietnam Nguyen Thi Cam Nh [biru]pada partai final nomor kelas D putri 60 kg sampai 65 kg Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta, Rabu [29/8/2018]. Pipiet berhasil meraih medali emas.

KOMPAS.com - Pencak silat memiliki risiko cedeera akibat adanya kontak fisik yang menjadi bagian cabang olahraga seni bela diri.

Risiko cedera muncul ketika pesilat melakukan rutinitas latihan ataupun melakukan pertandingan dengan lawan di atas arena.

Umumnya, cedera tersebut terjadi akibat kontak langsung dari teknik serangan atau belaan dari masing-masing pesilat ketika bertanding.

Seperti dikutip dari buku Nilai-nilai Luhur Pencak Silat [1989] oleh Notosoejitno, risiko tersebut merupakan bagian dari unsur cabang pencak silat yakni aspek olahraga dan bela diri.

Langkah mengurangi risiko cedera tersebut bisa dilakukan, dengan cara masing-masing pesilat menggunakan perlengkapan lengkap ketika turun bertanding.

Menurut modul Lestarikan Pencak Silat [Seni Bela Diri] terbitan tahun 2017 oleh Kemdikbud, terdapat tiga perlengkapan pertandingan yang dikenakan pesilat.

Ketiga jenis perlengkapan tersebut adalah pakaian pertandingan serta alat pelindung pada bagian badan dan kemaluan.

Baca juga: Mengenal Pukulan Bandul dalam Pencak Silat

Pelindung badan yang digunakan oleh pesilat pada waktu pertandingan dinamakan body protector, yang umumnya berwarna hitam.

Sedangkan pelindung kemaluan bagi pesilat putra disebut sebagai genital protector, yang juga berwarna hitam.

Warna hitam juga menjadi corak standar bagi pakaian pertandingan bagi pesilat sesuai regulasi Ikatan Pencak Silat Indonesia [IPSI].

Beberapa perlengkapan yang dibutuhkan dalam olahraga pencak silat diantaranya adalah perlengkapan gelanggang dan perlengkapan bertanding. Untuk memahami apa saja yang termasuk perlengkapan gelanggang dan perlengkapan bertanding pencak silat, perhatikan penjelasan di bawah ini.


Baca Juga


Perlengkapan yang dibutuhkan dalam gelanggang pencak silat adalah sebagai berikut


  1. Gelanggang dapat di lantai dan dilapisi matras tebal 5 cm [lima sentimeter], ukuran 10 m x 10 m warna dasar hijau terang dan garis putih setebal 5 cm, bidang berbentuk lingkaran diameter 8 m, lingkaran tengah diameter 3m.
  2. Meja dan kursi pertandingan
  3. Meja dan kursi wasit dan juri
  4. Formulir pertandingan dan alat tulis menulis
  5. Jam pertandingan, gong, dan bel
  6. Lampu babak
  7. Lampu isyarat berwarna merah, biru, dan kuning
  8. Bendera kecil berwarna merah dan biru
  9. Timbangan
  10. Lain-lain sesuai perlengkapan yg dibutuhkan

Setelah mengetahui semua perlengkapan gelanggang pencak silat, tidak kalah pentingnya kita harus mengetahui apa-apa saja perlengkapan bertanding pencak silat, seperti perlengkapan bertanding di bawah ini


  1. Pakaian: menggunakan pakaian pencak silat warna hitam sabuk putih, dan memiliki badge IPSI di sebelah kiri
  2. Pelindung badan [body protector] warna hitam sesuai standar IPSI
  3. Pesilat putra menggunakan pelindung kemaluan [gentile protector]
  4. Gum shield, dan
  5. Pelindung sendi

Video yang berhubungan