Pada gaya renang bebas gerakan kaki yang benar adalah

Cara melakukan teknik gerakan kaki pada renang gaya bebas adalah gerakan kaki sedemikian rupa naik dan turun secara rileks sebagai keseimbangan, dengan cara:

  • Gerakan kaki turun dan naik ke bawah dan ke atas, kaki kiri memukul ke bawah, dan kaki kanan memukul ke atas.
  • Tungkai kaki kiri bergerak ke atas dengan rileks, sedangkan kaki kanan memukul ke belakang bawah menggunakan punggung telapak kaki dengan lutut menekuk.
  • Kaki kiri digerakan ke atas dengan lutut ditekuk, kaki kanan mulai ke bawah dengan kuat, paha digerakan ke bawah, dan lutut diluruskan.

Yang dimaksud dengan kaki adalah pergelangan tangan ke bawah / sampai ujung jari kaki, sedangkan tungkai kaki itu seluruh bagian yang digunakan untuk berjalan yaitu pangkal paha sampai ujung jari kaki, yang berarti kaki merupakan bagian dari pangkal paha.

Ya intinya, kaki itu yang biasanya dipakai untuk sepatu.

Pada prinsipnya gerak kaki ketika berenang gaya bebas adalah naik dan turun secara bergantian, secara rileks, menyesuaikan koordinasi gerakan lain sebab fungsinya yang berupa keseimbangan.

Makanya seorang perenang yang melakukan gerakan kaki terlalu ke samping akan merugikan diri sendiri, karena akan menarik air yang menghambat gerakan ke depan.

Jelaskan bagaimana cara melakukan teknik gerakan kaki renang gaya bebas

Cara melakukan teknik gerakan kaki dalam renang gaya bebas adalah naik dan turun bergantian dengan rileks, dengan langkah sebagai berikut:

  • Gerakan kaki naik dan turun dengan pelan serta rileks, kaki kiri memukul ke bawah, dan kaki kanan memukul ke atas.
  • Tungkai kaki kiri digerakan ke atas rileks, sedangkan tungkai kakai kanan memukul ke belakang bawah dengan punggung telapak kaki, yang kemudian diikuti gerakan lutut ditekuk.
  • Kaki kiri digerakan ke atas dengan lutut menekuk, sedangkan kaki kanan turun ke bawah dengan kuat, paha digerakan ke bawah, dan lutut diluruskan.

Pada penjelasan di atas, gerakan dilakukan dengan rileks, karena fungsinya untuk menjaga keseimbangan, sedangan gerak dorongan lebih banyak didapat dari gerakan lengan tangan.

Jawabannya

Jelaskan bagaimana cara melakukan teknik gerakan kaki renang gaya bebas

Cara melakukan teknik dasar gerakan kaki pada renang gaya bebas adalah dengan gerakan naik dan turun secara pelan dan rileks sebagai keseimbangan:1. Kaki kiri memukul ke bawah, dan kaki kanan memukul ke atas.2. Tungkai kaki kiri bergerak ke atas dengan rileks, sedangkan tungkai kakai kanan memukul ke belakang bawah dengan punggung telapak kaki, diikuti gerakan lutut menekuk.

3. Kaki kiri digerakan ke atas dengan lutut menekuk, sedangkan kaki kanan diturunkan ke bawah dengan kuat, paha digerakan ke bawah, dan lutut diluruskan.

Jawaban di atas mengutip buku paket kelas 11 pada haman 192.

Jawaban belum dikoreksi.

tirto.id - Renang menjadi sebuah keterampilan dan sekaligus cabang olahraga yang sudah cukup lama ada. Berenang sudah menjadi aktivitas rutin suku-suku di tepi perairan baik pantai, danau, atau sungai. Bahkan, zaman Yunani dan Romawi kuno telah menjadikan renang sebagai kebutuhan vital dalam kemiliteran.

Saat ini, renang telah menjadi satu cabang olahraga bergengsi. Selain itu, banyak orang menjadikan renang sebagai sarana menjaga kebugaran tubuh. Pada orang yang mengalami nyeri punggung, misalnya, kadang disarankan untuk berenang demi mempercepat pemulihan.

Menurut Federasi Renang Internasional (FINA), secara umum berenang bisa dilakukan dengan empat gaya. Gaya dalam renang terdiri dari gaya dada, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya bebas. Dari keempat gaya tersebut, gaya bebas lebih sering menjadi andalan saat melakukan olahraga renang.

Menurut buku modul 8: Renang ala Kampung (Kemdikbud 2018), kelebihan gaya bebas yaitu dapat memperoleh kecepatan berenang lebih tinggi ketimbang gaya lainnya.

Dalam gaya bebas terjadi koordinasi gerak yang baik dengan hambatan paling minimal. Ciri khasnya yakni gerakan lengan berputar seperti baling-baling pesawat udara, dan gerakan tungkai kaki bergerak turun-naik secara menyilang.

Teknik Renang Gaya Bebas

1. Posisi tubuh

Pada renang gaya bebas, posisi tubuh berada di bawah permukaan air dan sejajar. Sewaktu meluncur, pastikan otot-otot tubuh dalam posisi rileks. Cara melatih posisi tubuh yaitu:

- Pada posisi berdiri, condongkan tubuh ke dapan hingga dada ada di permukaan air. Lalu, kedua lengan lurus ke depan.

- Luncurkan tubuh ke depan dengan menolakkan salah satu kaki ke dinding tempbok. Pertahankan sikap ini sejauh mungkin.

2. Gerakan kaki

Dalam gaya bebasm gerakan kaki dan lengan saling bekerja sama untuk menciptakan dorongan ke arah depan. Gerakan tungkai kaki turun-naik bergantian dan menyilang. Bentuk gerakannya serupa saat seseorang sedang berjalan.

Ada dua cara dalam gerakan kaki pada gaya bebas:

a. Posisi di tempat

- Gerakkan tungkai kaki kanan ke bawah dan tungkai kaki kiri ke atas secara perlahan, bergantian, dan kontinyu sampai irama cambukan menjadi baik.

- Tetap lakukan gerakan cambukan dengan kedua tungkai kaki bergantian, tapi lakukan lebih kuat lagi sampai menghasilkan dorongan ke depan.

- Latihan selanjutnya adalah mempercepat irama cambukan sehingga muncul buih putih dari cambukan punggng kaki dan telapak kaki.

b. Posisi meluncur

- Dalam posisi tubuh meluncur, gerakkan tungkai kaki turun-naik bergantian dengan irama perlahan.

- Lalu, lakukan gerakan yang sama namun irama gerakan dipercepat dan lebih kuat dari sebelumnya.

- Untuk lebih memperlancar gerakan, lakukan latihan secara kontinyu dengan jarak tempuh lebih jauh.

3. Gerakan lengan

Sementara itu, gerakan lengan pada gaya bebas berputar ke arah depan. Bentuk gerakan menyerupai baling-baling pesawat udara. Apabila satu lengan berada di depan, maka lengan lainnya berada di belakang.

4. Teknik bernapas

Selain gerakan lengan dan kaki, hal yang tidak boleh dilupakan adalah teknik bernapas. Cara bernapas pada gaya bebas dilakukan satu arah, ke kiri atau ke kanan. Cara ini dilakukan untuk berenang gaya bebas jarak pendek dan menengah.

Namun, pada renang gaya bebas jarak jauh dan marathon, umumnya bernapas dua kali ke arah kiri dan kanan dengan bergantian. Teknik bernapas memerlukan latihan agar bisa dilakukan sempurna saat di dalam air.

5. Koordinasi gerak

Koordinasi gerakan pada renan gaya bebas yaitu dengan cara menggabungkan semua teknik ke dalam rangkaian gerakan bersamaan. Dengan begitu, nantinya diperoleh gerakan gaya bebas sesungguhnya.

Baca juga:

  • Renang Gaya Dada: Nama Lain dan Teknik Latihan yang Benar
  • Hukum Berenang & Menyelam Saat Puasa Ramadhan: Batal atau Tidak?

Baca juga artikel terkait RENANG atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - ica/dip)


Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Dipna Videlia Putsanra
Kontributor: Ilham Choirul Anwar

Subscribe for updates Unsubscribe from updates