Organisme yang mampu menghasilkan zat makanannya sendiri disebut

Autotrof adalah organisme yang mampu menghasilkan makanan (energi) sendiri. Proses yang dilakukan adalah melalui fotosintesis dan kemosintesis. Contoh organisme autotrof adalah tumbuhan hijau, beberapa jenis bakteri, lumut, dan ganggang biru.

Apakah makhluk hidup bisa membuat makanan sendiri?

Makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri adalah … makhluk hidup autotrof, termasuk tanaman (Plantae), Cyanobacteria dan Algae. Pembahasan: Cyanobacteria (bakteri biru-hijau), Alga, dan Tanaman, bersifat autotrof, atau dapat membuat sumber energi untuk metabolisme berupa makanan sendiri.

Tumbuhan membuat makanan sendiri dari bahan apa saja?

Secara alami, tumbuhan memiliki zat hijau daun atau klorofil yang bisa membantu proses fotositesis pada tumbuhan yang terjadi pada daun. Sehingga, ada empat bahan yang diperlukan tumbuhan sebagai bahan untuk membuat makanan, yaitu zat hijau daun, cahaya matahari, air (H20), dan karbon dioksida (CO2).

Apakah jamur dapat membuat makanannya sendiri?

Jamur tidak memiliki klorofil, sehingga tidak mampu menghasilkan makanannya sendiri. Klorofil sendiri adalah zat hijau dan yang berfungsi untuk melakukan fotosintesis, yakni salah satu cara tumbuhan untuk menghasilkan makanan sendiri.

Apa makanan bagi tumbuhan?

Apa makanan untuk tumbuhan? Jawaban: Makanan tumbuhan adalah zat makanan berupa glukosa yang dihasilkan/diperoleh dari proses fotosintesis. Makhluk hidup peka terhadap rangsang.

Apakah bakteri bisa membuat makanan sendiri?

KOMPAS.com – Bakteri autotrof adalah bakteri yang dapat membuat makanannya sendiri dari senyawa anorganik. Bakteri tersebut memerlukan energi untuk membuat makanan.

Apakah alang alang dapat membuat makanannya sendiri?

karena alang-alang bisa membuat makanannya sendiri,tumbuhan yang mempunyai zat klorofil dapat membuat makanannya sendiri disebut autotrof.

Mengapa tumbuhan dapat menghasilkan makanannya sendiri jelaskan?

Jawaban. karena memiliki daun yang mengandung kloroplas yg terdapat zat hijau daun atau klorofil. Klorofil berfungsi untuk proses fotosintesis yg berguna untuk menyerap cahaya matahari dan memasaknya menjadi zat gula yg diperlukan olh tanaman.

Bagaimana tumbuhan yang dapat digunakan untuk bahan makanan adalah?

Padi, bagian yang dimakan adalah biji. Pisang, bagian yang dimakan adalah buah. Mangga, bagian yang dimakan adalah buah. Kedelai, bagian yang dimakan adalah biji.

Apakah tumbuhan bisa membuat makanan sendiri?

Tumbuhan dapat memasak makanannya sendiri secara langsung dari senyawa yang bersifat organik. Proses memasak ini dinamakan sebagai proses fotosintesis.

Apa hewan bisa membuat makanan sendiri?

hewan tidak mampu membuat makanan sendiri karena di dalam tubuhnya tidak terdapat kloroplas.

Tumbuhan apa saja yang dapat membuat makanan sendiri?

Contoh Tumbuhan yang Dapat Membuat Makanan Sendiri

  1. Gymnospermae. Gymnospermae adalah tumbuhan berbiji terbuka.
  2. 2. Angiospermae (selain tanaman parasit di atas) Merupakan tanaman berbiji tertutup, kumpulan ini pun dikenal dengan tanaman berbunga.
  3. 3. Lumut (Bryophyta)
  4. Paku (Pteridophyta)
  5. Beberapa Jenis Alga.

Apa hewan autotrof atau makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri yang ada di laut?

Pembahasan: Cyanobacteria (bakteri biru-hijau), Alga, dan Tanaman, bersifat autotrof, atau dapat membuat sumber energi untuk metabolisme berupa makanan sendiri.

Apakah bakteri dapat menghasilkan makanan sendiri?

Mengapa manusia dan hewan tidak dapat membuat makanannya sendiri?

karena manusia atau hewan merupakan mahluk hidup heterotrof yakni mahluk hidup yg tdk dpt membuat mkn sendiri.

Apakah tumbuhan bisa menghasilkan makanan sendiri?

Tumbuhan adalah makhluk hidup autotrof yang berarti dapat menghasilkan makanannya sendiri melalui suatu proses. Tempat tumbuhan memproduksi makanan sendiri adalah di organ daun.

Mengapa organisme autotrof dapat membuat makanannya sendiri?

Adalah organisme yang mampu menghasilkan makanannya sendiri karena memiliki klorofil atau zat hijau daun. Organisme yang berperan sebagai produsen adalah semua tumbuhan hijau dan organisme berklorofil lain seperti algae/ganggang dan lumut. Produsen bersifat autotrof.

Bagaimana cara bakteri mendapatkan makanan?

Cara memperoleh makanan pada bakteri terdiri dari 2 cara, yaitu secara autotrof dan heterotrof. Sebagian besar bakteri memperoleh makanan secara heterotrof dengan cara mengambil makanan (zat organik) dari organisme lain.

Apakah virus dapat mengolah makanannya sendiri?

Bahkan virus sendiri tidak memerlukan makanan untuk hidup. Hal ini dikarenakan virus bukan merupakan sel yang dapat melakukan metabolisme mengolah makanannya untuk tetap hidup.

Bagaimana jamur mendapatkan makanannya?

Jamur memperoleh makanan secara heterotrof dengan mengambil makanan dari bahan organik (Gunawan, 2008). Jamur pangan atau jamur konsumsi adalah sebutan untuk berbagai jenis jamur yang biasa dijadikan bahan makanan dan enak dimakan.

KOMPAS.com – Suatu organisme dikatakan autotrof apabila dapat menghasilkan makanan sendiri dengan menggunakan cahaya, air, karbon dioksida, atau bahan kimia lainnya.

Karena organisme autotrof menghasilkan makanan sendiri, dalam rantai makanan mereka disebut sebagai produser.

Dilansir dari National Geographic, tumbuhan adalah jenis autotrof yang paling dikenal, namun ada banyak jenis organisme autotrof lainnya.

Misalnya, alga, yang hidup di air dan yang bentuknya lebih besar dikenal sebagai rumput laut adalah organisme autotrof.

Kemudian, fitoplankton, organisme kecil yang hidup di laut, dan beberapa jenis bakteri juga termasuk organisme autotrof.

Baca juga: Mengenal Foraminifera, Organisme Kecil di Laut Perekam Perubahan Suhu Bumi

Cara organisme autotrof menghasilkan makanan

Sebagian besar organisme autotrof menggunakan proses fotosintesis untuk menghasilkan makanan mereka.

Saat berfotosintesis, organisme autotrof menggunakan energi dari Matahari untuk mengubah air dari tanah dan karbon dioksida dari udara menjadi glukosa.

Glukosa merupakan salah satu jenis gula yang memberikan energi untuk tanaman. Glukosa juga digunakan tanaman untuk membuat selulosa, zat yang dimanfaatkan untuk tumbuh dan membentuk dinding sel.

Beberapa organisme autotrof yang langka menghasilkan makanan melalui proses kemosintesis, bukan fotosintesis.

Dengan kemosintesis, organisme autotrof membuat makanan menggunakan energi dari reaksi kimia, seringnya menggabungkan hidrogen sulfida atau metana dengan oksigen.

Baca juga: Organisme Autotrof dan Heterotrof sebagai Komponen Biotik

Biasanya, organisme autotrof yang menggunakan kemosintesis untuk menghasilkan makanan hidup di tempat yang ekstrem, yakni tempat yang terdapat bahan kimia beracun.

Misalnya, bakteri yang hidup di gunung berapi aktif mengoksidasi belerang untuk menghasilkan makanannya sendiri.

Bakteri yang hidup di laut dalam, dekat lubang hidrotermal, juga menghasilkan makanan melalui kemosintesis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.