Mengapa surat lamaran pekerjaan harus “ditulis tangan” sendiri oleh si pelamar? jelaskan!


Surat lamaran kerja adalah sebuah proposal permohonan yang ditulis seseorang dengan tujuan untuk melamar pekerjaan di sebuah tempat [ perusahaan,pabrik,PT,toko,bank,rumah sakit ] atau sebuah instansi.

Didalam satu lembar proposal ini berisi maksud dan tujuan dari seorang pencari kerja serta dokumen tambahan si pelamar kerjaan untuk mempromosikan diri kepada pihak HRD supaya bisa dipanggil dan diterima bekerja.

Ada dua jenis proposal yang sering digunakan,yaitu proposal yang ditulis manual dengan tangan kemudian proposal yang diketik menggunakan komputer.lantas,lebih baik menggunakan yang mana?

Untuk menjawab itu,saya perlu menjabarkan beberapa hal penting,antara lain :

  • Tidak ada peraturan resmi yang mengatakan dan mengatur hal tersebut
  • Setiap perusahaan memiliki kebijakan sendiri
  • Penilaian kelulusan tidak hanya mengacu pada proposal ini saja

Jadi,untuk jawaban paling tepat untuk pertanyaan diatas adalah : Keduanya sama-sama bagus!

Tapi jika harus memilih salah satu,lebih baik yang menggunakan format seperti apa? Ini yang akan saya jelaskan dalam artikel saya kali ini.

Menulis sebuah surat lamaran menggunakan tangan memiliki nilai tambah dimata HRD dari pada menulis surat lamaran menggunakan ketikan. Diantaranya :


  • Kita akan terlihat lebih bersungguh-sungguh dalam membuat surat lamaran
  • Menjauhkan kecurigaan HRD tentang surat lamaran yang kita buat.


Tetapi selain dari kelebihan diatas, banyak juga kekurangan jika kita melakukan penulisan surat lamaran menggunakan tangan. Diantaranya :


  • Kita harus berhati-hati dalam membuatnya, agar tidak terjadi bnyak kesalahan
  • Memakan waktu yang lumayan lama dalam melakukan pembuatan
  • Jika terjadi sebuah kesalahan harus mengulang dari awal
  • Memerlukan banyak biaya

Terus bagaimana dengan membuat sebuah surat lamaran menggunakan ketik komputer. Apa yang membuat dengan ketik computer kurang baik?


Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan - ingin tau bagaimana sihContoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Baik dan Benar ? kali ini saya akan memberikan tips Menulis Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Baik dan Benar untuk melamar suatu pekerjaan.Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan adalah contoh surat lamaran kerja yang akan admin bagikan kali ini kepada anda semua para pengunjung blog lowongankerja20.com dimanapun anda berada. Namun sebelum admin bagikan contohnya untuk anda. Admin ingatkan kembali bahwa pada postingan sebelumnya admin sudah membagikan contoh surat lamaran kerja pegawai honorer pemda. Jika dibutuhkan bisa langsung menuju postingan tersebut. Namun jika yang anda cari adalah contoh surat lamaran kerja tulis tangan. Maka silahkan simak terus halaman ini sampai selesai.

Baca Juga : Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan adalah surat permohonan kerja yang dibuat secara manual dengan menggunakan kertas folio bergaris dan ditulis dengan memakai tinta [Ballpoint]. Adapun isi dari surat lamaran pekerjaan yang ditulis dengan tangan ini secara umum sama saja dengan yang diketik menggunakan Komputer. Perbedaannya hanyalah dari proses penulisan atau fasilitas yang digunakan dalam membuat surat lamaran kerja tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Sebenarnya apakah ada kelebihan dan kekurangan surat lamaran kerja tulis tangan? Jika anda adalah seorang pelamar kerja yang sudah berpengalaman dalam hal ini tentunya sudah paham akan kelebihan dan kekurangan dari surat lamaran kerja tulis tangan ini. Namun bagi anda yang belum berpengalaman tentunya akan bertanya-tanya akan kelebihan dan kekurangannya bukan? Nah bagi yang belum tahu silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Kelebihan dari Surat Lamaran Kerja tulis tangan [manual] adalah sebagai berikut :

  1. Dari sisi teknis membuat surat lamaran kerja dengan cara manual cuma membutuhkan peralatan yang sederhana yang berupa kertas Folio bergaris, Ballpoint bertinta hitam. Jadi semua orang tentunya akan mampu dalam membuat surat lamaran pekerjaan sendiri. Karena bisa saja saat ini tidak semua orang memiliki piranti ketik mutakhir seperti Komputer atau notebook.
  2. Mayoritas perusahaan lebih menyukai surat lamaran kerja yang ditulis tangan untuk dapat menilai si pelamar.

Sedangkan kekurangan dari surat lamaran kerja tulis tangan adalah sebagai berikut:

  1. Dalam penulisannya sering terjadi kesalahan penulisan kata-kata sehingga mesti dihapus ataupun diulang lagi dari awal untuk mendapatkan surat lamaran kerja yang baik, benar serta rapi.
  2. Harus melakukan pengecekan ekstra dikarenakan pihak perusahaan tentunya akan menilai negatif jika surat lamaran kerja yang anda buat terlihat tidak rapi.
  3. Pengaturan margin hanya bisa dilakukan manual menggunakan penggaris.

Panduan Cara Membuat Surat Lamaran Dengan Cara Manual / Tulis Tangan

  • Gunakanlah bahasa yang formal dengan pemilihan kata atau rangkaian kalimat yang sopan dan tidak bertele-tele.
  • Atur margin supaya tulisan terlihat rapi dengan cara memberikan batasan kiri dan kanan menggunakan penggaris.
  • Tulislah secara hati-hati supaya tidak ada kesalahan penulisan
  • Usahakan agar tidak ada tulisan yang dicoret atau bekas penghapus [Tipe X]
  • Usahakan lembaran kertas folio bersih dari noda, coretan serta tidak terlipat-lipat.
  • Usahakan untuk menulis serapi mungkin.

Dari penjelasan di atas, admin harap anda semua para pembaca sedikitnya sudah memahami bagaimana cara membuat surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar. Namun supaya lebih jelasnya, berikut ini sudah admin siapkan beberapa contohnya untuk anda. Silahkan edit kembali bagian-bagian yang perlu diedit ataupun diganti.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Baik dan Benar

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Kedua

Sekian Informasi singkat mengenai Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan...
Semoga Bermanfaat 😎

Mana yang Lebih Baik Surat Lamaran Tulis Tangan atau Ketik?

Surat lamaran kerja tulis tangan atau ketik merupakan masalah yang sepel tapi sangat membingungkan, dan iniliah beberapa pertimbangan kamu harus memilih salah satunya.


Menentukan bentuk surat lamaran kerja yang tepat, apakah surat lamaran kerja ditulis tangan atau diketik?

Surat Lamaran Kerja merupakan senjata tempur dalam melamar pekerjaan. Ini akan menjadi dokumen yang pertama kali dilihat oleh pihak perusahaan. Namun, masih banyak yang bingung tentang bentuk surat lamaran seperti apa yang harus mereka siapkan.

Dan pertanyaan yang sering ditemui...

Video yang berhubungan

Jakarta -

Surat lamaran pekerjaan atau application letter adalah surat yang ditulis oleh pelamar dengan tujuan agar diterima bekerja sesuai dengan jabatan yang diinginkan. Maka dari itu, surat lamaran harus bisa meyakinkan recruiter bahwa keahlian yang dimiliki sesuai dengan kualifikasi pekerjaan yang dilamar.

Nah, untuk bisa menulis surat lamaran yang baik, dalam artikel ini kita akan membahas unsur-unsur surat lamaran pekerjaan yang terdiri dari bagian-bagian surat lamaran, struktur, dan ciri kebahasaannya.

Bagian-bagian Surat Lamaran Pekerjaan

Pada dasarnya, surat lamaran pekerjaan terdiri atas tiga bagian, yakni pembuka, isi, dan penutup.
Melansir buku 15 Menit Membuat Surat Lamaran Kerja yang Efektif oleh Redaksi Tangga Pustaka, secara garis besar bagian pembuka surat lamaran pekerjaan berisi penjelasan mengenai informasi lowongan pekerjaan yang diperoleh.

Pada bagian ini, biasanya dijabarkan dari mana kamu mendapatkan info lowongan, bidang pekerjaan yang ingin dilamar, dan menuliskan kemampuan yang memenuhi kualifikasi pekerjaan.

Selanjutnya, bagian isi berisi uraian bahwa kamu sudah memenuhi persyaratan yang diminta. Selain itu, kamu juga bisa menyebutkan informasi mengenai usia, pengalaman kerja atau organisasi, keterampilan, dan informasi lainnya yang menunjang.
Terakhir, pada bagian penutup kamu bisa menulis harapan mengenai proses selanjutnya disertai ucapan terima kasih.

Struktur Surat Lamaran Pekerjaan

Unsur surat lamaran pekerjaan selanjutnya adalah struktur. Ada 6 struktur surat lamaran pekerjaan yang dijabarkan Hariwijaya dalam bukunya berjudul 30 Hari Mencari Kerja.

1. Alamat Pengirim

Alamat pengirim biasanya dicantumkan di sebelah kanan atas surat atau ditulis di bagian
bawah setelah salam penutup.

2. Tanggal Surat

Setelah menulis alamat pengirim, hal selanjutnya yang harus dicantumkan adalah tanggal surat. Penulisan tanggal surat diletakkan di bawah alamat pengirim dengan jarak dua atau tiga baris.

3. Alamat Surat

Pada bagian ini, kamu harus menulis nama perusahaan secara lengkap pada baris pertama. Kemudian, diikuti dengan nama gedung pada baris kedua dan nama jalan dan alamat lengkap pada baris selanjutnya.

4. Salam Pembuka

Menuliskan salam pembuka dalam bahasa Indonesia cukup menggunakan kata "Dengan hormat."

5. Isi Surat

Isi surat lamaran pekerjaan dibagi ke dalam tiga bagian utama, yaitu alinea pembuka yang bertujuan untuk memberikan kesan pertama dan menarik perhatian recruiter, tubuh surat, dan alinea penutup.

6. Salam Penutup

Salam penutup dituliskan dua atau tiga spasi di bawah baris terakhir isi surat, sedangkan jika dibuat dengan tulisan tangan salam penutup diletakkan dua atau tiga baris di bawah baris terakhir isi surat.

Baca juga: Dear Mahasiswa, Ini 6 Cara Menulis CV agar Gampang Dilirik Perusahaan

Ciri Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan

Menulis surat lamaran pekerjaan tentu harus menggunakan bahasa yang sopan, jelas, dan singkat. Dengan begitu, ketika menulis surat lamaran pekerjaan pastikan kamu menggunakan ciri-ciri kebahasaan sebagai berikut:

1. Menggunakan kaidah dan ejaan bahasa Indonesia yang sesuai dengan standar yang berlaku. Kamu bisa melihatnya dalam PUEBI dan KBBI.

2. Menggunakan bahasa baku yang formal dan sopan.

3. Isi surat jelas, padat, serta informatif.

4. Menggunakan jenis huruf standar yang mudah dibaca. Jika ditulis tangan, tulisan harus rapi, bersih, dan mudah dibaca.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan untuk Fresh Graduate

Yogyakarta, 5 Februari 2017

Kepada Yth.
Bapak Drs. Hendra Pamungkas
Kepala Divisi News PT XXX
Jl. Rawa Terate II No.5 Kawasan Industri Pulo Gadung
Jakarta Timur

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan yang diunggah di LinkedIn, menyatakan bahwa perusahaan Bapak sedang membutuhkan tenaga penyiar dan reporter. Sesuai dengan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki, saya berminat untuk melamar pekerjaan dengan posisi tersebut.

Perkenalkan nama saya Yusuf Amir, Sarjana Komunikasi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada. Saya baru saja mengikuti wisuda pada 20 Januari 2018. Untuk mengisi posisi ini, saya memiliki kemampuan bahasa Inggris secara aktif, baik lisan maupun tertulis. Saya juga mampu mengoperasikan perangkat lunak komputer terkait penyuntingan video dan audio. Selain itu, saya memiliki pengalaman kerja magang sebagai reporter di media AAA, berpengalaman dalam mempimpin organisasi, serta memiliki pengalaman sebagai pembicara dan pemandu acara.

Demikian surat lamaran yang bisa saya sampaikan. Jika dikehendaki, saya bersedia untuk memenuhi proses selanjutnya. Sebagai pertimbangan, bersamaan dengan surat ini saya lampirkan fotokopi ijazah, Daftar Riwayat Hidup, Surat Keterangan Sehat, dan fotokopi transkrip nilai akademik.

Atas perhatian Bapak Hendra, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Yusuf Amir, S.I.Kom.
Jl. Bali 4, Banyuwangi Jawa Timur 55600
Telepon 0815 xxx xxx xx

Baca juga: 7 Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Berbagai Tujuan yang Dilirik HRD



Simak Video "Wujud Surat Lamaran Kerja Steve Jobs yang Laku Hampir Rp 5 Miliar"


(nwy/nwy)