Mengapa Sumpah Pemuda tahun 1928 memiliki arti yang penting dalam perjuangan bangsa Indonesia

Merdeka.com - Sumpah pemuda tahun 1928 diyakini sebagai tonggak semangat bangsa untuk mengobarkan perjuangan melalui ikrar bertanah air satu, berbangsa satu, dan bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Sumpah pemuda kala itu, diikuti oleh beberapa tokoh pahlawan terkenal yang namanya tak asing kerap muncul di berbagai peristiwa seperti Kartakusumah (PNI Bandung), Abdulrachman (B.O Jakarta), Karto Soewirjo (P.B Sarekat Islam), Muh. Roem, Soewirjo, Sumanang, Masdani, Anwari, Tamzil, AK Gani, Kasman Singodimedjo, Saerun (wartawan Keng Po), dan WR Supratman.

Hingga kini sumpah pemuda telah melewati berbagai perayaan dari tahun ke tahun dan memiliki makna mendalam bagi bangsa Indonesia. Sumpah pemuda menjadi pengingat yang penting sejarah perjuangan bangsa Indonesia melawan kolonialisme.

Oleh sebab itu penting memahami makna sumpah pemuda, berikut merdeka.com merangkumnya:

2 dari 3 halaman

Sumpah pemuda merupakan hasil keputusan kongres pemuda kedua yang diadakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928 di Batavia, Jakarta. Isi dari keputusan ini adalah para pemuda berikrar satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa, Indonesia.

Gagasan penyelenggaraan Kongres Pemuda Kedua berasal dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggota pelajar dari seluruh Indonesia. Atas inisiatif PPPI, kongres dilaksanakan di tiga gedung yang berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat. Sehingga menghasilkan Sumpah Pemuda.

Awalnya hasil rumusan dari kongres ini tidak memiliki nama, beberapa hari kemudian, barulah ikrar tersebut diberi nama ‘Sumpah Pemuda.’

Tujuan Sumpah Pemuda

Tujuan dari Sumpah Pemuda di antaranya adalah: 1. Membangkitkan jiwa dan sikap nasionalisme pemuda-pemudi Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk melawan, mengusir, dan menentang para penjajah. 2. Membuat kokoh dan tebal rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. 3. Memperluas usaha-usaha dan kegiatan agar tercapainya kemerdekaan Indonesia. 4. Menghilangkan rasa kedaerahan yang selalu menjadi penghalang rakyat Indonesia untuk bersatu.

5. Melaksanakan cita-cita untuk mengumpulkan seluruh pemuda Indonesia.

3 dari 3 halaman

Pertama, Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoea, Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia. 

Ketiga, Kami poetra dan poetra Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bangsa Indonesia. 

Makna Sumpah Pemuda

Satu bangsa memiliki makna, walau kita berasal dari suku yang berbeda, kita tetap satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia.

Bentuk wilayah berupa kepulauan dengan sumber daya manusia yang menyebar menyebabkan keberagaman suku bangsa, adat istiadat, dan kebudayaan di Indonesia.

Keberagaman suku bangsa tidak menjadikan bangsa kita terpecah belah, tetapi menjadi perekat terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa.

Suku bangsa yang satu dengan yang lain merupakan satu kesatuan yaitu bangsa Indonesia. Ikrar satu bangsa dalam sumpah pemuda menandakan bahwa hanya ada satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia.

Kesadaran akan satu bangsa dapat diwujudkan dengan perasaan dan sikap kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Perilaku bangga sebagai bangsa Indonesia dapat dilakukan dengan cara menjunjung nama baik bangsa dan negara.

Tak hanya itu, bisa juga dilakukan dengan meningkatkan nama baik Indonesia melalui perbuatan–perbuatan nyata di masyarakat, serta menggunakan produk dalam negeri.

Makna satu bahasa Indonesia adalah bahwa bahasa yang dapat mempersatukan bangsa, yaitu bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia menjadi alat komunikasi antarsuku di Indonesia.

Bahasa Indonesia menjadi bahasa yang dijadikan sebagai bahasa pengantar pendidikan, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Bahasa Indonesia menunjukkan jati diri bangsa Indonesia.

Untuk mewujudkan makna satu bahasa Indonesia, setiap warga diharapkan dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam setiap kegiatan, baik di lingkungan masyarakat, berbangsa, dan bernegara.

JAKARTA - Makna Sumpah Pemuda bagi perjuangan kemerdekaan begitu penting. Tanpa adanya semangat dan juga spirit Sumpah Pemuda, kemerdekaan Indonesia tidak akan dapat terwujud.

Sumpah Pemuda dicetuskan pada 28 Oktober 1928. Pada tanggal ini merupakan momentum bagi seluruh pemuda untuk merapatkan barisan. Karena pada saat itu, kondisi bangsa Indonesia masih terpecah belah. Karena Indonesia terdiri dari beragam suku budaya, agama dan juga bahasa.

Para ahli sejarah berpendapat, sejatinya Peristiwa Sumpah Pemuda merupakan suatu "Kemerdekaan". Di dalamnya terdapat penanaman jati diri bangsa yang berbalut semangat persamaan nasib dan cita-cita para pemuda di masanya.

Semangat itulah yang mendorong komitmen para pemuda untuk mengikat lebih dalam. Baik rela menumpahkan darah untuk Indonesia, rela bersatu meskipun berbeda latar belakang dan juga membuat alat persatuan yakni bahasa Indonesia.

Pada Pembacaan Naskah Proklamasi merupakan puncak dari semangat para pemuda. Saat itu Bung Karno dan Bung Hatta lantang menyampaikan Kemerdekaan Indonesia dalam sebuah teks Proklamasi. Begitu kabar itu keluar, sistem penyebaran informasi dan persatuan Indonesia tidak diragukan lagi.

Akhirnya untuk memantapkan cita-cita Sumpah Pemuda, para bapak bangsa membacakan proklamasi di hadapan bangsa Indonesia. Sejak saat itulah Indonesia dapat terbebas dari kekangan para penjajah dan juga sekutu.

Mari kita Napak Tilas sejarah Sumpah Pemuda yang diadakan di Jakarta pada 28 Oktober 1928. Awalnya para pemuda mendirikan Organisasi Budi Utomo. Dari situlah bermunculan organisasi-organisasi kepemudaan.

Mereka akhirnya semakin kuat dan solid dalam meneguhkan arah serta cita-cita bangsa sebelum kemerdekaan. Sampai pada mereka harus mengumandangkan Sumpah Pemuda ke seluruh pelosok negeri.

Berikut isi Sumpah Pemuda:

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Makna utama dari sumpah pemuda adalah sebuah pematri jati diri bangsa. Kemudian di dalamnya terdapat keinginan seluruh bangsa Indonesia untuk bersatu dan bersama dalam menumbuhkan dan mengusahakan kedaulatan atau kemerdekaan negara Indonesia.

Sedangkan dengan puncak semangat sumpah pemuda terjadi pada 17 Agustus 1945. Hal tersebut terjadi saat Soekarno Hatta atas nama Indonesia membacakan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Kemudian sejak saat itu juga, Indonesia yang terdiri dari berbagai etnis, agama, dan golongan menjadi bangsa yang merdeka dan bersatu.

Demikian penjelasan Makna Sumpah Pemuda bagi perjuangan kemerdekaan. Semoga bangsa Indonesia ke depan makin solid dan kuat.

  • #Makna Sumpah Pemuda bagi Perjuangan Kemerdekaan
  • #Sumpah Pemuda

Kasus COVID-19 Melonjak di Korsel hingga China, Indonesia Perlu Waspada?

Oleh Husnul Abdi pada 04 Feb 2022, 13:00 WIB

Diperbarui 04 Feb 2022, 13:00 WIB

Perbesar

Ilustrasi Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober. (Photo on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Arti penting sumpah pemuda perlu dipahami oleh seluruh rakyat Indonesia. Pasalnya, sumpah pemuda merupakan adalah salah satu pemantik semangat memperjuangkan kemerdekaan. Sumpah pemuda merupakan tonggak utama pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Sumpah pemuda tercipta dari Kongres Pemuda II yang diselenggarakan dua hari, yaitu 27-28 Oktober 1928. Sumpah pemuda lahir di Batavia (Jakarta) pada 28 Oktober 1928, isinya yaitu sumpah para pemuda yang menegaskan cita-cita akan adanya "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia".

Arti penting sumpah pemuda sangat penting dalam mencapai kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu, sumpah pemuda tentunya sangat penting untuk selalu ditanamkan dalam jiwa, terutama bagi generasi muda bangsa.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (4/2/2022) tentang arti penting sumpah pemuda.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Perbesar

Ilustrasi Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober. (Photo on Freepik)

Sebelum memahami arti penting sumpah pemuda, kamu tentunya wajib mengetahui isi dari sumpah pemuda itu sendiri terlebih dahulu. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, yang dimaksud dengan "Sumpah Pemuda" adalah keputusan Kongres Pemuda II yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Kongres Pemuda II ini diikuti oleh banyak peserta, yaitu perwakilan dari Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI), Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Bataks Bond, Jong Islamieten Bond, Pemuda Indonesia, Jong Celebes, Jong Ambon, dan lainnya.

Kongres Pemuda II ini dilakukan di sebuah gedung yang terletak di Jalan Kramat Raya 106 Jakarta Pusat. Kini gedung tersebut diabadikan sebagai Museum Sumpah Pemuda. Hadir juga di Kongres Pemuda II ini Wage Rudolf Supratman yang memainkan lagu Indonesia Raya dengan alunan biolanya. Lagu Indonesia Raya dinyanyikan untuk pertama kalinya dalam kongres ini.

Berikut ini adalah bunyi tiga keputusan kongres tersebut sebagaimana disebut sebagai Sumpah Pemuda:

- Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Air Indonesia.

- Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia

- Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Perbesar

Anggota Paskibraka bersiap mengibarkan bendera merah putih di Sungai Cisadane, Kota Tangerang, Banten, Kamis (28/10/2021). Pengibaran bendera merah putih yang di ikuti puluhan pemuda tersebut di lakukan untuk memperingati hari sumpah pemuda. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Mengajarkan nilai-nilai persatuan bangsa

Arti penting Sumpah Pemuda yang pertama yaitu mengajarkan nilai-nilai persatuan bangsa. Perjuangan para pemuda dalam mendapat kemerdekaan sangat besar, terbukti dengan adanya berbagai peristiwa yang melibatkan para pemuda pada masa sebelum kemerdekaan.

Pemuda dan pemudi tokoh Sumpah Pemuda telah mengorbankan waktu, tenaga, pikiran, moral bahkan harta benda demi menyatukan bangsa Indonesia. Tanpa Sumpah Pemuda serta perjuangan pemuda dan pemudi kala itu, mungkin saja Indonesia tak mencapai kesatuan untuk melawan penjajah negeri.

Wujud cinta Tanah Air

Kemerdekaan Indonesia didapatkan dari perjuangan ratusan tahun yang melibatkan pengorbanan nyawa dan harta benda rakyat. Arti penting Sumpah Pemuda pun yaitu sebagai cerminan rasa cinta pemuda dan pemudi pada bangsa Indonesia. Tindakan yang nyata dan tulus merupakan wujud dari rasa cinta kepada tanah air. Termasuk pula mencintai keragaman budaya, agama dan masyarakat.

Mendorong semangat juang pemuda

Ketika membaca isi Sumpah Pemuda, kamu akan merasakan semangat pemuda pemudi pencetus Sumpah Pemuda. Semangat yang bisa dikenali sebagai arti penting Sumpah Pemuda dapat menjadi contoh bagi generasi muda masa kini untuk mengambil langkah dan melakukan sesuatu bagi bangsa Indonesia. Memaknai Sumpah Pemuda dengan mendalam dapat menumbuhkan semangat juang mendapatkan suatu tujuan. Semangat terus berkobar sekalipun banyak rintangan seperti yang dilakukan generasi terdahulu.

Semangat belajar

Arti penting Sumpah Pemuda bagi pelajar tentunya menumbuhkan semangat belajar dan terus berkarya. Melalui Sumpah Pemuda, semangat untuk terus belajar akan meningkat. Sumpah Pemuda juga mendorong para generasi muda memberikan yang terbaik untuk bangsanya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Perbesar

Anggota Paskibraka bersiap mengibarkan bendera merah putih di Sungai Cisadane, Kota Tangerang, Banten, Kamis (28/10/2021). Pengibaran bendera merah putih yang di ikuti puluhan pemuda tersebut di lakukan untuk memperingati hari sumpah pemuda. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menumbuhkan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia

Saat ikrar Sumpah Pemuda, kebanggaan terlihat jelas dari para pemuda pemudi dalam setiap kalimat isi Sumpah Pemuda. Generasi muda seharusnya juga bangga akan tanah air sendiri, hal ini menjadi salah satu arti penting sumpah pemuda. Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya dan memiliki beragam budaya. Kekayaan dan keberagaman tersebut tentu harus dilestarikan oleh generasi muda.

Menekankan rasa bangga akan bahasa Indonesia

Sumpah Pemuda jelas mengangkat kebanggan terhadap Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu bangsa. Masyarakat Indonesia menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi. Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi yang telah tercantum dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 pasal 36.

Kebanggaan akan bahasa Indonesia perlu ditekankan. Tanpa pemahaman berbahasa yang baik, mengungkapkan isi dan ide akan sulit. Hal ini juga berpengaruh pada inteligensi dan rasa nasionalisme. 

Sebagai ajakan untuk menjaga keutuhan bangsa Indonesia

Menjaga keutuhan bangsa merupakan hal yang harus dilakukan oleh masyarakat. Di era sekarang, arti penting Sumpah Pemuda harus ditanamkan melalui pelajaran Sejarah di sekolah. Hal ini untuk menumbuhkan rasa nasionalisme para generasi muda. Perkembangan teknologi saat ini cukup berpengaruh pada cara berpikir generasi muda. Teknologi seharusnya digunakan secara bijak agar generasi muda dapat lebih peduli dan paham akan kondisi negaranya.

Sumpah Pemuda juga memuat banyak nilai positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti nilai patriotisme, gotong-royong, musyawarah untuk mufakat, cinta tanah air, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan, kerukunan, kerja sama, cinta damai, serta tanggung jawab.

Lanjutkan Membaca ↓