Membuat grafik dari tabel di excel

Artikel ini membahas mengenai cara membuat grafik atau diagram di Excel.

--

Seperti yang kamu ketahui Microsoft Excel memiliki banyak kegunaan. Salah satunya yaitu membuat grafik. Sederhananya grafik adalah bentuk gambar berupa kerangka yang yang dapat membantumu dalam memvisualisasikan data-data. Tetapi tak jarang beberapa orang masih kebingungan ketika diminta untuk melakukan hal tersebut. Sebenarnya, cara buat grafik di Excel gampang lho. Kamu tinggal mengikuti langkah-langkah berikut, agar membantumu menyelesaikan pekerjaan dengan mudah. 

Namun sebelum itu, kamu perlu memahami bahwa grafik tidak memiliki satu bentuk. Setiap grafik atau diagram memiliki jenis yang bergantung pada bentuk data yang dimasukkan. Oleh karena itu, berikut adalah jenis-jenis grafik yang tersedia di MS Excel, mulai dari Excel 2007, 2010, 2013, hingga 2019. 

  • Column, adalah grafik yang berbentuk diagram batang yang mengarah ke atas. Adapun pembagian dari bentuknya yaitu dengan kategori di sepanjang sumbu horizontal dan nilai(value) di sepanjang sumbu vertikal.
  • Bar chart adalah grafik dengan bentuk diagram batang yang mengarah ke samping dan digunakan untuk mengilustrasikan perbandingan di antara item-item individual. Dalam grafik bar, kategori diatur di sepanjang sumbu vertikal dan nilai(value) diatur di sepanjang sumbu horizontal. 
  • Pie chart adalah grafik yang berbentuk diagram lingkaran (kue) dan menunjukkan nilai data dalam bentuk bagian(persentase). 
  • Line atau grafik garis adalah grafik dengan bentuk garis dan menampilkan data secara berkelanjutan dari waktu ke waktu pada sumbu yang diskalakan secara merata. Grafik ini biasanya digunakan untuk menunjukkan tren data seperti bulan, kuartal, atau tahun.
  • Area, adalah grafik yang digunakan untuk menganalisa alur perubahan data dari waktu ke waktu. Sedangkan bagan area pada grafik ini berfungsi menunjukkan hubungan bagian-bagian secara keseluruhan. 
  • Surface, merupakan grafik dengan bentuk 3D dan permukaanya berguna saat kamu ingin menemukan kombinasi optimal antara dua kumpulan data. Seperti pada peta topografi, warna dan pola menunjukkan area yang berada dalam kisaran nilai yang sama.

Ikuti kelas: Tingkatkan Produktivitas dengan Microsoft Excel

1. Pilih data

Adapun langkah pertama adalah memilih data yang ingin dijadikan bentuk grafik. Biasanya kamu dapat memilih bagian dari tabel yang ingin dijadikan grafik. Misalnya pada contoh gambar di bawah, terdapat data pemasukan selamat setengah tahun pertama. Jika kamu ingin memasukkan seluruh data kamu tinggal memblok semuanya. Namun, jika kamu hanya ingin data tertentu kamu bisa memilih tabel dan kolom yang diinginkan.

2. Pilih Insert pada menu bar

Setelah memilih data yang diinginkan, pilihlah insert yang ada di menu bar pada bagian kiri atas. Nantinya kamu akan melihat ikon dari beberapa jenis grafik. Jika kamu ingin melihat jenis grafik secara jelas, kamu dapat memilih Recommended Charts. 

3. Pilih jenis grafik yang diinginkan

Jika kamu memilih Recommended Charts nantinya akan muncul halaman pop-up dengan berbagai pilihan grafik. Untuk melihat pilihan grafik secara lengkap kamu dapat memilih All Charts. Selanjutnya akan muncul semua jenis grafik yang ada di Ms Excel yang bisa kamu pilih. 

Selain itu, kamu juga bisa memilih berbagai macam bentuk atau style dari masing-masing jenis grafik. Bisa kamu lihat pada contoh gambar di atas, terdapat berbagai style dari jenis column.

4. Atur posisi grafik ke dalam worksheet

Setelah kamu memilih grafik yang cocok, nantinya grafik akan muncul secara otomatis pada worksheet. Namun, agar tabel datamu tidak terganggu, kamu perlu mengatur posisi dan juga ukurannya. Adapun langkah yang perlu kamu lakukan adalah mengarahkan kursor ke bagian grafik, kemudian klik dan geser. Sedangkan untuk mengubah ukuran grafik kamu bisa mengarahkan kursor pada bagian sudut grafik dan menariknya.

5. Ubah judul grafik

Selanjutnya kamu juga bisa mengubah nama atau judul dari grafik dengan mengklik bagian tulisan yang ada di bagian atas grafik.

Baca juga: 12 Rumus Microsoft Excel yang Dapat Membantumu di Dunia Kerja

Mengubah bentuk dan value pada grafik

Selain memasukkan grafik ke dalam worksheet, terkadang bagi beberapa orang merasa ada bagian yang kurang pada grafik yang telah dibuat sebelumnya. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin mengubah, menambah, atau mengurangi bagian-bagian yang ada pada grafik, berikut beberapa caranya.

1. Menambah elemen pada grafik

Elemen merupakan bagian-bagian yang dapat membuat grafik kamu menjadi lebih detail seperti, garis bantu, angka pada setiap bar, dan lainnya. Untuk menambah atau mengurangi elemen ini, kamu cukup mengklik grafik dan secara otomatis akan muncul icon (+) di bagian samping kanan. Nantinya kamu tinggal menceklis elemen yang ingin dimasukkan atau dihilangkan. 

2. Mengubah style dan warna grafik

Adapun cara untuk mengubah bentuk tampilan grafik tidak jauh berbeda dengan menambah elemen. Kamu tinggal mengklik ikon kuas pada bagian samping grafik. Nantinya akan muncul berbagai bentuk grafik pada pilihan style dan pilihan tema warna pada pilihan color.

3. Mengedit value grafik

Selain Mengubah tema, kamu juga bisa mengedit value atau nilai-nilai yang ada pada grafik. Dengan mengklik ikon filter yang ada di samping grafik, kamu bisa untuk menambah atau menghilangkan value.  Contohnya kamu dapat melihat gambar di bawah. Pada grafik, kamu bisa melihat beberapa value seperti series yang merupakan nama bulan dan categories untuk value pemasukan per minggu. Misalnya dengan menghilangkan ceklis pada 'Pemasukan Minggu 3', maka bar dan value 'Minggu 3' akan hilang pada grafik. 

Gimana guys? tidak sulitkan. Itulah cara membuat grafik di Excel. Bagi kamu yang ingin meningkatkan kemampuanmu baik soft-skill ataupun hard-skill, langsung saja ke Skill Academy. Karena di Skill Academy tersedia kelas pelatihan dengan materi mendalam dan juga spesifik. Jadi tunggu apa lagi, ayo tingkatkan keahlianmu di Skill Academy. 

Referensi

Tutorialspoint.com. (2021). Excel Charts - Types. https://www.tutorialspoint.com/excel_charts/excel_charts_types.htm [Daring] (Diakses 29 Oktober 2021)

Bagaimana cara membuat grafik dari data tabel pada Microsoft Excel?

Memasukkan grafik:.
Pilih sel yang ingin Anda buat grafiknya, termasuk judul kolom dan label baris. Sel-sel ini akan menjadi sumber data untuk grafik. ... .
Dari tab Insert, klik perintah Chart yang diinginkan. ... .
Pilih jenis grafik yang diinginkan dari menu drop-down..
Grafik yang dipilih akan dimasukkan ke dalam worksheet..

Bagaimana cara membuat grafik *?

5 Cara Praktis Membuat Grafik di Microsoft Word.
Pilih Insert pada menu bar. Langkah pertama untuk membuat grafik di word adalah memilih insert pada menu bar di pojok kanan atas..
Klik ikon chart yang berbentuk grafik. ... .
Pilih jenis grafik. ... .
Masukkan data ke dalam grafik. ... .
Atur tampilan grafik..

Bagaimana cara membuat pie chart di Excel?

b. Cara Membuat Diagram Pie Di Excel.
Blok tabel data yang sudah dibuat tadi..
Masuk ke menu Insert, kemudian tekan fitur Insert Pie or Doughnut Chart..
Pilih salah satu model diagram pie..
Secara otomatis data akan membentuk seperti diagram pie..

Bagaimana Cara Membuat diagram Batang di Excel?

Blok tabel data diatas..
Setelah itu masuk ke menu Insert..
Silahkan tekan tombol Insert Column Chart, kemudian pilih model yang kamu ingin gunakan, tersedia dalam bentuk 2D dan 3D..
Jika sudah ditentukan salah satu, secara otomatis data akan membentuk diagram batang..