Membuang sampah pada tempatnya termasuk kewajiban atau tanggung jawab

Lihat Foto

freepik.com/pikisuperstar

Ilustrasi kewajiban untuk menjaga lingkungan sehat

KOMPAS.com – Lingkungan sekitar rumah adalah segala sesuatu yang berada di sekitar tempat tinggal kita. Kita memiliki kewajiban terhadap lingkungan sekitar rumah dan bertanggung jawab untuk menunaikannya.

Apa kewajiban kita terhadap lingkungan sekitar rumah?

Dilansir dari United Nations, kita memiliki tanggung jawab besar untuk melindungi jaringan kehidupan di Bumi untuk generasi yang akan datang.

Kewajiban terhadap lingkungan rumah

Cara paling mudah melaksanakan tanggung jawab melindungi jaringan kehidupan di Bumi adalah menunaikan kewajiban terhadap lingkungan rumah. Seperti:

Tidak membuang sampah sembarang

Kewajiban pertama yang harus dijalankan terhadap lingkungan sekitar rumah adalah tidak membuang sampah sembarangan.

Sampah yang dibuang sembarangan dapat membuat lingkungan kotor, bau, penuh penyakit, dan juga banjir. Sehingga sampah harus dibuat pada tempatnya agar lingkungan asri dan bersih.

Baca juga: Penyebab Lingkungan Tidak Sehat

Mengurangi sampah

Mengutip dari United States Environmental Protection Agency, cara nomer satu mencegah pencemaran lingkungan adalah mengurangi jumlah sampah yang dibuat sejak awal.

Kita harus mengurangi sampah demi kebaikan lingkungan dan diri kita sendiri. Kita dapat mengurangi sampah melalui prinsip 3R yaitu Reduce, Reuse, dan Recycle.

Turut menjaga dan merawat infrastruktur

kita juga berkewajiban untuk menjaga juga merawat infrastruktur di lingkungan sekitar rumah.

Tidak merusak, tidak mencorat-coret, tidak membuang sampah sembarangan, dan menjaga kebersihan infrastruktur adalah contoh dari merawat infrastruktur. 

Tidak membakar sampah

Kita harus membuang sampah dengan benar dan tidak membakar sampah sembarangan. Membakar sampah, terutama yang berbahan plastik akan mengemisikan gas berbahaya bagi tumbuhan, hewan, dan juga manusia yang menghirupnya.

Baca juga: Kewajiban dalam Kegiatan Kerja Bakti Membersihkan Lingkungan Kelas

Memenjaga kelestarian flora dan fauna

Sebagai manusia yang berakal, kita memiliki kewajiban untuk menjaga kelestarian flora dan fauna terutama di lingkungan sekitar rumah.

Kita tidak boleh merusak tanaman, menebang pohon sembarangan, menyakiti hewan, merusak sarang hewan, dan merusak sumber makanan juga air mereka.

Sebaliknya, kita harus memelihara keberlangsungan hidup flora dan fauna. Menanam pohon, memelihara tumbuhan dan hewan, membersihkan sampah dari lingkungan, dan juga memastikan keberlangsungan hidup mereka adalah hal yang bisa kita lakukan.

Menggunakan teknologi ramah lingkungan

Menggunakan teknologi ramah lingkungan merupakan kewajiban dalam menjaga lingkungan sekitar rumah.

Teknologi ramah lingkungan cenderung aman bagi kehidupan alam dan tidak mengemisikan polusi berbahaya yang merusak lingkungan.

Baca juga: Ciri-ciri Lingkungan Sehat

Menghemat penggunaan air

Bumi diisi oleh 70 persen air, namun sebagian besar merupakan air asin yang tidak dapat dikonsumsi. Dilansir dari National Geographic, hanya 2,5 persen dari total air di bumi yang merupakan air segar dan hanya 1 persen yang mudah diakses karena sisanya merupakan gletser atau ladang salju.

Artinya dari semua air di bumi, seluruh umat manusia hanya berbagi 1 persen air untuk diminum dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Sehingga kita memiliki kewajiban untuk menghemat penggunaan air bagi kebaikan lingkungan juga orang lain.

Menghemat penggunaan bahan bakar dan listrik

Kita memiliki kewajiban untuk menghemat penggunaan bahan bakar, terutama bahan bakar fosil yang suatu hari akan habis.

Menghemat bahan bakar tidak hanya menghemat penggunaan bahan bakar kendaraan bermotor, melainkan juga gas dan listrik.

Baca juga: Kewajiban terhadap Tuhan yang berhubungan dengan Lingkungan Sekolah

Karena sebagian besar listrik diproduksi menggunakan bahan bakar fosil seperti minyak, gas, dan batu bara.

Melansir dari Millennium Alliance for Humanity and Biosphere, diperkirakan minyak bumi akan habis pada 2052, gas alam akan habis pada 2060, dan batu bara akan habis pada tahun 2090.

Sehingga kita wajib menghemat listrik juga bahan bakar lainnya. Penghematan bahan bakar juga artinya mengemisikan lebih sedikit gas karbon dioksida ke atmosfer dan membantu mengurangi pemanasan global.

Mulai menggunakan energi alternatif

Kita juga dapat mulai menggunakan energi alternatif untuk menjaga lingkungan. Energi alternatif cenderung melimpah (dapat diperbaharui) dan juga ramah lingkungan.

Contohnya adalah penggunaan briket dari eceng gondok, panel surya, dan juga pembangkit listrik tenaga angin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Lihat Foto

freepik.com/brgfx

Ilustrasi membersihkan lingkungan sekolah

KOMPAS.com – Sekolah merupakan tempat pendidikan dan pengembangan karakter siswa. Sekolah terdiri dari warga sekolah (siswa, guru, serta pegawai sekolah lainnya) dan lingkungan sekolah. Sebagai siswa, kita memiliki kewajiban terhadap lingkungan sekolah.

Menurut Yusuf Syamsu dalam buku Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja (2001) lingkungan sekolah adalah kesatuan ruang dalam lingkup pendidikan formal yang memberi pengaruh pembentukan sikap dan pengembangan potensi siswa.

Apa yang kamu lakukan terhadap lingkungan alam sekolahmu? Berikut kewajiban seorang siswa terhadap lingkungan sekolahnya: 

Membuang sampah pada tempatnya

Kamu tidak boleh membuang sampah sembarang di sekolah. Karena akan menyebabkan lingkungan yang kotor, bau, dan menjadi sarang penyakit.

Kamu harus membuang sampah pada tempat-tempat sama yang tersedia. Jangan lupa untuk secara disiplin memilah sampah mana yang dibuang ke tempat sampah organik dan mana yang dibuang ke tempat sampah anorganik.

Baca juga: Hak-Hak yang Didapat di Sekolah dan Akibatnya jika tidak Terpenuhi

Membersihkan lingkungan sekolah yang kotor

Kamu juga berkewajiban peduli atas lingkungan sekolah dengan cara membersihkan lingkungan yang kotor.

Jangan bersikap acuh ketika ada sampah tergeletak di lorong atau tempat lain di sekolah. Kamu bisa memungut sampah tersebut dan memasukannya ke tempat sampah.

Menurut M. Sapriadi dan Siti Hajaroh dalam Stategi Guru dalam Pemebentukan Karakter Peduli Lingkungan bagi Siswa (2019) menyebutkan piket kelas adalah kegiatan siswa membersihkan dan merapikan kelas yang memberikan pendidikan akan pentingnya tanggung jawab, disiplin, dan peduli.

Sehingga kamu semua harus mengikuti jadwal piket sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Piket juga bisa membiasakan kamu berperilaku bersih dan lebih mengenal teman dalam satu kelompok piket yang sama.

Merawat tumbuhan yang ada di sekolah

Merawat tumbuhan juga merupakan kewajiban terhadap lingkungan alam sekolah. Cara merawat tumbuhan adalah menanam tumbuhan, memberikan air juga pupuk, tidak merusak dan menjaga tumbuhan yang ada di lingkungan sekolah.

Baca juga: Cara untuk Menciptakan Lingkungan Sekolah yang Sehat

Salah satu kewajiban yang dianggap remeh adalah membersihkan toilet. Kamu berkewajiban membersihkan kembali toilet setelah menggunakannya.

Selalu menyiram toilet hingga bersih sehingga tidak mengundang penyakit dan bau tak sedap yang menganggu kenyamanan lingkungan sekolah.

Menjaga sarana dan prasarana sekolah

Menurut Barnawi dan M. Arifin dalam buku Manajemen Sarana & Prasaran Sekolah (2014) saran dan prasarana pendidikan mencakup ruang belajar, tempat berolahraga, tempat beribadah, perpustakaan, laboratorium, bengkel kerja, tempat bermain, tempat berekreasi, serta sumber belajar lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran.

Kamu sebagai siswa, memiliki kewajiban untuk menjaga sarana dan prasana sekolah tersebut. tidak merusaknya, tidak mencorat-coretnya, dan tetap menjaga kebersihannya adalah bentuk dari kewajiban menjaga fasilitas sekolah.

Baca juga: Contoh Tulisan dan Kesimpulan mengenai Pentingnya Kesehatan di Lingkungan Sekolah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dina dan teman ² melakukan penghijauan di lingkungan sekitar rumah.sebutkan manfaat kegiatan Dina Dan teman²​

apa yang paling penting untuk mengisi kemerdekaan?​

cara menyajikan text laporan​

1.Tulislah perbuatan terhadap tumbuhan dan hewan yang sesuai dengan Pancasila 2.Berikan contoh pengalaman Pancasila sila ke-5​

apakah kriteria dari makanan yang sehat?​

1.Keberagaman akan semakin... kerja sama 2.Suatu pekerjaan akan lebih ringan dan hasilnya maksimal jika dikerjakan secara...3.Keberagaman suku bangsa … memperkokoh... dan... bangsa4.Budaya daerah merupakan... budaya nasional​

Tuliskan nama alat ukur di atas beserta satuannya!plisss besok mau dikumpul​

Sebutkan macam-macam iklan! ​

kita telah menghabiskan kue milik kakaknya setelah bulan Kakak menjadi kue miliknya Tentukan sikap kita yang sesuai dengan nilai Pancasila..tolong jaw … ab y​

Apakah dalam membuat cerita bergambar harus diakhiri dengan Proses pewarnaan Bagaimana jika tidak jelaskan menurut pendapatmu​