Memasak bubur kacang hijau dengan cepat

Merebus kacang hijau ini cepat lho bunda, dengan metode 5.30.7 yaitu merebus kacang hijau selama 5 menit, lalu diamkan selama 30 menit dan masak kembali selama 7 menit. Hemat gas, karena masak pakai kompornya cuma 12 menit saja. Praktis kan... Jadi kacang hijaunya gak perlu di rendam dulu semalaman. Karena kalau di rendam dulu lama, gak bisa dadakan. Kalo pake tehnik ini biarpun gak di rendam, kacang hijaunya bisa empuk dan pecah 😘
Source: Devlan Rusdianto
Resep sudah saya sesuaikan.

#berburucelemekemas
#resolusi2019
#cookpadcommunity_Karawang
#resep3r

Lebih banyak

Bahan-bahan

Membuat bubur kacang hijau memang sangat mudah, Anda hanya butuh bahan-bahan seperti gula aren atau gula merah, kacang hijau secukupnya, santan, dan tentu saja daun pandan agar aroma dari bubur kacang hijau yang Anda masak jadi lebih harum.

Tapi sayang, banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara merebus kacang hijau yang tepat, sehingga proses memasaknya jadi lebih lama dari biasanya. Bahkan untuk merebus ½ Kg kacang hijau, bisa mencapai lebih dari 2 jam. Bukankah itu sangat merugikan?

Terus bagaimana solusinya?

Tenang saja. Anda sebenarnya bisa menghasilkan bubur kacang hijau yang empuk dan lezat, tanpa harus membuang banyak waktu dan tenaga karena proses memasak yang terlalu lama. Caranya mudah kok, ikuti saja beberapa trik berikut ini:

  1. Cuci bersih biji kacang hijau sebelum Anda mengolahnya menjadi bubur kacang hijau. Setelah itu, rendam kacang hijau dalam air dingin selama 3-4 jam.
  2. Proses perendaman ini dibutuhkan agar air rendaman bisa menembus pori-pori kacang hijau, sehingga kacang hijau lebih mengembang dan mudah hancur saat dipanaskan.
  3. Rebus dulu air hingga mendidih, kemudian baru masukkan kacang hijau tadi. Rebus dulu selama 5-7 menit, kemudian matikan kompor. Biarkan kacang hijau terendam dalam air panas tersebut selama 30-60 menit.
  4. Setelah itu, nyalakan kembali kompor dan rebus seperti biasa, dan lihatlah. Kacang hijau pun jadi lebih mudah hancur, tanpa butuh waktu yang terlalu lama.


Teknik penurunan dan peningkatan suhu akan membuat kacang hijau mudah mekar dan hancur menjadi bubur. Sedangkan jika terus dimasak dalam suhu yang konsisten, kacang rebus akan sulit untuk hancur.

Gunakan Kompor Berkualitas Tinggi

Untuk memaksimalkan proses memasak kacang hijau, Anda butuh kompor bekualitas tinggi yang mudah diatur penurunan dan penaikan suhunya. Kompor induksi Electrolux EHI6450BA, merupakan kompor terbaik untuk melakukan tugas berat seperti ini.

Electrolux EHI6450BA dilengkapi dengan kontrol daya yang sangat tepat, sehingga akan memudahkan Anda untuk menaikkan dan  menurunkan suhu. Dengan cara ini, tidak ada lagi risiko masakan yang kurang matang, atau tidak matang karena proses permainan suhu yang kurang tepat.

Pertanyaan yang sering diajukan saat memasak kacang hijau

1. Berapa lama merebus kacang hijau?

Menurut channel Youtube memasak populer di Indonesia seperti Lely Kd, kacang hijau harus direbus dalam tujuh menit agar benar-benar matang.

2. Berapa lama saya harus merendam kacang hijau?

Kacang hijau harus direndam 3 sampai 4 jam sebelum dimasak.

3. Apa yang akan terjadi jika kacang hijau direndam terlalu lama?

Jika kacang hijau dibiarkan terlalu lama, akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan teksturnya akan gosong. Beberapa netizen juga mengklaim kacang hijau mereka direndam terlalu lama bahkan berubah menjadi kecambah.

7 Cara merebus kacang hijau agar cepat empuk, praktis dan hemat gas

pexels.com

Brilio.net - Kacang hijau termasuk makanan sehat yang punya rasa lezat. Banyak sekali manfaat kacang hijau buat tubuh, lho. Dilansir dari healthline.com, kacang hijau mengandung vitamin dan mineral yang bisa menurunkan risiko berbagai penyakit.

Kacang hijau pun aman dikonsumsi oleh segala kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang tua. Tak terkecuali juga baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Selain jadi es, kacang hijau sering diolah menjadi bubur. Olahan bubur kacang hijau punya rasa manis dan gurih.

Namun, menu kacang hijau jadi kurang nikmat kalau kamu masak pakai cara yang salah, lho. Kacang hijau bisa kurang empuk dan masih berbau langu. Di sisi lain, memasak kacang hijau dengan cara yang salah bisa memakan waktu lama dan bikin gas cepat habis, lho.

Nggak perlu bingung, kamu bisa ikuti cara bikin kacang hijau supaya cepat empuk berikut ini. Dilansir BrilioFood dari berbagai sumber pada Sabtu (15/1).

1. Rendam dengan air.

7 Cara merebus kacang hijau agar cepat empuk, praktis dan hemat gas

foto: pexels.com

Buat yang belum tahu, penting untuk merendam kacang hijau di air terlebih dahulu sebelum dimasak. Jika kacang hijau langsung dimasak, pasti membutuhkan waktu lebih lama hingga empuk dan bikin gas cepat habis. Rendam kacang hijau selama tiga sampai empat jam terlebih dahulu sebelum dimasak.

2. Didihkan air terlebih dahulu.

7 Cara merebus kacang hijau agar cepat empuk, praktis dan hemat gas

foto: pixabay.com

Jika sudah direndam, artinya kacang hijau sudah siap dimasak. Nah, ada trik biar kacang hijau juga cepat empuk dan mekar, nih. Yakni dengan menunggu sampai air rebusan mendidih terlebih dahulu. Saat sudah mendidih, langsung masukkan kacang hijau, dijamin kacang hijau cepat empuk.

3. Gunakan api sedang.

7 Cara merebus kacang hijau agar cepat empuk, praktis dan hemat gas

foto: pexels.com

Penting juga untuk mengatur besarnya api saat memasak kacang hijau. Gunakan api sedang, tak terlalu kecil maupun besar. Jika api terlalu kecil, bisa bikin semakin lama memasaknya. Sementara jika api terlalu besar, bisa-bisa bikin kacang hijau nggak matang secara merata.

4. Masukkan gula dan garam jika kacang hijau sudah mekar.

7 Cara merebus kacang hijau agar cepat empuk, praktis dan hemat gas

foto: pexels.com

Saat memasak kacang hijau, jangan buru-buru memasukkan gula dan garam. Jika memasukkannya terlalu cepat, bisa mempengaruhi tingkat kematangan kacang hijau. Pastikan kacang hijau sudah mekar saat memasukkan gula dan garam.

5. Rebus selama tujuh menit.

7 Cara merebus kacang hijau agar cepat empuk, praktis dan hemat gas

foto: pexels.com

Biar lebih akurat lagi, kamu juga bisa menggunakan stopwatch untuk menghitung waktu merebus kacang hijau. Dilansir dari YouTube Lely Kd, umumnya, kacang hijau direbus selama tujuh menit biar matang sempurna.

6. Tutup dan diamkan kacang hijau usai direbus.

7 Cara merebus kacang hijau agar cepat empuk, praktis dan hemat gas

foto: pixabay.com

Jika sudah tujuh menit, matikan api dan jangan langsung diangkat. Biarkan panci rebusan kacang hijau dalam keadaan tertutup selama 30 menit. Cara ini bikin proses memasak tetap berlanjut walaupun api kompor sudah mati. Selain itu, kacang hijau juga bisa matang sempurna dan tetap hemat gas.

7. Rebus kacang hijau bersama daun pandan atau jahe.

7 Cara merebus kacang hijau agar cepat empuk, praktis dan hemat gas

foto: pixabay.com

Dilansir dari YouTube @CR COOK, kacang hijau tanpa tambahan pandan atau jahe biasanya masih berbau langu. Kalau bau masih tidak enak akan mengurangi nafsu makan. Makanya penting untuk menambahkan daun pandan maupun jahe saat merebus kacang hijau agar baunya hilang.

(brl/lut)

Bagaimana caranya agar kacang hijau cepat empuk?

Rebus dulu air hingga mendidih, kemudian baru masukkan kacang hijau tadi. Rebus dulu selama 5-7 menit, kemudian matikan kompor. Biarkan kacang hijau terendam dalam air panas tersebut selama 30-60 menit. Setelah itu, nyalakan kembali kompor dan rebus seperti biasa, dan lihatlah.

Berapa lama merendam kacang hijau agar cepat empuk?

Rendam dengan air. Rendam kacang hijau selama tiga sampai empat jam terlebih dahulu sebelum dimasak.

Bolehkah merendam kacang hijau terlalu lama?

Tidak merendam kacang hijau terlebih dahulu Kamu dapat merendam kacang hijau selama semalaman agar mendapat tekstur yang lebih empuk.

Berapa lama mengukus kacang hijau?

Merebus selama 7 menit : Pastikan bahwa rebusan kacang hijau tidak terlalu lama, kamu perlu menghitung menggunakan stopwatch selama 7 menit agar mendapatkan hasil yang sepurna.