Kekuatan susu formula berapa jam

Meracik susu formula itu merepotkan, tapi kalau ada sisanya boleh nggak ya diminum kembali?

Sebagian bayi di dunia ini harus memenuhi kebutuhan nutrisinya lewat dukungan susu formula. Entah itu karena masalah kesehatan sang Mama atau pun produksi ASI mama yang kurang sehingga bayinya pun harus mengonsumsi susu formula setiap saat. 

Berbeda dengan ASI yang dapat dengan mudah langsung disusui dari payudara, susu formula melewati beberapa proses penyajian terlebih dahulu sebelum siap diminum si Kecil. Terkadang proses ini memang cukup merepotkan. Sebagian orang mungkin berpikir untuk meracik susu formula dalam satu kali kloter agar lebih praktis, tetapi apakah hal ini boleh dilakukan?

Beberapa bayi juga seringkali tidak menghabiskan susu formulanya. Lalu bolehkah susu formula sisa diminum kembali?

Berikut Popmama.com merangkum penjelasannya, dilansir dari Healthline:

Dalam Sekali Penyajian Susu Formula, Berapa Lama Kualitasnya Terjaga Dalam Suhu Ruangan?

Freepik/poringdown

Ketika Mama mencampurkan susu formula bubuk dengan air, sebetulnya saat itu pula waktu penyajian dihitung mundur. Aturan yang berlaku umum adalah susu tersebut akan bertahan selama dua jam pada suhu kamar, tidak terpapar udara bebas, dan tidak dipanaskan kembali.

Tetapi, Mama juga perlu memeriksa petunjuk yang tertera pada label kemasannya. Ada merek-merek tertentu yang hanya bisa bertahan selama satu jam pada suhu kamar setelah dicampur. 

Bagaimana Kondisinya jika Susu Formula Disimpan di Lemari Es?

Freepik/valeria_aksakova

Selama bayi tidak minum dari botol susu yang sama, susu formula yang sudah dicairkan bertahan hingga 24 jam di lemari es. Suhu lemari es haruslah sekitar 4,4 derajat Celcius atau lebih rendah daripada itu. 

Sebagai tambahan, Mama tidak disarankan untuk membekukan susu formula yang sudah dicairkan. Ini dapat mengubah tekstur dan tidak memperpanjang periode waktu penyimpanannya meski kondisinya masih terlihat bagus. 

Sebagian Sudah Diminum, Bolehkah Sisa Susu Formula Disimpan di Lemari Es?

cloudfront.net

Tidak. Jika si Kecil sudah minum sebagian susu formula dan tidak menginginkan sisanya, Mama harus segera membuangkan dalam waktu satu jam setelah susu formula dicairkan. Jangan ditaruh di lemari es sisanya untuk diminum nanti. 

Produk berbahan dasar susu terkenal dapat dengan mudah menumbuhkan bakteri di dalamnya. Setelah bayi minum dari botol, bakteri akan masuk. Itulah mengapa susu formula tidak boleh disimpan.

Jika Susu Sisa Dipanaskan Kembali, Bolehkah Diminum Lagi Nanti?

Freepik/parinyabinsuk

Tidak. Sekali lagi, di sini bakteri adalah masalahnya. Bakteri justru akan berkembang lebih pesat setelah berada di lingkungan yang hangat dan nyaman untuk tumbuh. 

Hal lain yang perlu diketahui adalah apabila Mama telah menghangatkan susu, pedoman dua jam sebelumnya untuk susu yang tidak tersentuh, tidak berlaku. Susu yang dipanaskan harus digunakan dalam waktu satu jam, dan sisanya harus dibuang segera. Ini berlaku untuk susu formula yang dibuat dari bubuk serta konsentrat siap minum. 

Berapa Lama Susu Formula Bubuk yang Sudah Dibuka Wadahnya Bisa Digunakan?

Freepik

Umumnya, susu formula bubuk harus dihabiskan dalam jangka waktu satu bulan setelah wadahnya dibuka. Sebagian besar merek susu formula sudah menerapkan aturan ini. Sebetulnya pedoman ini cukup masuk akal kok, Ma, terutama apabila bayi mama mengonsumsinya setiap hari. 

Semua aturan seputar susu formula mungkin tampak berbelit dan merepotkan. Tetapi hal ini penting jadi perhatian karena perut bayi yang sensitif, karenanya penting untuk memerhatikan dan mematuhinya demi kesehatan si Kecil. Konsultasikan dengan dokter apabila Mama merasa ragu-ragu. 

Itulah jawaban dari bolehkah susu formula sisa diminum kembali. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma. 

Baca Juga:

  • 5 Kondisi Bayi Baru Lahir yang Boleh Diberikan Susu Formula
  • Ayo Dicek! Susu Formula si Kecil Sudah Cocok atau Belum Ya?
  • 9 Kesalahan Menyajikan Susu Formula, Awas Bayi Bisa Sakit lho Ma

Bolehkah susu formula sampai 3 jam?

Sebaiknya Anda tidak memberikan susu formula yang telah didiamkan selama lebih dari 1 jam ya, baik itu dalam kondisi hangat, atau bahkan disimpan dalam kulkas sekalipun. Hal ini juga berlaku bagi Anda, apalagi sampai 3 jam, saya sarankan untuk dibuang saja.

Berapa lama tahan susu formula setelah diseduh?

Susu formula yang sudah diseduh tahan berapa jam? Pada umumnya, susu yang telah diseduh dan belum diminum bayi bisa bertahan hingga 2 jam pada suhu ruang, tanpa tersentuh dan tanpa dipanaskan.

Berapa lama susu formula bertahan di dalam DOT?

Nah, perlu dicatat nih, Bunda, bahwa susu formula yang sudah diseduh, dapat dengan aman disimpan pada suhu kamar hingga dua jam. Jadi, begitu Bunda membuatnya, pastikan anak-anak akan menghabiskannya sebelum waktu dua jam ya, Bunda.

Apa akibat jika susu formula lebih dari 2 jam?

Memberikan susu formula yang telah dicairkan lebih dari 2 jam pada bayi sangat berisiko menyebabkan ia mengalami gangguan pencernaan, contohnya mual, muntah, kolik, diare, dan sebagainya. Kondisi ini terjadi karena potensi susu ini terkontaminasi lebih tinggi.