Hotspot HP Tidak Terdeteksi di laptop Windows 10

Beranda » Cara Mengatasi Hotspot HP Tidak Terdeteksi

28 November 2020

Dengan fitur Tethering di Android, banyak pengguna android yang bisa membagikan koneksi internet dari HP Android ke pengguna lain. Tethering dilakukan dengan menyalakan data serta fitur tethering, lalu pengguna lain hanya perlu untuk menghidupkan Wifi untuk menggunakan hotspot tadi.

Tapi, bagaimana jika hotspot hp tidak terdeteksi di perangkat lain? Pasti kamu akan kebingungan, jika muncul masalah ini. Alih-alih yang terjadi kamu malu tidak bisa membagikan koneksi internet kamu ke teman kamu.

Ada dua kemungkinan, pertama hardware tethering kamu rusak. Kemungkinan hardware tethering rusak itu sangatlah kecil. Saya belum pernah mendengar masalah satu ini. Namun, tetap saja kerusakan bisa terjadi.

Kedua yaitu kerusakan software, jika terjadi kerusakan software kamu bisa ikuti 2 cara mengatasi hotspot hp tidak terdeteksi. Cara ini sudah saya coba di Windows 10 terbaru.

  • Cara Mengatasi Hotspot HP Tidak Terdeteksi di Laptop Windows
    • 1. Restart HP Kamu
    • 2. Matikan Password WiFi
    • 3. Lakukan Troubleshoot Network Windows

Cara Mengatasi Hotspot HP Tidak Terdeteksi di Laptop Windows

1. Restart HP Kamu

Dengan melakukan restart HP, kamu bisa menyelesaikan banyak masalah yang biasa terjadi di HP Android.

2. Matikan Password WiFi

Biasanya ketika kita membagikan hotspot tethering, kita akan menambahkan password agar hotspot kita tidak digunakan oleh orang lain. Tapi, untuk mendiagnosa masalah ini kamu harus mencoba untuk mematikan password wifi yang bisa dilakukan dengan cara :

  1. Buka Settings
  2. Masuk ke menu Jaringan
  3. Pilih Menu Tethering, lalu pilih Hotspot
  4. Pada bagian keamanan, pilih None

3. Lakukan Troubleshoot Network Windows

Jika kamu menggunakan laptop windows 10. Fitur troubleshoot pasti akan membantu kamu. Fitur ini bisa melakukan diagnosa mandiri ke laptop kamu. Mulai dari kerusakan driver, hingga yang lainnya. Pada Windows 10 kamu bisa melakukan troubleshoot jaringan dengan melakukan:

  1. Tekan tombol Windows dan I
  2. Masuk ke menu Update & Security, lalu pilih Troubleshoot
  3. Pilih Internet Connections Troubleshooter
  4. Lalu klik tombol Run The Troubleshooter

Saya sudah membagikan 3 Cara Mengatasi Hotspot HP Tidak Terdeteksi di Laptop. Jika kamu merasa ada cara yang kurang, boleh komentar di bawah. Jangan lupa juga untuk membagikan tutorial ini ke teman-teman kamu yang membutuhkan tutorial ini. Selamat mencoba!

Penyebab hotspot HP tidak bisa terhubung ke laptop dan solusi untuk mengatasinya.

Jika Anda mengalami masalah saat ingin menghubungkan hotspot HP ke laptop, saya rasa artikel ini akan sangat membantu. Sering kali saat kita ingin menghubungkan hostspot WiFi HP ke laptop, berbagai masalah muncul, mulai dari koneksi yang tidak stabil hingga kegagalan dalam menghubungkan hotspot.

Lalu apakah penyebabnya, padahal sudah mengikuti panduan dan langkah-langkah dalam membuat hotspot di HP android dan cara menghubungkannya ke laptop. Tapi kenapa selalu gagal terhubung. Adakah cara yang paling efektif untuk memperbaiki hotspot HP yang gagal terhubung dengan laptop.

Oke, tidak usah khawatir. Sebenarnya ada beberapa penyebab gagalnya hotspot HP yang ingin dihubungkan ke laptop. Berikut beberapa kemungkinan yang mungkin menjadi masalah utama:

  • Hotspot HP tidak terdeteksi atau terbaca di jaringan WiFi laptop
  • Tanda WiFi dan sinyal di laptop disertai tanda loading dalam waktu lama
  • Hotspot terdeteksi di laptop tapi setelah memasukan password tetap tidak mau terhubung
  • Muncul tanda seru warna kuning pada ikon sinyal dan WiFi laptop

Saat Anda mengalami salah satu masalah diatas, bisa jadi itu merupakan penyebab tidak bisa terhubungnya hotspot HP ke laptop. Nah, setelah mengetahui beberapa kendala tersebut, sekarang kita akan mencoba untuk memperbaikinya.

Untuk memperbaiki hotspot HP yang tidak bisa terhubung ke laptop, beberapa cara dibawah ini mungkin bisa jadi solusi. Ingat, sebaiknya terapkan cara sesuai kendala atau penyebab yang dialami. Silahkan simak ulasannya berikut:

1. Hotspot HP tidak terdeteksi di laptop

Untuk problem yang pertama, kemungkinan sumber masalah ada pada settingan WiFi di laptop maupun hotspot di HP Anda. Misalnya karena WiFi laptop belum diaktifkan, hotspot diluar jangkauan karena jarak HP dan laptop cukup jauh, atau pengaturan yang salah pada hotspot di ponsel genggam Anda.

Untuk mengaktifkan WiFi laptop Anda, cukup tekan FN+F3 atau klik ikon WiFi di layar laptop Anda. Setelah itu pastikan posisi HP dan laptop berdekatan agar jangkauan sinyalnya lebih kuat. Kemudian jika masih belum bisa, coba ganti settingan hotspot di HP dari moda putih ke mode normal, atau ganti AP band pita frekuensi dari 5.0 GHz ke 2.4 GHz.

2. Muncul tanda loading di ikon WiFi laptop

Masalah ini biasanya muncul saat ingin menghubungkan hotspot HP untuk yang kedua kalinya. Beberapa penyebabnya seperti:

  • Password hotspot di HP sudah diganti tapi laptop masih membaca password yang lama. Hal ini terjadi karena laptop biasanya mengaktifkan fitur "connect automatically" pada setiap hotspot yang sebelumnya pernah tersambung. Jadi saat hotspot HP Anda nyalakan, laptop akan otomatis menghubungkannya. Solusi untuk masalah ini cukup klik kanan pada nama hotspot di laptop lalu klik "forget". Jika sudah coba hubungkan kembali dengan memakai password yang baru.
  • Ada 2 hotspot yang aktif dari dua HP berbeda tapi dengan nama yang sama. Periksa terlebih dahulu sebelum menghubungkan hotspot ke laptop, pastikan nama dan password-nya sesuai dengan perangkat Anda.

Untuk problem yang satu ini ada dua kemungkinan yang bisa terjadi, pertama password yang dimasukan salah, yang kedua karena limit pada jumlah jaringan yang bisa terhubung ke hotspot.

Jadi jika Anda mengalami masalah diatas, pastikan terlebih dahulu kalau password yang Anda masukan sudah benar. Kemudian coba periksa settingan hotspot HP Anda, ubah koneksi maksimal hotspot sesuai dengan keinginan. Jika yang Anda pilih "1", itu artinya hanya satu perangkat yang bisa terhubung dengan hotspot, begitu juga dengan "2" dan seterusnya.

4. Muncul tanda seru warna kuning dan koneksi menjadi lemot

Jika pada ikon WiFi laptop muncul tanda seru berwarna kuning, bisa jadi HP Anda kehabisan kuota atau paket data. Selain itu, masalah ini juga bisa disebabkan karena kesalahan input IP address manual di laptop. Untuk mengatasi masalah ini, silahkan ikuti tutorial dibawah:

  • Buka control panel di laptop Anda
  • Pilih tab network and internet
  • Pilih tab network and sharing center
  • Pilih nama hotspot untuk mulai melakukan setting IP address
  • Klik tab properties
  • Pilih internet protocol version 4 (TCP/IPv4) lalu klik properties
  • Kosongkan IP address lalu pilih Obtain an IP Address automatically
  • Selesai klik OK

Setelah mengikuti panduan diatas, coba matikan dulu jaringan hotspot HP Anda lalu kemudian nyalakan lagi. Lihat sekarang tanda seru di WiFi laptop sudah hilang dan hotspot sudah bisa terhubung dengan baik.

  • Hotspot hp tidak tersambung di laptop?

    Ada banyak penyebabnya, seperti WiFi laptop belum diaktifkan, hotspot diluar jangkauan karena jarak HP dan laptop cukup jauh, atau pengaturan yang salah pada hotspot di ponsel genggam Anda. Untuk mengaktifkan WiFi laptop Anda, cukup tekan FN+F3 atau klik ikon WiFi di layar laptop Anda.

  • Kenapa WiFi no internet di laptop?

    WiFi yang mengalami no internet access, bisa disebabkan karena beberapa hal. Mulai dari salah setting router, salah setting Windows, sampai gangguan jaringan dari provider-nya itu sendiri.

  • Kenapa hotspot no internet Secured?

    Pada umunya kita menggunakan koneksi WiFi yang aman di rumah/kantor. Jadi, jika Anda mendapatkan notifikasi kesalahan yang bertuliskan “no internet, secured” hal ini mungkin karena konfigurasi IP yang salah/tidak valid. Mungkin Anda harus mengubah settingannya.

Itulah beberapa cara memperbaiki hotspot HP yang tidak bisa terhubung ke laptop beserta penyebab masalahnya. Jika merasa panduan ini bermanfaat untuk Anda silahkan di share ke teman-teman yang membutuhkan agar makin banyak manfaatnya.

Hotspot atau koneklsi internet merupakan salah satu hal yang saat kini amat penting kegunaanya. Blia dahulu hotspot hanya hanya dilakukan dengan menggunakan router, sekarang ini hotspot bisa kamu lakukan dengan memakai samrtphone. Tetapi terkadang mengalami masalah, nah berikut ini cara menyambungkan hotspot hp ke laptop yang tidak terbaca.

Sebenarnya menggunakan hp sebagai hotspot ke sebuah perangkat laptop menurut saya sangat tidak disarankan. Kenapa begitu ? karena jika kamu menggunakan hp sebagai hotspot ke laptop maka kuota internet akan sangat boros.

Untuk itu sebaiknya kamu memakai modem atau koneksi wifi sipaya lebih memngirit. Tetapi jika itu kebutuhan mendesak kamu bisa memakainya.

Nahh pada kesempatan kita akan membahan bagaimana cara menyambungkan hotspot hp ke laptop yang tidak terbaca, nahh permasalahan ini kerap kali dialami lantas bagaimana cara mengatasinya ? simak berikut ini.

Cara Menyambungkan Hotspot Hp ke Laptop Yang Tidak Terbaca

Nahh sebelum kita masuk ke cara mengatasinya terlebih dahulu kita ketahui apa sih penyebab hotspot hp ke laptop yang tidak terbaca.

Koneksi Lemah

Yang pertama adalah pastikan terlebih dahulu koneksi internet hp kamu tidak lelet, karena jika koneksi internet hp kamu lemot maka ini bisa menjadi penyebabnya.

Baca juga: Cara Menghemat Kuota Saat Main Game Online Wajib Dicoba

Wireless Adapter Bermasalah

Permasalahan hotspot hp ke laptop yang tidak terbaca memang tidak melulu hpnya, melainkan bisa saja terjadi justru pada laptopnya.

Karena jika wireless adapter laptop kamu bermasalah itu bisa menyebabkan laptop kamu tidak bisa membaca sinyal hotspothp kamu tersebut.

Beberapa penyebab diatas merupakan penyebab yang paling umun, setelah kita tahu penyebabnya berikut ini cara menyambungkan hotspot hp ke laptop yang tidak terbaca.

1. Restart Ulang Perangkat

Untuk cara mengatasi yang pertama kamu bisa merestart semua perangkat terlebih dahulu sebelum kamu menyambungkanya kembali.

Kelihatanya memang ini sepele tetapi kemungkinan besar bisa membantu mengatasi masalah tersebut.

Untuk merestart hp tentunya kamu sudah pada tahu, cukup tekan dan tahan tombol power>pilih opsi mulai ulang. Pada laptop juga sangat mudah cukup pilih menu start>pilih ikon daya>pilih opsi retsrat.

2. Tingkatkan Kecepatan Internet Hp

Cara menyambungkan hotspot hp ke laptop yang tidak terbaca berikutnya adalah dengan meningkatkan koneksi internet hp terlebih dahulu.

Jika memang sinyal hp kamu rada lemot sebaiknya saya sarankan jangan kamu gunakan untuk hotspot terlebih ke laptop.

Untuk meningkatkan koneksi internet kamu bisa mencari tempat yang lebih banya sinyal, atau juga kalau perlu ganti kartu sim.

Dengan menggunakan kartu sim atau provider yang lebih baik maka koneksi internet tidak lemot lagi.

3. Usahakan Jangan Gunakan Kata Sandi Hotspotnya

Berikutnya kamu bisa menghilangkan kata sandi atau pengaman pada hotspot kamu tersebut. Karena pada beberapa kasus pengaman ini justru menyebabkan kendala seperti itu.

Oleh karena itu saya sarankan untuk menggunakan opsi jaringan terbuka atau tanpa sandi biar lebih mudah.

  • Pertama buka pengaturan.
  • Pilih jaringan.
  • Pilih opsi hotspot, hidupkan dan pilih set up hotspot.
  • Pada opsi keamanan pilih tidak ada.

Nahh setelah melakukan hal diatas kamu bisa mencoba menyambungkanya kembali.

4. Cek Wireless Adapter

Cara menyambungkan hotspot hp ke laptop yang tidak terbaca berikutnya adalah dengan mengecek wireless adapter, nahh untuk mengeceknya saya sarankan jangan dilakukan sendiri.

Jika kamu seorang ahli atau tahu akan cara membongkar laptop kamu bisa melakukanya sendiri, tetapi jika kamu tidak tahu sama sekali jangan dilakukan cara yang satu ini.

Baca juga: Cara Melihat Kecepatan Wifi di Android Paling Akurat

5. Nyalakan Opsi Perbaikan Otomatis

Pada windows 10 terdapat opsi perbaikan otomatis, nahh kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk membantu mengatasi hotspot hp ke laptop yang tidak terbaca.

  • Pertama kamu tekan tombol Windows+i.
  • Pilih opsi Troubleshoot.
  • Berikutnya pilih Internet Connections Troubleshooter .
  • Terakhir klik Run the troubleshooter.

6. Reset Pengaturan Jaringan Hp

Untuk mengatasi masalah hotspot tidak tersambung yang terakhir adalah dengan mereset pengaturan jaringan hp kamu. Untuk cara yang terakhir ini terbilang cukup ampuh untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Berikut cara melakukanya:

  • Pertama pilih pengaturan.
  • Pilih menu reset.
  • Pilih reset jaringan jangan pilih reset pabrik.
  • Ikuti langkah berikutnya.

Nahh demikian beberapa cara menyambungkan hotspot hp ke laptop yang tidak terbaca dengan 6 cara mudah. Semoga tips tadi bisa membantu permasalahan kamu saat ini, semoga bermanfaat terima kasih.

Kenapa hotspot di hp tidak terbaca di laptop?

Penyebab Hotspot HP Tidak Bisa Tersambung ke Laptop Hotspot HP tidak terdeteksi di jaringan WiFi laptop. Ada permasalahan jaringan di laptop. Jaringan hotspot HP masih diatur untuk pribadi. Jangkauan hotspot terlalu jauh untuk dapat terhubung dengan laptop.

Kenapa hp saya tidak bisa hotspot?

Penyebab paling umum terjadi adalah karena error pada sistem Android yang bisa disebabkan karena kesalahan aplikasi. Misalnya jika hp kamu terpasang custom rom, bisa jadi terdapat bug yang menyebabkan ponsel Android kamu tidak bisa berbagi internet melalui fitur Wi-Fi hotspot pribadi.

Bagaimana cara hotspot dari hp vivo ke laptop?

1. Aktifkan Data; 2. Sambungkan ponsel anda ke PC dan buka USB debugging; 3. Setelah koneksi selesai, buka Pengaturan>Hotspot Pribadi>Mode berbagi lainnya>aktifkan bagikan jaringan telepon melalui USB, lalu anda dapat menggunakan internet di PC anda.

Kenapa tidak bisa menggunakan hotspot di iPhone?

Masalah ini bisa disebabkan lantaran APN (Access Point Name) operator seluler belum diatur di iPhone. APN sendiri berfungsi untuk menghubungkan iPhone dengan paket data internet dari operator seluler, sehingga bisa dipakai menjadi hotspot.