Daun apa yang bisa menyembuhkan batuk pada bayi?

BondowosoNetwork.com- Gunakan Daun Ini Untuk Keluarkan Dahak Pada Bayi, Bahan Alami dan Mudah Didapat.

Kalau anak bayi pas kena batuk pilek, pastinya lebih rewel dan nangis terus- menerus karena tidak nyaman. Apalagi bayi juga belum bisa mengeluarkan dahaknya. Sedih, pasti ya.

Sebagai orang tua, tentu kita ingin agar secepat mungkin batuk pileknya sembuh, agar bayi bisa nyaman kembali. Kalau mau dengan cara tradisional, kita bisa menggunakan daun ini. Daun ini sangat mudah didapat di sekitar kita, terutama yang tinggal di daerah pedesaaan.

Daun itu adalah daun Sirih. Jadi, daun sirih ini bisa digunakan untuk mengeluarkan dahak pada anak bayi (balita). Bisa daun sirih apa saja, baik yang sirih merah ataupun hijau. Pilihlah daun yang sudah tua dan lebar. Cukup gunakan 2 lembar saja dalam sekali pakai.

Baca Juga: Menurut Kitab Fathul Izar, Bentuk Miss V Wanita Bisa Dikenali Dari 4 Tanda Berikut: Salah Satunya Bentuk Bibir

Ada 2 cara yang bisa dipilih:

Cara pertama, 2 lembar Daun sirih dipanaskan sampe layu di atas lilin, lalu diolesi transpulmin atau balsem flu bayi lainnya juga bisa, lalu 1 lembar ditempelkan di punggung bayi, dan 1 lembar ditempelkan di dada. Oya, saat memanaskan di atas lilin jangan sampe gosong ya, karna aromanya akan berubah.

Cara Kedua, 2 lembar daun Sirih direbus sampe layu. Lalu saat masih hangat, tempelkan 1 lembar di dada, dan 1 lembar di punggung.

Setelah itu, bayinya ditengkurepin di pangkuan ibu, sambil dielus- elus punggungnya.

"Kalo saya sambil tak uap alami sekalian, jadi di dekat wajah bayi dikasih wadah/mangkok yang sudah berisi air panas mendidih yang ditetesi minyak kayu putih sekitar 3 tetes," kata Dwi Khoirutun Nisa, seorang ibu yang pernah mencoba ramuan alami ini.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa hari terakhir media sosial ramai mengenai postingan maupun link tentang khasiat daun sirih untuk bayi yang batuk pilek. Disebutkan dalam postingan dan link tersebut bahwa menempelkan daun sirih bisa membuat dahak bayi yang sakit keluar.

"Bayi Batuk Pilek Tak Perlu Obat Kimia, Cukup Selembar Daun Sirih Tempel Di Badannya, Ga Lama Dahak Keluar Dari Hidungnya," begitu judul artikel dalam sebuah blog yang ramai dibagikan di media sosial itu.

Dalam blog tersebut, si penulis menyebutkan bahwa bila bayi batuk pilek tak perlu diberi obat. Cukup menempelkan daun sirih yang dipanaskan bisa membuat si Kecil sembuh. Begini salah satu cuplikan tulisan tersebut:

Daun sìrìh ìnì ternyata berkhasìat mapuh mengobatì batuk pìlek lho.

Cara mengolahnya juga tìdak susah:

1. Panaskan daun sìrìh pd apì lìlìn

2. Sebaìknya 2 helaì, sehelaì untuk dada sehelaì letak dì punggung bayi

3. Setelah layu letakkan balsm/vìcks pd daun sìreh

4Letakkan daun sìrìh dì dada baby dan belakang babyTak lama kemudìan baby akan bersìn..haaaa..keluar cendol hìjau. Baby pun merasa kelegaan, maaf kalau gambarnya jorok.

Tanggapan Pakar

Health Liputan6.com bertanya kepada dokter spesialis anak Trully Kusumawardhani mengenai manfaat daun sirih untuk batuk pilek. Menurut Trully hingga saat ini belum ada bukti dengan meletakkan daun sirih di dada dan punggung bayi bisa menyembuhkan batuk pilek pada bayi.

"Pada prinsipnya dari medis belum ada bukti ilmiah terkait hal tersebut," kata Trully.

Di dunia pengobatan medis, segala sesuatu harus melalui uji klinis ilmiah. Pengujian pun dilakukan dengan banyak tahap.

"Jadi, tidak dan belum ada rekomendasi pemakaian daun sirih terhadap kasus pilek," tekan Trully lagi.

Saksikan juga video menarik berikut

Bocah asal India ini bermain peluit kecil dan tanpa sengaja menghirupnya. Saat itulah, batuk 'bersiul' dimulai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Penjelasan:

Beredar di situs online yang mengunggah berita informasi terkait artikel yang berjudul, "Bayi Batuk Pilek Tak Perlu Obat Kimia, Cukup Selembar Daun Sirih Tempel di Badannya, Ga Lama Dahak Keluar Dari Hidungnya."

Faktanya menurut dokter spesialis anak Trully Kusumawardhani, hingga saat ini belum ada bukti dengan meletakkan daun sirih di dada dan punggung bayi bisa menyembuhkan batuk pilek pada bayi. Di dunia pengobatan medis, segala sesuatu harus melalui uji klinis ilmiah. Pengujian pun dilakukan dengan banyak tahap.

KATEGORI: DISINFORMASI

Link Counter:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4108471/cek-fakta-bayi-batuk-pilek-tak-perlu-obat-kimia-cukup-selembar-daun-sirih?medium=Headline&campaign=Headline_click_1

https://www.merdeka.com/sehat/benarkah-daun-sirih-bisa-bantu-mengatasi-batuk-pilek-pada-anak.html

Daun apa untuk mengobati batuk pada bayi?

Daun saga banyak dipercaya sebagai obat batuk alami untuk anak. Ekspektoran ini dapat membantu mengeluarkan dahak dan melegakan tenggorokan.

Daun apa yang bisa mengeluarkan lendir pada bayi?

Daun Sirih Hebat begini cara mudah mengeluarkan dahak anak yang pertama adalah dengan memanfaatkan daun sirih. Kamu hanya perlu mengukur beberapa lembar daun sirih, kemudian balurkan pada dada anak.

Apa obat tradisional untuk batuk pilek pada bayi?

Berikut upaya sederhana yang bisa orang tua lakukan di rumah untuk mengatasi batuk pilek pada balita secara alami..
Berkumur dengan air garam. ... .
Memberi madu. ... .
Membuat perasan kunyit. ... .
Perbanyak konsumsi air putih. ... .
Gunakan minyak esensial. ... .
6. Tinggikan kepala anak saat tidur. ... .
7. Tambahkan kelembapan dengan humidifer..

Bagaimana cara agar batuk bayi cepat sembuh?

Cara Mengatasi Batuk pada Bayi yang Aman.
Memberikan Air Susu Ibu (ASI) ASI mengandung zat pembentuk kekebalan tubuh yang dapat memperkuat daya tahan tubuh bayi dalam melawan infeksi. ... .
Meneteskan cairan saline. ... .
Memberikan uap hangat. ... .
Memberikan minuman hangat..