Cek paket kantor pos sudah sampai mana

Liputan6.com, Jakarta - Melakukan pengecekan pengiriman barang dengan Pos Indonesia mudah sekali dilakukan. Cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum bisa dilakukan melalui aplikasi resmi Pos Indonesia di QPosin Aja dan melalui website resmi Pos Indonesia di posindonesia.co.id.

Cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum harus dilakukan dengan mengetahui nomor resi paket atau barang yang dikirimkan. Umumnya pengirim akan menerima nomor resi setelah menyerahkan barang yang akan dikirim kepada petugas di kantor Pos Indonesia.

Jasa kirim Pos Indonesia merupakan layanan milik negara atau BUMN yang sudah berdiri sejak 26 Agustus 1746. Inilah mengapa seiring berjalannya waktu, cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum semakin mudah dilakukan. Lalu bagaimana langkah-langkahnya?

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum, lengkap arti status pengiriman dan kelebihan jasanya, Selasa (21/6/2022).

Tim Cek Fakta liputan6.com mendapat beredar pesan berantai yang mengklaim PT Pos Indonesia bagi-bagi hadiah sampai 5 juta rupiah. Tapi ternyata, kabar ini dibantah pihak PT Pos Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Ilustrasi ponsel | cottonbro dari Pexels

Apabila ingin memahami cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum, pertama harus memahami nomor resi pengirimannya. Apa itu nomor resi?

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan nomor resi atau resi adalah tanda terima secara tertulis (tentang surat, paket, uang kiriman).

Pos Indonesia untuk cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum, pahami nomor resi terdiri dari 11 digit angka. Nomor resi dapat ditemukan di bagian nomor barcode atau nomor pengiriman.

Penerima bisa mendapatkan nomor resi dari pengirim barang di Pos Indonesia. Sementara pengirim bisa mendapatkan nomor resi sebagai cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum saat menyerahkan barang kepada petugas.

Pengirim akan menerima bukti pengiriman berupa kertas dengan isi detail informasi pengiriman barang berserta nomor resi. Lokasi nomor resi sebagai cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum ada di bagian kanan atas, nomor barcode atau biasanya tertulis nomor kiriman.

Bagaimana cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum dengan nomor resi tersebut?

1. Cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum adalah mulai dengan mencari nomor resi (No Kiriman/No Barcode) pada bukti pengiriman paket.

2. Setelah itu, cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum adalah masukkan nomor resi pada kotak pencarian status melalui aplikasi QPosin Aja atau melalui website resmi Pos Indonesia di posindonesia.co.id/id/tracking

3. Klik tombol “Cek Resi” di sebelah kanan pada aplikasi atau di bawah kolom pengisian resi sebagai cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum.

4. Kemudian cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum, pahami bahwa posisi barang atau status kiriman akan ditampilkan di bawah kotak pencarian tersebut.

5. Cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum mudah sekali bukan? Cobalah cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum dengan memasukkan no resi lain untuk tracking paket yang lain.

Status Pegiriman dan Kelebihan Menggunakan Pos Indonesia

Ilustrasi ponsel. (Sumber foto: Pexels.com).

Apabila sudah memahami cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum, kemudian pahami status pengiriman yang tertera pada detail informasinya.

Ini penjelasan status pengiriman setelah cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum dilakukan yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Posting Loket

Arti status pengiriman cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum dari posting loket adalah kiriman sudah diterima di loket dan akan segera diproses pada pengiriman ke tempat tujuan.

2. Manifest Terima

Arti status pengiriman cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum dari manifest terima adalah kiriman sudah di terima pada suatu bagian dari Kantor Pos yang bertugas menyalurkan Kiriman Pos untuk di lanjukan ke Proses selanjutnya.

3. Manifest Serah

Arti status pengiriman cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum dari manifest serah adalah kiriman sedang diteruskan atau dalam proses diantar ke cabang kantor Pos tujuan.

4. Proses Antar

Arti status pengiriman cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum dari proses antar adalah Kiriman sedang dibawa kurir untuk diteruskan pada penerima.

5. Selesai Antar

Arti status pengiriman cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum dari selesai antar adalah paket telah serahkan kuri pada penerima, dan pengiriman telah sukses.

6. Gagal Antar

Arti status pengiriman cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum dari selesai antar adalah kiriman gagal diantar pada hari tersebut dan akan dikirim keesokan harinya. Gagal antar dapat terjadi jika kurir tidak dapat menemukan alamat tujuan, penerima tidak ada di tempat, atau terdapat masalah di perjalanan.

7. Antar Ulang

Arti status pengiriman cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum dari antar ulang adalah kiriman yang gagal diantar akan diantar kembali keesokan harinya.

Lalu apa kelebihan mengirim barang dengan Pos Indonesia? Ini penjelasannya yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Terpercaya Sejak Tahun 1746

Pos Indonesia telah ada sejak zaman penjajahan Belanda, tepatnya pada tahun 1746. Melihat sepak terjang Pos Indonesia yang sudah lebih dari 200 tahun, membuat banyak orang tak meragukan lagi pelayanan dari Pos Indonesia.

2. Standar Harga Pengiriman Jelas

PT Pos Indonesia memiliki standar harga pengiriman yang jelas untuk setiap daerah. Masyarakat dapat melihat langsung tarif pengiriman Pos sesuai daerah tujuan di laman Pos Indonesia. Tarif pengiriman juga disesuaikan dengan jarak dan jenis layanan yang dipilih.

3. Cepat dan Aman

Pengiriman oleh Pos Indonesia dilakukan setiap hari dari ke seluruh wilayah di Tanah Air. Hal ini tentu membuat proses pengiriman menjadi lebih cepat.

Selain itu salah satu layanan yang diberikan oleh Pos Indonesia untuk menjamin keamanan barang kiriman adalah dengan menyediakan fasilitas cek kiriman secara online.

Cara cek paket pos sampai dimana?

Cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum: buka laman Pos. Seteleh mendapatkan nomor barcode/kiriman buka laman resmi Pos Indonesia Posindonesia.co.id. pada bagian kiri atas akan terdapat panel lacak kiriman.

Berapa lama pengiriman barang melalui kantor pos?

Pos Ekspor, estimasi waktu pengiriman H+4 sampai H+8 hari paket sampai ke tujuan. Paket Pos Cepat Internasional, estimasi waktu pengiriman H+6 sampai H+10 hari. Pos Registered Internasional, estimasi waktu pengiriman H+6 sampai H+10 hari. e-Packet sama, estimasi waktu pengiriman H+6 sampai H+10 hari.

Bagaimana cara menghubungi kurir POS Indonesia?

Kontak.
Apabila Anda ingin mengirimkan kontak melalui form kontak, silahkan register / login di website kami. atau Anda bisa kontak kami melalui media berikut:.
Halopos 1500161..
Livechat: VIDAPOS..
Telegram: @posindonesia_officialbot..
Line: @posindonesia..

Kenapa paket kantor pos tidak bergerak?

Paket POS Tidak Bergerak Karena Pengiriman Overload Keterbatasan petugas ataupun kapasitas maksimal paket yang bisa ditangani menjadi penyebab utama mengapa timbul antrian. Pada umumnya membutuhkan waktu 1 hari kerja supaya paket kamu bisa dimasukkan ke sistem dan dijadwalkan keberangkatannya.