Cara meredakan hidung tersumbat secara alami

ilustrasi flu. ©villagepharmacyhampstead.com

Merdeka.com - Cara mengatasi hidung tersumbat bisa dilakukan dengan beberapa metode alami. Hidung tersumbat merupakan kondisi yang cukup mengganggu. Sebab, selain menyebabkan kesulitan bernapas, hidung tersumbat juga terkadang bisa menyebabkan sakit kepala.

Hidung tersumbat bisa disebabkan karena berbagai macam hal. Salah satunya iritasi karena menghirup polusi udara, baik dari asap kendaraan atau paparan asap rokok. Hidung tersumbat terjadi karena adanya peradangan di saluran pernapasan sehingga struktur di dalam hidung mengalami pembengkakan. Kondisi ini biasanya terjadi akibat flu (selesma), alergi, maupun infeksi sinus (sinusitis).

Kebanyakan orang akan mengonsumsi obat flu untuk meredakan hidung tersumbat. Padahal masih banyak cara-cara yang lebih alami untuk mengatasinya. Berikut cara menghilangkan hidung tersumbat secara alami dan mudah dilakukan dilansir dari Klikdokter dan berbagai sumber, Kamis (22/7/2021):

2 dari 4 halaman

Cara Atasi Hidung Tersumbat Secara Alami

1. Hirup Uap

Cara menghilangkan hidung mampet berikutnya adalah dengan menghirup uap panas dari air rebusan. Anda dapat menggunakan air biasa atau air yang sudah dicampurkan herbal, misalnya daun mint, atau diteteskan dekongestan alami, seperti minyak kayu putih.

Agar lebih praktis, anda bisa menggunakan balsam yang mengandung bahan alami seperti eucalyptus oil, menthol dan camphor. Caranya dengan mencampurkan 2 sendok teh balsam ke air hangat, lalu hirup uapnya selama 10-20 menit.

©Presented by Vicks

2. Mandi Air Hangat

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat ialah dengan mandi menggunakan air hangat. Meski tidak menjamin akan menghilangkan hidung mampet seutuhnya, mandi air hangat akan membuat Anda merasa lebih nyaman selama beberapa saat. Hal ini dikarenakan air hangat bisa membantu mengencerkan lendir serta mengurangi peradangan di sinus.

Agar tubuh terasa lebih hangat dan nyaman, Anda juga bisa menggosokkan balsam yang mengandung camphor, eucalyptus oil, dan menthol pada pada area dada, leher, serta punggung.

3. Perbanyak Air Putih

Hidrasi atau kecukupan cairan adalah satu di antara kunci untuk mengatasi hidung tersumbat. Jadi, pastikan Anda selalu mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup setiap hari, khususnya saat hidung sedang mampet.

Cairan akan membantu mengatasi peradangan serta mengencerkan dahak sehingga pernapasan akan terasa lebih lega. Anda dapat menggunakan air dengan suhu biasa atau air hangat.

4. Semprot Hidung dengan Air Garam

Langkah lain untuk mengatasi hidung tersumbat adalah melakukan semprot hidung dengan air garam. Anda dapat menggunakan produk nasal saline spray yang memang mengandung air garam (saline). Cairan garam dapat membantu mengencerkan lendir serta melembapkan saluran pernapasan.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba berkumur dengan air garam. Berkumur dengan air garam merupakan satu di antara cara mudah mengatasi hidung tersumbat, khususnya bila disertai keluhan lendir kental di belakang tenggorokan.

3 dari 4 halaman

5. Pakai Minyak Kayu Putih

©Shutterstock

Melansir Medical News Today, minyak kayu putih dibuat dari daun pohon eukaliptus. Menghirup minyak kayu putih dapat mengurangi peradangan pada lapisan hidung dan mempermudah pernapasan. Cukup tempatkan beberapa tetes minyak ke dalam panci berisi air mendidih dan hirup uapnya.

6. Keringkan Sinus

Berikutnya, Anda bisa mencoba membersihkan lubang hidung yang tersumbat dengan neti pot. Neti pot adalah wadah yang dirancang untuk mengeluarkan lendir dan cairan dari saluran hidung. Penggunaan neti pot direkomendasikan untuk memakai air suling atau steril sebagai pengganti air keran. Berikut cara menggunakan neti pot:

-Berdirilah dengan kepala di atas wastafel 2. - Tempatkan cerat neti pot di salah satu lubang hidung
-Miringkan neti pot sampai air masuk ke saluran hidung
-Setelah air mengalir ke lubang hidung, air akan keluar melalui lubang hidung yang lain dan mengalir ke bak cuci
-Lakukan ini selama sekitar satu menit, lalu ganti sisi

7. Konsumsi Makanan Hangat

Mngonsum makanan hangat seperti sup juga dapat membantu mengurangi keluhan hidung tersumbat. Uap yang keluar dari sup bisa melegakan saluran pernapasan Anda.

4 dari 4 halaman

8. Minum Air Rebusan Jahe

©2021 Merdeka.com

Jahe juga bisa dimanfaatka untuk menghilangkan hidung tersumbat. Sebab, jahe memiliki sifat anti-bakteri yang menghangatkan.  Hal ini menjadikan konsumsi jahe mampu melegakan hidung tersumbat dengan efektif.

Ambil satu sendok makan jahe segar parut. Letakkan dalam mangkuk air panas mendidih. Biarkan selama lima menit. Saring air menjadi secangkir air jahe hangat. Tambahkan satu sendok makan perasan lemon segar dan satu sendok makan madu.

9. Cuka Apel

Satu di antara khasiat dari cuka apel yakni dapat melegakan hidung tersumbat. Banyak ahli gizi berpendapat bahwa cuka sari apel bagus untuk mencegah batuk dan pilek karena ampuh encerkan lendir. Hanya saja, banyaknya cuka apel yang bisa dikonsumsi harus diperhatikan. Tidak boleh terlalu banyak.

10. Teh Herbal

Selain cuka apel, ada pula teh herbal yang  bisa dipakai sebagai cara menghilangkan hidung tersumbat. Teh ini dibuat dari jahe, chamomile, atau lemon. Bahan ini sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan sensasi hangatnya mampu legakan saluran pernapasan.

[khu]

Apa yang harus dilakukan jika hidung tersumbat?

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat.
Menjaga Suhu Tubuh Tetap Hangat. ... .
Menghirup Uap Hangat. ... .
Menggunakan Pelembap Udara. ... .
Minum Air Putih Lebih Banyak. ... .
Keluarkan Lendir di Hidung. ... .
Menggunakan Dekongestan. ... .
Mandi dengan Air Hangat. ... .
Mengonsumsi Obat Antihistamin..

Apa yg di pijat saat hidung tersumbat?

Letakkan ibu jari dan jari telunjuk di pangkal hidung. Temukan ruang antara hidung dan sudut mata bagian dalam, dan berikan tekanan sedang pada area tersebut selama 15 detik. Kemudian, terus tekan dengan ibu jari dan jari telunjuk ke bagian bawah di sepanjang sisi hidung. Lakukan pijatan selama kurang lebih 30 detik.

Apa obat alami pilek hidung tersumbat?

Obat Alami untuk Hidung Tersumbat.
Minum Air Putih Hangat. Minum air putih hangat bisa membantu mengencerkan lendir yang menyumbat saluran hidung, mencegah dehidrasi, serta meredakan peradangan di jaringan hidung dan tenggorokan..
2. Bawang Putih. ... .
Madu. ... .
4. Teh Hijau. ... .
Jahe. ... .
6. Daging Rendah Lemak. ... .
7. Daun Mint. ... .
8. Lemon..

Apakah minyak kayu putih bisa meredakan hidung tersumbat?

Minyak kayu putih sejak dulu dipercaya bisa mengatasi berbagai gangguan pernapasan, salah satunya meredakan hidung tersumbat. Cara mengatasi hidung tersumbat menggunakan minyak kayu putih bisa digunakan dengan cara dihirup langsung, atau mencampurkannya ke air panas lalu dihirup.