Cara Mengatasi kaki pegal saat hamil di malam hari

Kaki pegal adalah gangguan kesehatan yang bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Foto: Pexels.com

Kaki pegal di malam hari adalah kondisi yang bisa disebabkan oleh banyak hal. Pada umumnya, gangguan ini bukanlah kondisi yang serius dan bisa ditangani dengan berbagai macam cara mengatasi kaki pegal di malam hari.

Kaki pegal adalah kondisi yang ditandai dengan munculnya rasa sakit yang tumpul dan berdenyut pada bagian kaki, mulai dari tumit, jari, pergelangan kaki, hingga betis. Munculnya rasa pegal pada bagian kaki bisa diakibatkan oleh beberapa kondisi dan gangguan kesehatan.

Kaki pegal yang muncul di malam hari dapat mengganggu tidur dan kondisi kekurangan tidur bisa memperburuk rasa sakit. Untuk itu, seseorang dengan kondisi ini perlu segera mengatasinya.

Ada sejumlah cara mengatasi kaki pegal di malam hari. Simak berbagai cara untuk menangani kaki pegal di malam hari dalam artikel ini.

Penyebab Kaki Pegal Saat Malam Hari

Kaki pegal di malam hari bisa disebabkan oleh berbagai macam kondisi dan gangguan. Mengutip dari jurnal Understanding the Nature and Mechanism of Foot Pain oleh Fiona Hawke dan Joshua Burns, dkk, berikut beberapa kondisi dan gangguan yang bisa menyebabkan kaki sakit dan pegal di malam hari:

  • Fasciitis plantar, yakni nyeri dan gangguan peradangan pada bagian plantar fascia yang disebabkan oleh peregangan, ketegangan, dan gangguan pada otot.

  • Neuroma morton, yakni gangguan menyakitkan pada sekitar saraf di jari aki yang menyebabkan sensasi terbakar dan menusuk pada bagian tersebut.

  • Kehamilan. Selama kehamilan, tubuh ibu hamil memproses kalsium secara berbeda. Perubahan kadar kalsium ini dapat menyebabkan kram dan rasa nyeri pada bagian kaki.

  • Diabetes adalah gangguan yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Kondisi ini bisa merusak sistem saraf, termasuk saraf di bagian kaki yang bisa menyebabkan kaki terasa pegal dan kesemutan.

  • Fibromyalgia adalah kondisi nyeri pada otot yang meluas yang menyebabkan rasa sakit dan kekakuan, termasuk pada bagian kaki. Pada malam hari, kadar hormon kortisol yang rendah bisa memperburuk gejala pegal pada kaki akibat kondisi ini.

  • Saraf terjepit adalah kondisi ketika beberapa saraf tertekan. Tekanan yang terjadi pada saraf di punggung dan pergelangan kaki bisa menyebabkan kaki terasa pegal.

  • Kebiasaan dan gaya hidup, seperti duduk terlalu lama, berdiri, berjalan atau berlari dalam waktu yang lama, berat badan yang berlebihan, dan posisi tidur tertentu bisa menyebabkan rasa pegal dan nyeri di bagian kaki.

  • Struktur anatomi kaki tertentu bisa menyebabkan kaki mudah pegal, seperti kaki dengan kelengkungan yang tajam, dan lain-lain.

Cara Mengatasi Kaki Pegal di Malam Hari

Ada banyak cara mengatasi kaki pegal di malam hari, mulai dari merendam kaki hingga minum obat antinyeri. Foto: Pexels.com

Ada beberapa cara mengatasi kaki pegal di malam hari. Cara ini bisa membantu meringankan gejala nyeri dan pegal pada bagian kaki. Berikut berbagai pilihan cara untuk mengatasi kaki pegal di malam hari.

1. Rendam kaki

Rendam kaki dengan air dingin bisa menjadi solusi sederhana untuk mengatasi pegal. Cara ini bisa membantu mengurangi rasa sakit, nyeri otot, serta pembengkakan dan peradangan pada bagian kaki.

Cobalah menambahkan garam Epsom ke dalam air rendaman untuk mengurangi rasa pegal secara efektif. Rendamlah kaki ke dalam campuran ini selama 20 menit untuk mengurangi gejalanya.

2. Lakukan Peregangan

Duduk dan berbaring diam bisa memperburuk rasa sakit. Cobalah beberapa peregangan untuk meregangkan otot kaki, sehingga sirkulasi darah lebih lancar dan rasa pegal pun akan ikut berkurang.

Ada beberapa peregangan yang mungkin akan membantu mengurangi rasa sakit. Contohnya adalah:

  1. Melenturkan jari-jari kaki kemudian memutar setiap jarinya selama beberapa detik

  2. Berjinjit dan menapak secara perlahan. Lakukan 10 detik sekali untuk mengurangi rasa sakit

  3. Posisikan kaki seperti berjinjit. Jadikan jari-jari sebagai penyangga dan tahan 5 detik. Kemudian, putarlah pergelangan kaki secara perlahan

  4. Arahkan jari-jari ke atas lalu tahan selama 10 detik kemudian kembalikan ke posisi semula

3. Cobalah Achilles Stretch

Achilles stretch adalah latihan penguatan untuk melatih tendon yang menghubungkan otot betis dan tumit. Caranya sangatlah mudah, yaitu:

  1. Posisikan badan menghadap tembok kemudian posisikan kedua telapak tangan di tembok

  2. Setelah itu, geserlah salah satu kaki ke belakang. Saat menggeser, usahakan pinggul tetap berada di depan sehingga terasa tarikan pada bagian betis

  3. Posisikan satu kaki yang di depan dengan menekuknya sebagian. Pastikan telapak kaki menempel ke lantai

  4. Tahan posisi ini selama 30 detik sebelum berganti kaki lainnya untuk melakukan tahapan yang sama

4. Memijat Kaki

Salah satu cara mengatasi kaki pegal di malam hari adalah memberikan pijatan lembut pada bagian kaki. Foto: Pexels.com

Cara mengatasi kaki pegal di malam hari selanjutnya adalah memberikan pijatan lembut pada bagian kaki. Cara ini bisa membantu meningkatkan sirkulasi dan meredakan ketegangan pada otot dan jaringan pada kaki, sehingga rasa pegal pun berkurang.

Duduklah di kursi dengan nyaman dan cobalah berikan pijatan lembut pada bagian kaki. Gunakan lotion atau minyak pijat untuk mempermudah memijat kaki.

Penderita juga bisa mencoba produk, seperti rol kaki yang bertekstur untuk membantu memijat kaki. Dengan begitu, sirkulasi darah semakin lancar dan rasa pegal pada kaki akan ikut berkurang.

5. Kompres Dingin

Kompres dingin bisa membantu meredakan rasa pegal-pegal pada kaki. Jika pegal pada kaki disertai dengan rasa nyeri yang menyengat, cobalah untuk menempatkan kompres es pada bagian kaki.

Hal ini dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa nyeri pada bagian kaki. Kompres kaki dengan es batu yang dibalut kain bersih ke bagian kaki selama 5-15 menit beberapa kali dalam sehari untuk mengurangi gejala pegal-pegal pada kaki.

6. Minum Air

Minum air dapat membantu tubuh untuk tetap terhidrasi. Menjaga tubuh tetap terhidrasi bisa mencegah gejala pegal-pegal menjadi lebih buruk. Cairan dalam tubuh juga bisa membantu mengurangi pembengkakan dalam tubuh yang menimbulkan rasa nyeri.

7. Akupuntur

Akupuntur bisa menjadi solusi untuk mengatasi pegal di kaki. Akupuntur sendiri bisa membantu mengatasi rasa sakit, pegal, dan nyeri di kaki.

Dikutip dari studi Manual Acupuncture for Treatment of Diabetic Peripheral Neuropathy oleh Wei Chen, dkk, terapi akupuntur bisa membantu mengobati neuropati perifer dengan meredakan rasa nyeri dan pegal di bagian tubuh mana pun.

Jika nyeri dan pegal di kaki berlangsung dengan lama dan mengganggu tidur, cobalah melakukan terapi akupuntur untuk mengurangi gejalanya.

8. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Minum obat antinyeri, seperti parasetamol dan obat golongan antiinflamasi nonsteroid (NSAID) bisa membantu mengurangi rasa pegal dan sakit pada kaki. Obat-obat ini bisa menghambat produksi prostaglandin yang bertanggung jawab atas rasa nyeri serta peradangan dalam tubuh.

Obat-obat ini dapat diperoleh secara bebas di apotek. Perhatikan dosis, aturan pakai, dan efek samping dari obat sebelum menggunakannya.

Itulah ragam cara mengatasi kaki pegal di malam hari. Jika rasa pegal disertai dengan gejala flu, luka terinfeksi, hingga mati rasa atau rasa pegal tak kunjung hilang dalam beberapa minggu, cobalah untuk periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab dan penanganan yang sesuai untuk mengatasi rasa pegal di kaki.

Artikel ini telah direview oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

Kenapa kaki bumil sering pegal saat tidur?

Penyebab kaki pegal saat hamil Bertambahnya berat badan. Perubahan bentuk tubuh. Tekanan pada saraf kaki. Buruknya sirkulasi darah pada kaki.

Bagaimana cara mengatasi kaki pegal saat mau tidur?

Cara Mengatasi Kaki Pegal.
Lakukan Peregangan. Mengutip dari healthline.com, latihan peregangan bisa membantu meredakan pegal di kaki. ... .
2. Rendam Kaki di Air Hangat. ... .
Memijat Kaki. ... .
4. Ganti Sepatu. ... .
Pakai Es. ... .
6. Minum Obat Pereda Nyeri. ... .
7. Salep Pereda Nyeri Otot. ... .
Minum Air Putih..

Kenapa tidak bisa tidur karena kaki terasa pegal?

Selain kekelahan, alasan kenapa kaki pegal di malam hari terkadang juga bisa berasal dari penyakit diabetes, rematik, kelebihan berat badan, radang sendi, atau cedera.

Bagaimana cara menghilangkan pegal di kaki saat hamil?

Tips Mengatasi Pegal-pegal Selama Hamil.
Mandi air hangat. Mandi air hangat diketahui dapat mengurangi rasa pegal di tubuh selama masa kehamilan. ... .
Pijat kehamilan. ... .
3. Gunakan penyangga perut khusus ibu hamil. ... .
4. Lakukan olahraga ringan. ... .
Tidur dengan posisi menyamping. ... .
6. Konsumsi obat penghilang rasa sakit..