Cara membuat grafik Ranking di Excel

  • Tips Excel
  • Fungsi Excel
  • Excel Rumus
  • Charts Excel
  • Tip Kata
  • Tips Outlook

Saat kita menyisipkan grafik untuk menampilkan data secara lebih visual, data pada grafik akan ditempatkan dalam urutan seperti pada rentang data. Tapi tahukah Anda cara membuat bagan dalam urutan peringkat seperti gambar di bawah ini yang ditunjukkan di Excel? Di sini, saya akan memberi tahu Anda metodenya.

Buat grafik dalam urutan peringkat


Buat grafik dalam urutan peringkat

Untuk membuat bagan dalam urutan peringkat, Anda hanya perlu mengurutkan data asli terlebih dahulu, lalu membuat bagan datanya.

1. Pilih data yang Anda gunakan untuk membuat grafik, dan klik Data > Jenis. Lihat tangkapan layar:

2. Dalam Jenis dialog, tentukan kolom yang ingin Anda urutkan, kriteria yang ingin Anda urutkan, dan urutan yang Anda inginkan. Lihat tangkapan layar:

3. klik OK. Data telah diurutkan berdasarkan terkecil hingga terbesar.

4. Lalu klik Menyisipkan > Sisipkan Kolom or Grafik batang dan pilih grafik yang Anda butuhkan.

Kemudian grafik peringkat telah dibuat.


Alat Produktivitas Kantor Terbaik

Kutools for Excel Memecahkan Sebagian Besar Masalah Anda, dan Meningkatkan Produktivitas Anda hingga 80%

  • Reuse: Masukkan dengan cepat rumus, bagan yang kompleks dan apa pun yang pernah Anda gunakan sebelumnya; Enkripsi Sel dengan kata sandi; Buat Milis dan mengirim email ...
  • Super Formula Bar (dengan mudah mengedit beberapa baris teks dan rumus); Membaca Tata Letak (membaca dan mengedit sel dalam jumlah besar dengan mudah); Tempel ke Rentang yang Difilter...
  • Gabungkan Sel / Baris / Kolom tanpa kehilangan Data; Pisahkan Konten Sel; Gabungkan Baris / Kolom Duplikat... Mencegah Sel Duplikat; Bandingkan Rentang...
  • Pilih Duplikat atau Unik Baris; Pilih Baris Kosong (semua sel kosong); Temukan Super dan Temukan Fuzzy di Banyak Buku Kerja; Pilih Acak ...
  • Salinan Tepat Beberapa Sel tanpa mengubah referensi rumus; Buat Referensi Otomatis ke Beberapa Lembar; Sisipkan Poin, Kotak Centang, dan lainnya ...
  • Ekstrak Teks, Tambahkan Teks, Hapus berdasarkan Posisi, Hapus Space; Membuat dan Mencetak Subtotal Paging; Konversi Konten Antar Sel dan Komentar...
  • Filter Super (simpan dan terapkan skema filter ke sheet lain); Penyortiran Lanjutan menurut bulan / minggu / hari, frekuensi dan lainnya; Filter Khusus dengan huruf tebal, miring ...
  • Gabungkan Workbooks dan WorkSheets; Gabungkan Tabel berdasarkan kolom kunci; Pisahkan Data menjadi Beberapa Lembar; Konversi Batch xls, xlsx dan PDF...
  • Lebih dari 300 fitur canggih. Mendukung Office / Excel 2007-2019 dan 365. Mendukung semua bahasa. Penerapan yang mudah di perusahaan atau organisasi Anda. Fitur lengkap uji coba gratis 30 hari. Jaminan uang kembali 60 hari.


Tab Office Membawa antarmuka Tab ke Office, dan Membuat Pekerjaan Anda Jauh Lebih Mudah

  • Aktifkan pengeditan dan pembacaan tab di Word, Excel, PowerPoint, Publisher, Access, Visio, dan Project.
  • Buka dan buat banyak dokumen di tab baru di jendela yang sama, bukan di jendela baru.
  • Tingkatkan produktivitas Anda hingga 50%, dan kurangi ratusan klik mouse untuk Anda setiap hari!

komentar (0)

Belum ada peringkat. Jadilah yang pertama memberi peringkat!

Rumus ranking excel. Cara membuat, menentukan serta mencari ranking atau peringkat nilai pada microsoft excel menggunakan fungsi Rank, Rank.AVG dan Rank.EQ.

  1. Menentukan Rangking di Excel
  2. Fungsi Excel Rank
  3. Fungsi Excel Rank.EQ
  4. Fungsi Excel Rank.AVG

Menentukan Rangking di Excel

Rumus ranking excel - Bagaimana cara merangking atau membuat ranking di excel? Microsoft Excel telah menyediakan fungsi RANK untuk mencari dan menentukan ranking atau peringkat sebuah nilai pada sekelompok daftar nilai angka.

Mulai versi Ms. excel 2010, microsoft excel mulai memperkenalkan fungsi RANK.AVG dan fungsi RANK.EQ sebagai alternatif pengganti fungsi RANK excel. Meskipun demikian kita masih bisa menggunakan fungsi RANK excel ini sampai versi terakhir saat ini.

Untuk itu jangan heran jika anda masih memakai Ms. Excel 2007 ke bawah maka Anda tidak akan menemukan fungsi RANK.EQ dan RANK.AVG.

Tutorial excel kami kali ini akan membahas ketiga fungsi excel tersebut.

Pada dasarnya ketiga fungsi excel (RANK, RANK.AVG dan RANK.EQ) ini digunakan untuk membuat ranking di excel atau mencari ranking serta peringkat nilai (angka) yang relatif terhadap sekelompok daftar nilai.

Jika anda memiliki sebuah daftar nilai misalnya, maka seolah-olah ketiga fungsi excel ini akan mengurutkan daftar nilai tersebut baik secara ascending maupun descending.

Untuk lebih memahami cara kerja perankingan atau pemeringkatan ketiga fungsi ini dalam rumus excel, silahkan membuat tabel data seperti berikut:

Apabila sudah anda lakukan, sekarang mari kita bahas ketiga fungsi ini satu persatu untuk membuat ranking serta menentukan rangking atau peringkat nilai pada excel.

Fungsi RANK Excel

Pada microsoft excel fungsi RANK adalah rumus yang digunakan untuk menentukan ranking atau membuat peringkat sebuah nilai pada sekelompok daftar nilai tertentu.

Sederhananya Fungsi RANK adalah fungsi excel untuk merangking sebuah nilai.

Cara Menggunakan Fungsi RANK

Penulisan rumus RANK mengikuti aturan sebagai berikut:

RANK(Angka;Referensi;[order])

Keterangan :

  • Angka : Merupakan nilai angka yang akan kita cari ranking atau peringkatnya.
  • Referensi : Merupakan sekumpulan nilai angka dapat berbentuk array, referensi sel atau daftar angka sebagai acuan perankingan atau pemeringkatan.
  • [order] : angka 0 atau 1 sebagai acuan pengurutan daftar nilai (Referensi) untuk menentukan ranking atua peringkat.
    - Jika bernilai 0 atau dikosongkan maka daftar nilai seolah-olah akan diurutkan secara descending atau menurun.
    - Jika bernilai 1 maka daftar nilai akan diurutkan secara ascending atau dalam urutan naik.

Contoh Fungsi RANK pada Rumus Excel

Pada contoh tabel di atas tuliskan rumus excel berikut pada cell D2:

=RANK(C2;$C$2:$C$11;0)

Pada rumus excel tersebut nilai yang akan kita cari rankingnya adalah cell C2 (90) dengan refrensi daftar nilai $C$2:$C$11. Kenapa ada tanda $ pada rumus excel? ini bertujuan agar saat kita copykan ke bawah rumus tersebut, range data atau daftar nilai tersebut tidak berubah.

Setelah menuliskan rumus excel tersebut copy atau gunakan auto fill untuk sel-sel dibawahanya (D3 sampai D11).

Hasilnya akan seperti gambar di bawah ini:

Dari hasil penggunaan rumus Rank excel diatas kita peroleh peringkat nilai pertama adalah siswa dengan nomor urut 2, peringkat kedua adalah siswa dengan nomor urut 1 dan seterusnya.

Fungsi RANK.EQ Excel

Fungsi RANK.EQ akan menghasilkan rangking atau pemeringkatan nilai yang sama seperti yang dihasilkan oleh fungsi RANK. Karena memang pada dasarnya fungsi ini merupakan fungsi pengganti untuk fungsi RANK.

Cara Menggunakan Fungsi RANK.EQ :

Sintaksis penulisan fungsi Rank.EQ pada rumus excel adalah sebagai berikut:

RANK.EQ(Number; Referensi; [order])

Keterangan :

Argument dari fungsi RANK.EQ sama dengan fungsi RANK sebelumnya.

  • Number : Merupakan nilai angka yang akan kita cari ranking atau peringkatnya.
  • Referensi : Merupakan referensi perangkingan yang berbetuk sekelompok nilai angka berupa array, referensi range atau daftar angka sebagai acuan perankingan atau pemeringkatan.
  • [order] : Angka 0 atau 1 sebagai acuan pengurutan daftar nilai (Referensi) untuk menentukan ranking atua peringkat.
    - Jika bernilai 0 atau dikosongka maka daftar nilai seolah-olah akan diurutkan secara descending atau menurun.
    - Jika bernilai 1 maka daftar nilai akan diurutkan secara ascending atau dalam urutan naik.

Contoh Fungsi RANK.EQ pada Rumus Excel

Contoh kali ini masih menggunakan tabel data sebelumnya. Pada contoh tabel diatas tuliskan rumus excel berikut pada Cell D2:

=RANK.EQ(C2;$C$2:$C$11;0)

Kemudian copy paste rumus excel tersebut untuk sel lain dibawahnya. Hasil dari pemeringkatan menggunakan fungsi RANK.EQ ini adalah sebagai berikut:

Dengan menggunakan order 0 maka nilai terbesar akan diberikan peringkat paling tinggi atau paling besar.

Jika anda menghendaki nilai terkecil mendapatkan ranking terbesar maka ubah argument order dengan angka 1.

Fungsi RANK.AVG Excel

Fungsi Excel RANK.AVG digunakan untuk menentukan ranking atau membuat peringkat nilai pada sekelompok daftar nilai dengan menambhakan rata-rata jumlah pemilik nilai tersebut.

Fungsi ini merupakan fungsi pengganti dari RANK yang diperkenalkan sejak versi Microsoft Office Excel 2010.

Dengan Fungsi ini jika ada nilai yang sama maka excel akan menghasilkan rata-rata ranking atau peringkat dari nilai yang memiliki ranking yang sama tersebut.

Hal ini berbeda dengan kedua fungsi sebelumnya. dimana jika ada nilai yang sama, maka semua nilai-nilai yang sama tersebut akan mendapatkan rangking yang sama pula sesuai urutannya.

Cara Menggunakan Fungsi RANK.AVG :

Sintaksis penulisan fungsi Rank.AVG pada rumus excel adalah sebagai berikut:

RANK.AVG(Angka; Referensi; [order])

Keterangan :

Penjelasan masing-masing argument fungsi RANK.AVG ini sama dengan argument fungsi RANK.

  • Angka : Nilai angka yang akan kita cari ranking atau peringkatnya.
  • Referensi : Sekelompok nilai angka yang berupa array, referensi atau daftar angka sebagai acuan perankingan atau pemeringkatan.
  • [order] : Angka 0 atau 1 sebagai acuan pengurutan daftar nilai (Referensi) untuk menentukan ranking atua peringkat. - Jika dikosongi atau bernilai 0 maka daftar nilai seolah-olah akan diurutkan secara descending atau menurun. - jika bernilai 1 maka daftar nilai akan diurutkan secara ascending atau dalam urutan naik.

Contoh Penggunaan Fungsi RANK.AVG pada Rumus Excel

Masih menggunakan tabel yang sama, pada contoh tabel diatas tuliskan rumus excel berikut pada sel D2:

=RANK.AVG(C2;$C$2:$C$11;0)

Kemudian copy paste rumus tersebut untuk sel lain dibawahnya. Hasil dari pemeringkatan menggunakan fungsi RANK.AVG ini adalah sebagai berikut:

Jika anda perhatikan hasil dari fungsi Rank.AVG pada rumus excel diatas, maka nilai 70 mendapatkan rangking 7,5, sedangkan nilai 75 mendapatkan rangking 5,5.

Catatan :

  1. Fungsi RANK dan fungsi RANK.EQ akan menghasilkan ranking yang sama untuk nilai duplikat.
  2. Jumlah duplikat pada fungsi RANK dan RANK.EQ akan memepengaruhi ranking selanjutnya. Sehingga pada contoh diatas kita tidak menemukan ranking 6 dan 8.
  3. Dengan Fungsi RANK.AVG, jika ada duplikat nilai maka RANK.AVG akan mengambil rata-rata dari nilai rangking duplikat tersebut.
  4. Tanda dollar ($) pada rumus-rumus excel diatas bermaksud mengabsolutkan range data sehingga ketika dicopy ke sel lain, range tersebut tidak berubah.

Untuk lebih jelasnya perhatikan perbedaan pencarian ranking dengan tiga fungsi ini:

Setelah mempelajari ketiga fungsi diatas jika anda ingin mengurutkan nama sesuai urutan rangking, silahkan baca tutorial pada tautan berikut: Rumus Excel untuk Mengurutkan Nama Sesuai Ranking Secara Otomatis

Sebenarnya masih ada masalah dengan pencarian peringkat atau ranking nilai dengan fungsi RANK, RANK.AVG dan RANK.EQ ini.

Masalah tersebut adalah bagaimana menghindari ranking duplikat yang dihasilkan dari rumus pemeringkatan tersebut.

Sampai jumpa pada tutorial belajar excel yang lain. :D