Buatlah masing masing 2 kalimat tanya dengan menggunakan kata tanya apa kapan siapa dan mengapa

sebutkan 15 kewajiban di masyarakat ​

Mantra saya Ining. membuat mantra saya ingin isi mantra ​

4. Tentukan deret penjelas pada kutipan teks eksplanasi tersebut! Tentukan kesimpulan dan pesan penulis mengenai topik masalah pada teks bacaan terseb … ut!​

Apa itu yang dimaksud kalimat utama

urutan kalimat dari huruf I-A-S-Y-K​

Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat berupa kesehatan jasmani dan rohani sehingga kita dapat berkumpul pada acara hari in … i. Ucapan terima kasih tak lupa saya sampaikan kepada rekan rekan guru dan anak-anak ku tercinta siswa siswi di lingkungan sekolah tercinta kita ini. Isi Pidato Kebersihan Lingkungan Sekolah : Hadirin yang saya cintai, lingkungan di sekitar kita seharusnya bisa mencerminkan budaya kita yang selalu mengedepankan kenyamanan. Alangkah tidak bijaknya jika lingkungan di sekitar kita terlihat tidak enak dipandang dan terasa tidak lagi nyaman.  Apalagi sekolah ini yang menjadi tempat setiap hari kita singgahi untuk menuntut ilmu. Lingkungan sekolah seharusnya selalu terlihat bersih, sejuk, dan menentramkan sehingga ketika kita belajar, kita tidak lagi terganggu dengan ketidaknyamanan akan adanya sampah. Oleh karena itu, saya sebagai bagian dari sekolah ini sangat menginginkan akan terus dijaganya kebersihan lingkungan sekolah yang kita cintai. Setiap kelas seharusnya sudah memiliki kedisiplinan tersendiri akan pentingnya kebersihan. Setiap siswa yang memiliki jadwal piket, sudah sepatutnya mereka selalu datang lebih awal sehingga ketika pelajaran pertama sudah dimulai, lingkungan kelas kita sudah mulai bersih dan nyaman untuk ditempati. Dan tidak lupa pula, kita semua sebagai siswa seharusnya selalu sadar bahwa adanya tong sampah bukanlah tanpa tujuan. Disediakannya tong sampah pasti selalu beralasan yaitu agar kita selalu membuang sampah pada tempatnya sehingga sekolah kita tidak seperti lapangan sepakbola yang habis digunakan sebagai konser, ada banyak sampah yang tak sedap dipandang mata. Akhirnya, seperti halnya diajarkan oleh agama bahwa kebersihan adalah bagian dari Iman, meski kontek ajaran tersebut tidak hanya mencerminkan kebersihan jasmani, tapi juga mencerminkan kebersihan rohani, setidaknya dengan adanya kesadaran kita semua akan kebersihan lingkungan sekolah, semoga saja kita menjadi salah satu bagian yang menjadikan sekolah kita sebagai tempat yang membawa kita terus menjaga keimanan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. Akhir kata, terima kasih atas kesempatan diberikannya waktu untuk menyampaikan sepatah dua patah pidato singkat ini, jika ada salah kata semoga bisa dimaafkan. tentukan pembentukan tanggapan, penguatan tanggapan, dan perubahan tanggapan!​​

jelaskan pendapat kalian tentang etika pemilihan ketua osis​

buatlah puisi dri kerangka nama tersebut mohon dibantu dikumpulkan bsk ​

Apa perbedaan dan persamaan antara teks laporan hasil observasi dan teks eksposisi?​

Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat berupa kesehatan jasmani dan rohani sehingga kita dapat berkumpul pada acara hari in … i. Ucapan terima kasih tak lupa saya sampaikan kepada rekan rekan guru dan anak-anak ku tercinta siswa siswi di lingkungan sekolah tercinta kita ini. Isi Pidato Kebersihan Lingkungan Sekolah : Hadirin yang saya cintai, lingkungan di sekitar kita seharusnya bisa mencerminkan budaya kita yang selalu mengedepankan kenyamanan. Alangkah tidak bijaknya jika lingkungan di sekitar kita terlihat tidak enak dipandang dan terasa tidak lagi nyaman.  Apalagi sekolah ini yang menjadi tempat setiap hari kita singgahi untuk menuntut ilmu. Lingkungan sekolah seharusnya selalu terlihat bersih, sejuk, dan menentramkan sehingga ketika kita belajar, kita tidak lagi terganggu dengan ketidaknyamanan akan adanya sampah. Oleh karena itu, saya sebagai bagian dari sekolah ini sangat menginginkan akan terus dijaganya kebersihan lingkungan sekolah yang kita cintai. Setiap kelas seharusnya sudah memiliki kedisiplinan tersendiri akan pentingnya kebersihan. Setiap siswa yang memiliki jadwal piket, sudah sepatutnya mereka selalu datang lebih awal sehingga ketika pelajaran pertama sudah dimulai, lingkungan kelas kita sudah mulai bersih dan nyaman untuk ditempati. Dan tidak lupa pula, kita semua sebagai siswa seharusnya selalu sadar bahwa adanya tong sampah bukanlah tanpa tujuan. Disediakannya tong sampah pasti selalu beralasan yaitu agar kita selalu membuang sampah pada tempatnya sehingga sekolah kita tidak seperti lapangan sepakbola yang habis digunakan sebagai konser, ada banyak sampah yang tak sedap dipandang mata. Akhirnya, seperti halnya diajarkan oleh agama bahwa kebersihan adalah bagian dari Iman, meski kontek ajaran tersebut tidak hanya mencerminkan kebersihan jasmani, tapi juga mencerminkan kebersihan rohani, setidaknya dengan adanya kesadaran kita semua akan kebersihan lingkungan sekolah, semoga saja kita menjadi salah satu bagian yang menjadikan sekolah kita sebagai tempat yang membawa kita terus menjaga keimanan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. Akhir kata, terima kasih atas kesempatan diberikannya waktu untuk menyampaikan sepatah dua patah pidato singkat ini, jika ada salah kata semoga bisa dimaafkan. tentukan pembentukan tanggapan, penguatan tanggapan, dan perubahan tanggapan!​

Kata tanya mengapa digunakan untuk menanyakan alasan. Contoh kalimat tanya dengan kata tanya mengapa adalah Mengapa kamu tidak masuk sekolah?

Dengan demikian, contoh kalimat tanya dengan kata tanya mengapa adalah Mengapa kamu tidak masuk sekolah? 

Lihat Foto

freepik.com/drobotdean

Contoh kalimat tanya dengan kata apa

KOMPAS.com – Komunikasi adalah salah satu hal penting salam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial.

Manusia dapat berkomunikasi karena adanya bahasa yang membuat mereka saling mengerti satu sama lain.

Dalam bahasa terdapat banyak jenis kalimat, dan salah satu yang plaing sering digunakan adalah kalimat tanya.

Menurut Anton M. Moeliono dalam buku Tata Bahasa Baku bahasa Indonesia (1998) kalimat tanya disebut dengan kalimat interogatif dan merupakan kalimat yang isinya menanyakan sesuatu atau seseorang.

Kalimat tanya digunakan untuk memperoleh respon, jawaban, juga informasi dari seseorang atau sesuatu.

Baca juga: Kalimat Ambigu: Definisi, Jenis, Ciri-Ciri, Faktor, dan Contoh Kalimat

Mariam L. M. Pandean dalam jurnal berjudul Kalimat Tanya Dalam Bahasa Indonesia (2018) menyebutkan ciri-cii kalimat tanya antara lain: berintonasi, berstruktur sintaktis kalimat tanya (menggunakan kata tanya, partikel tanya, dan pembalikan urutan) serta berdistribusi tanya.

Salah satu kata tanya yang sering digunakan adalah “apa”. Berikut adalah 50 contoh kalimat tanya dengan menggunakan kata tanya apa dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Apa kabar?
  2. Apa yang sedang kamu lakukan?
  3. Apa kesibukanmu belakangan ini?
  4. Apa kamu tau lagu baru yang sedang naik daun?
  5. Apa kamu suka makan sate?
  6. Apa kamu alergi udang?
  7. Apa itu maksudnya?
  8. Apa kursi ini kosong?
  9. Apa pemberangkatan pesawatnya ditunda?
  10. Apa pembuatan paspor membutuhkan waktu lama?
  11. Apa yang kamu makan hari ini?
  12. Apa ibu tahu yang aku lakukan?
  13. Apa yang harus aku lakukan?
  14. Apa aku salah bicara?
  15. Apa yang sedang kamu pikirkan?
  16. Apa yang mengganggu pikiranmu belakang ini?
  17. Apa kamu baik-baik saja?
  18. Apa ada hal yang bisa kubantu?
  19. Apa liburanmu menyenangkan?
  20. Apa pekerjaanmu berjalan menyenangkan?
  21. Apa rencanamu untuk setahun ke depan?
  22. Apa rencanamu setelah lulus kuliah?
  23. Apa paketnya sudah sampai?
  24. Apa acaranya berjalan lancar?
  25. Apa tanggapanmu tentang kebijakan baru pemerintah?
  26. Apa pendapatmu tentang masalah yang aku alami?
  27. Apa kamu punya saran?
  28. Apa manfaat penggunaan artificial intelligent?
  29. Apa kamu yakin dengan kata-katamu barusan?
  30. Apa kamu tidak akan menyesal jika menolak tawaran tersebut?
  31. Apa yang sedang terjadi?
  32. Apa yang kamu inginkan?
  33. Apa kamu merasa bosan?
  34. Apa makanan ini tidak sesuai seleramu?
  35. Apa maksud perkataanmu barusan?
  36. Makanan apa yang paling kamu sukai?
  37. Kejadian apa yang membuatmu trauma?
  38. Apa masih lama?
  39. Apa perjalananmu masih jauh?
  40. Apa baju ini terlihat bagus padaku?
  41. Apa kamu tega melakukan ini?
  42. Apa kalian bersedia turut serta dalam kegiatan ini?
  43. Apa kamu bisa meluangkan waktumu sebentar? Ada yang ingin aku tanyakan.
  44. Permisi pak, apa anda membutuhkan bantuan?
  45. Warna cat apa yang anda inginkan?
  46. Apa anda sudah membuat janji dengan dokter?
  47. Menurutmu, apa yang harus aku katakana saat bertemu dengannya?

Baca juga: Perbedaan Kalimat Efektif dan Tidak Efektif

  1. Jenis energi terbarukan apa yang paling bersih dari emisi?
  2. Obat apa yang bisa menurunkan demam?
  3. Dasar hukum apa yang mengatur pelarangan obat-obatan terlarang?
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berikutnya