Berikut yang tidak termasuk semangat mencari ilmu adalah

8.contoh perilaku yang menunjukkan semangat untuk menuntut ilmu yang tinggi adalah sebagai berikut, kecuali?

  1. Rajin membaca serta bertanya kepada orang yang lebih tahu, apabila mengalami kesulitan
  2. Rajin berlatih baik akademik maupun non akademik serta mencatat atau menulis hal-hal penting agar nanti dapat dipelajari lagi
  3. Mencatat atau menulis hal-hal penting agar nanti dapat dipelajari lagi serta bermain game hingga lupa waktu
  4. Bertanya kepada orang yang lebih tahu, apabila mengalami kesulitan serta rajin berlatih
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: C. Mencatat atau menulis hal-hal penting agar nanti dapat dipelajari lagi serta bermain game hingga lupa waktu

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, 8.contoh perilaku yang menunjukkan semangat untuk menuntut ilmu yang tinggi adalah sebagai berikut, kecuali mencatat atau menulis hal-hal penting agar nanti dapat dipelajari lagi serta bermain game hingga lupa waktu.

Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu 10.Pehatikan dan dengarkan ayat berikut ini! hadits tersebut menjelaskan tentang? beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Rasulullah SAW bersabda: “Menuntut ilmu itu hukumnya wajib, bagi muslim laki-laki dan muslim perempuan”.

Hadis di atas tentunya sudah tidak asing di benak kita, bahwa kewajiban menuntut ilmu itu diperuntukkan bagi setiap orang Islam. Syaikh Az Zarnuji pun menjelaskan, bahwa diwajibkan pula atas seorang Muslim, mempelajari ilmu yang dibutuhkan dirinya sekarang ini, dan juga ilmu yang dapat diamalkan kapan saja dan dimana saja.

Mengapa wajib bagi setiap Muslim untuk menuntut ilmu? Karena ada banyak keutamaan ilmu. Beberapa keutamaan ilmu diantaranya adalah:

  1. Ilmu adalah kekhususan, ilmu adalah keistimewaan yang Allah subhanahu wa ta’ala khususkan hanya untuk manusia semata. Selain ilmu, manusia dan hewan memiliki kesamaan.
  2. Ilmu dapat mengantarkan seseorang menuju kepada kebajikan dan ketaqwaan. Dan sebab ketaqwaan itu, seseorang dapat memperoleh kemuliaan di sisi Allah subhanahu wa ta’ala, dan kebahagiaan abadi.

Keutamaan akan ilmu ini seyogyanya dapat menjadikan setiap Muslim senantiasa bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu.

Syaikh Az Zarnuji mengatakan, bahwa diantara hal yang penting dalam menuntut ilmu yang harus diperhatikan adalah fil jiddi (kesungguhan). Jika sesuatu dilakukan dengan kesungguhan, maka Allah subhanhu wa ta’ala akan memberikan keberhasilan di dalamnya. Selain kesungguhan (al jiddu), juga perlu diiringi dengan sikap kesungguhan yang terus menerus (al muwazobah) dan komitmen (al muzallimah) dalam menuntut ilmu. Tiga sikap ini harus ada dalam diri pelajar (orang yang belajar) dan berjalan beriringan, tidak dapat hanya salah satu saja.

Wajib bagi setiap pelajar, bersungguh-sungguh, terus menerus, dan komitmen, tidak berhenti hingga tujuan dalam menuntut ilmu tercapai. Sebagaimana firman Allah dalam QS. Maryam: 12 yang artinya, “Wahai Yahya, ambillah kitab (itu) dengan kuat”, dan dalam QS Al Ankabut: 69 yang artinya, “Dan orang-orang berjuang, untuk mencari keridhaan Kami, niscaya Kami tunjukkan mereka jalan-jalan menuju Kami”.

Dikatakan oleh Az Zarnuji, barangsiapa yang mencari sesuatu dan dilakukannya dengan sungguh-sungguh, pasti dia akan mendapatkannya. Dan barangsiapa yang mengetuk pintu dengan terus menerus, pasti dapat masuk. Dikatakan pula, bahwa sesuai dengan kesungguhannya, seseorang akan mendapat apa yang menjadi harapannya.

Dalam konteks kesungguhan ini, Az Zanurji menjelaskan bahwa kesulitan yang dihadapi seseorang akan dapat selesai dengan kesungguhan, terutama kesulitan yang dihadapi dalam proses belajar. Allah akan memberikan pertolongan pada seseorang jika Allah menghendaki. Kesulitan dapat selesai dengan kesungguhan adalah menjadi anugerah Allah subhanahu wa ta’ala dan berada dalam kekuasaan-Nya.

Kesungguhan dalam belajar dan memperdalam ilmu bukan hanya dari pelajar semata namun kesungguhan ini juga dibutuhkan kesungguhan dari tiga (3) orang, yakni pelajar (murid), guru, dan orang tua. Jika murid, guru, dan orang tua sungguh-sungguh, insya Allah itu akan berhasil, kesulitan (dalam menuntut ilmu, dalam belajar) akan dapat terselesaikan, insya Allah. Manusia diperintahkan Allah untuk belajar dan belajar. Hanya saja memang kualitas akal manusia itu berbeda-beda. Nah, kesungguhan inilah yang menjadi kunci. Dengan kesungguhan ini, sesuatu yang sulit itu insya Allah akan dimudahkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Bagaimana ilmu itu dapat diperoleh tanpa melalui kesulitan? Banyak diantara kita ini memiliki cita-cita, memiliki keinginan, namun jika tidak diiringi dengan kesungguhan, maka itu adalah kedustaan. Apapun cita-cita dan keinginan seseorang, jika diiringi dengan kesungguhan, maka insya Allah akan terwujud. Jika tidak diiringi dengan kesungguhan, maka itu adalah kegilaan. Kita harus bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu. Tanpa kesungguhan, maka kita adalah orang yang gila. Orang belum dapat dikatakan bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, jika dia belum mendapatkan kepayahan yang sangat dalam menuntut ilmu. Allah akan memberikan jalan keluar untuk kesungguhan tersebut.

Masya Allah, merujuk pada materi di atas, maka pentinglah bagi setiap diri kita untuk senantiasa bersungguh-sungguh dalam belajar (menuntut ilmu). Semoga rangkuman materi ini dapat menjadi refleksi untuk diri kita, terlebih khusus bagi penulis pribadi. Insya Allah akan kita lanjutkan pembahasan mengenai kesungguhan dalam menuntut ilmu pada kesempatan berikutnya. Allahu’alam bish showab.

Referensi:

Materi kajian Kitab Ta’lim Muta’allim Syaikh Az Zanurji oleh Ustadz Muhammad Abdullah Sholihun yang dirangkum oleh penulis pada Ramadhan 1441 H.

Penulis:
Hazhira Qudsyi, S.Psi., M.A
– Dosen Jurusan Psikologi FPSB UII
– Kepala Divisi Pembinaan Kepribadian dan Kesejahteraan DPK UII

Ana unen-unen 'Gliyak-gliyak tumindak, alon-alon waton kelakon. Aja banter-banter mundhak keblinger'. Unen-unen iki kalebu purwakanthi...a. guru sastr … ab. guru swarac. guru basad. guru lague. guru lumaksita​

Fungsi desain kemasan produk terbagi menjadi dua yaitu fungsi protektif yang melindungi produk dari kerusakan baik iklim, transportasi maupun perindus … trian. Selain fungsi protektif apa lagi fungsi desain kemasan produk yang berhubungan dengan warna penampilan

Aliran incompressibel melalui peralatan seperti tergambar. Laju aliran massa keluar dari pintu 3 adalah 8 Kg/jam, debit keluar dari pintu 4 adalah 0 … ,05 m³/s. Sedangkan kecepatan air yang masuk pintu 1 adalah 2 m/s, apabila diameter (D₁) adalah 8 cm, D₂ = 3 cm D3 = 4 cm, D4 = 4 cm. Jika semua property diasumsikan uniform menembus seluruh pintu, tentukan kecepatan pada pintu ​

Jelaskan bagaimana implementasi materi peraturan perundang-undangan yg mengakomodasi nilai-nilai dalam hukum adat

Jelaskan secara komprehensif korelasi hukum nasional dgn hukum islam

PT. Diana memiliki 90 persen saham di PT. Decky, dan selama 2020 perubahan berikut terjadi pada ekuitas PT. Decky dan investasi PT. Diana di PT. Decky … (dalam ribuan): Selama tahun 2020, pendapatan bersih PT. Decky adalah Rp 280.000, dan mengumumkan dividen Rp 40.000 setiap kuartal tahun ini. PT. Diana mengurangi sahamnya PT. Decky menjadi 80 persen pada 1 Juli 2021, dengan menjual saham PT. Decky seharga Rp 120.000. Buatlah pencatatan a. Entri jurnal di buku PT. Diana untuk mencatat penjualan saham PT. Decky pada tanggal penjualan. b. Jurnal pada buku PT. Diana untuk mencatat penjualan saham per 1 Januari 2021. c. Susun pencatatan penjualan 10% investasi di PT. Decky butuh jawaban hubungi wa : 083800670247

Wajib Pajak menerima Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar sebesar Rp 1.620.000,00 yang diterbitkan pada tanggal 2 Januari 2019 dengan batas akhir peluna … san tanggal 1 Februari 2019. Wajib Pajak tersebut diperbolehkan untuk mengangsur pembayaran pajak dalam jangka waktu 5 (lima) bulan dengan jumlah yang tetap sebesar Rp.324.000,00. Pertanyaan : Hitunglah Sanksi administrasi berupa bunga untuk setiap angsuran dan jelaskan seperti apa ketentuan untuk wajib pajak diperbolehkan untuk mengangsur atau menunda pembayaran! SOAL 2 PT ANDIKA adalah distributor tunggal semen Tonasa menjual semen seharga Rp250.000.000 kepada PT XYZ secara tunai. Tarif PPh Pasal 22 sebesar 0,25% dari DPP PPN. Buatlah ayat jurnal PT ANDIKA. butuh jawaban hubungi wa : 083800670247

Diketahui fungsi f(x) = x2 + 1 dan g(x) = x2, tentukanlah turunan fungsi h(x) berikut, di mana: h(x) = [f(x)]2 h(x) = log[f(x)] h(x) = (f(x))/(g(x) … ) Perhatikan suatu persegi empat pada bidang xy dengan titik sudut persegi adalah (0,0), (a,0), (0,b), dan (a,b). Jika (a,b) dilalui oleh garis y = 30 – x, tentukanlah nilai a dan b yang akan memaksimumkan luas persegi empat tersebut. Fungsi permintaan yang dihadapi oleh suatu perusahaan adalah P = 200 – 3Q dengan fungsi biaya C(Q) = 75 + 80Q – Q2, di mana 0 ≤ Q ≤ 40: Tentukanlah nilai Q dan P yang akan memaksimumkan laba perusahaan dan tentukan besarnya laba maksimum tersebut. Jika pemerintah mengenakan pajak sebesar $4 per unit Q yang diproduksi, tentukan harga barunya yang akan memaksimumkan keuntungan perusahaan tersebut. butuh jawaban hubungi wa : 083800670247

1. Semua pembelian asuransi menyangkut kontrak, yaitu perjanjian yang mengikat secara hukum dan menimbulkan hak serta kewajiban bagi pihak-pihak yang … bersangkutan. a. Jelaskan jenis kontrak asuransi. b. Jelaskan syarat-syarat kontrak asuransi. 2. Jelaskan tentang usaha perasuransian di Indonesia dilihat dari unsur kepemilikan. butuh jawaban hubungi wa ; 083800670247

1. Menurut anda, mengapa pebisnis internasional perlu mempelajari pengelompokan regional negara-negara? 2. Jelaskan keunggulan dan kelemahan franchisi … ng 3. Jelaskan perbedaan transaksi spot dan transaksi forward? butuh jawaban hubungi wa : 083800670247