Berikut ini yang termasuk jenis ikan air payau yaitu

Ada banyak sekali jenis ikan di dunia ini, baik yang hidup di air tawar, air laut ataupun yang hidup di air payau.

Dan pada kali ini, Suka Ikan akan mengulas berbagai macam jenis ikan air payau yang banyak ditemukan di perairan di seluruh indonesia.

Air payau merupakan campuran antara air laut dan air tawar, perairan payau beradai di daerah muara sungai dekat pesisir.

Di perairan payau ada banyak sekali tumbuhan dan hewan air yang bersarang dan hidup sana, salah satunya adalah berbagai jenis ikan berikut ini.

Apa saja jenis ikan yang tempat hidupnya berada di air payau? Yuk langsung saja simak penjelasannya berikut ini :

Jenis Ikan Air Payau

1. Ikan Kerapu Bebek (Kerapu Tikus)

Ikan Kerapu Bebek (Chromileptes altivelis) merupakan ikan yang berasal dari keluarga Serranidae yang banyak diteui di perairan China, Australia, Guam, Hongkong, India, Jepang, Kenya, Kepulauan Mariana Utara, Filipina, Malaysia dan juga Indonesia.

Dalam bahasa inggris, ikan ini lebih akrab disebut dengan nama Humpback Grouper atau Panther Grouper, kalau di Australia ikan ini lebih dikenal dengan nama Barramundi cod.

2. Ikan Kakap Putih

Ikan ini merupakan ikan konsumsi yang cukup populer di indonesia, karena rasa ikannya yang dikenal lezat dan memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh.

Ikan yang memiliki nama latin Lates Calcarifer ini memiliki banyak sebutan bagi para mancing mania, diantaranya adalah Barra, Barramund, Giant Perch, Nile Perch, Palmer Perch, Ikan Gelam.

Ikan ini mampu bertahan hidup cukup lama, dengan panjang tubuh bisa mencapai 1,8 m dan bobotnya bisa mencapai 60 kg.

Ikan Kakap Putih merupakan ikan predator karnivora, yang biasa memakan ikan yang lebih kecil darinya, serta kelompok udang udangan lainnya.

3. Ikan Patin

Meskipun saat ini ikan ini banyak dibudidayakan di air tawar, namun sebenarnya ikan ini juga bisa hidup di perairan payau juga loh.

Ikan ini sangat populer karena mempunyai tekstur daging yang lembut, serta citarasanya yang khas.

Ikan ini merupakan ikan yang berasal dari keluarga ikan berkumis (Siluriformes) yang termasuk ke dalam genus Pangasius, familia Pangasiidae.

Baca Juga : Harga Ikan Patin

4. Ikan Bandeng

Di indonesia, ikan ini menjadi salah satu ikan yang paling banyak dikonsumsi masyarakat indonesia.

Selain harga ikan bandeng cukup murah, ikan ini juga memiliki citarasa yang lezat dan memiliki tekstur daging yang tebal.

Jika dari kalian banyak yang mengira, ikan ini hanya bisa hidup di air laut saja, namun pada kenyataannya ikan ini juga bisa hidup di perairan payau juga loh.

Bahkan ikan bandeng juga termasuk ikan air payau unggulan hingga saat ini.

Baca Juga : Harga Ikan Bandeng

5. Ikan Bawal

Ikan bawal dikenal ikan yang cukup agresif dan ganas, ya karena memang ikan ini masih keluarga dekat ikan piranha, ikan ini biasa hidup di air tawar dan air payau.

Ikan ini juga banyak dibudidayakan, karena ikan ini pertumbuhannya cukup pesat dan juga rasanya gurih.

6. Ikan Sidat

Ikan ini biasa hidup di dua jenis perairan, yaitu air asin dan air tawar, selain hidup di kedua jenis tadi, sidat juga biasa hidup di perairan payau.

Jika yang tidak paham dengan yang namanya Ikan sidat, mungkin akan mengira jika ikan ini adalah belut, namun sebenarnya sidat berbeda dengan belut.

7. Ikan Belanak

Pasti banyak diantara kalian yang masih awam dengan nama ikan yang satu ini. Ikan belanak merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di perairan payau dan juga perairan laut tropis dan sub tropis.

Dari bentuk fisiknya, ikan ini sangat mirip dengan ikan bandeng. Saat ini di indonesia sudah cukup banyak para petani ikan yang mulai membudidayakan ikan ini karena permintaan pasar yang cukup menggiurkan.

8. Ikan Mujair

Selain hidup di air tawar, ikan Mujair ternyata juga bisa hidup di air payau, bahkan hasil pembudidayaan ikan ini bisa dikatakan lebih bagus dan mampu menghasilkan bibit yang berkualitas jika dilakukan di air payau.

9. Ikan Nila

Sama halnya dengan Ikan Mujair, banyak diantara kita yang mengira bahwa ikan ini hanya bisa hidup di perairan Air Tawar saja, namun ternyata ikan konsumsi ini juga mampu hidup di air payau.

Ikan ini memang sangatlah populer dan menjadi buronan bagi yang punya hobi mancing ikan, pastinya akan merasa sangat senang jika mendapatkan ikan yang satu ini.

10. Ikan Kiper

Ikan air payau yang satu ini memiliki ciri khas yang cukup menarik untuk dibahas yaitu memiliki tubuh yang pipih, dengan warna dasar putih perak dan adanya totol / bintik hitam di hampir seluruh tubuhnya kecuali dari mulut hingga sirip bawah.

Ikan ini juga cukup cantik dan cocok untuk dijadikan ikan hias di dalam aquarium juga loh. Karena bentuk dan juga warnanya cukup unik dan menarik, selain itu sifatnya juga tidak agresif.

Baca Juga : Jenis Ikan Air Tawar

11. Ikan Penyumpit

Selain disebut dengan maan ikan penyumpit, ikan ini juga biasa disebut dengan nama ikan pemanah. Mengapa demikian? Karena ikan ini mempunyai keahlian mencari mangsa dengan cara menyemburkan air dari dalam mulutnya.

Ikan ini merupakan jenis ikan yang hidup di perairan payau, lebih tepatnya ikan ini banyak ditemui di daerah perairan hutan bakau, perairan seperti itulah yang disukai oleh ikan ini.

Karena di areal pohon bakau, banyak sekali jenis serangga yang hidup di pohon bakau dan dijadikan mangsa oleh ikan penyumpit.

Dan yang paling unik dari ikan ini adalah, kemampuannya yang bisa menembakan air dari dalam mulutnya, tak hanya sekali, namun bisa sampai 7 kali berturut turut tanpa jeda.

Dan jika sudah berulang kali, namun belum bisa mengenai mangsanya, bila memungkinkan ikan ini bisa melompat ke atas permukaan air untuk meyergapnya.

Demikian tadi Daftar Ikan Air Payau yang dapat kami informasikan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

SariAgri - Air payau merupakan hasil perpaduan dari air tawar dan air laut asin yang biasa dijumpai di daerah muara sungai atau pesisir pantai. Di perairan ini banyak sekali hidup berbagai jenis ikan hasil dari adaptasi lingkungan.

Sebagian merupakan ikan laut yang beradaptasi di perairan tawar dan sebagian lagi ikan air tawar yang beradaptasi dengan perairan asin. Ikan air payau termasuk dalam kategori ikan yang mudah dibudidayakan.

Ikan dari perairan ini banyak diminati pembudidaya  antara lain karena pemeliharannya yang tidak terlalu rumit, cepat besar, banyak diminati pasar dan harganya cenderung tinggi.

Berikut lima jenis ikan air payau yang paling banyak dibudidayakan:

1. Kakap Putih (Barramundi)

Ikan dengan nama latin Lates calcarifer ini dapat hidup di daerah tropis maupun semitropis. Selain itu, ikan ini dapat hidup di air payau dan air laut asin. Temperatur habitat kakap putih di kisaran 20 derajat Celcius.

Kakap putih bisa berukuran sampai dengan 1,8 m dengan berat 60 kg. Ikan ini termasuk hewan karnivora yang memangsa ikan yang lebih kecil dan kelompok udang-udangan.

2. Kerapu

Kerapu termasuk jenis ikan payau yang populasinya mulai berkurang. Ikan ini terbagi menjadi tiga jenis yaitu kerapu lumpur, macan, dan bebek Kerapu termasuk dalam ikan yang jadi favorit karena rasanya yang sangat lezat. Dibanding ikan payau lainnya, harga kerapu cukup mahal.

3. Bandeng

Bandeng merupakan ikan air payau yang cukup populer. Ikan yang merupakan oleh-oleh khas kota Semarang ini punya ciri daging putih dengan serat halus dan rasa gurih. Ikan ini banyak dibudidayakan karena dapat ditebar dengan kepadatan tinggi. Setelah empat bulan, bandeng dapat mencapai berat rata-rata 450 gr.

4. Bawal

Ikan ini menjadi salah satu pilihan untuk dibudidayakan karena cepat besar dan banyak diminati pasar. bawal sebenarnya termasuk jenis ikan tawar tapi ikan ini juga bisa hodup di air payau.

5. Patin

Ikan patin cukup populer dibudidayakan karena dagingnya yang banyak dan cepat besar. Di samping itu, ikan ini dapat diolah menjadi berbagai macam kuliner.

Ikan Patin adalah sekelompok ikan berkumis (Siluriformes) yang termasuk dalam genus Pangasius. Ikan jenis ini bisa tumbuh dengan ukuran yang sangat besar. Beberapa patin yang hidup di Sungai Mekong bisa mencapai panjang lebih dari dua meter. (Monica Adelina)