Bagian akhir dari cerita dalam struktur teks anekdot disebut….

Jakarta -

Kali ini kita akan membahas salah satu bagian dari ragam teks yang berbentuk cerita, yaitu teks anekdot. Teks anekdot adalah cerita singkat yang di dalamnya mengandung unsur lelucon, menarik, dan mengesankan.

Umumnya teks anekdot menceritakan orang penting atau terkenal berdasarkan kejadian nyata. Namun, teks anekdot tidak harus didasarkan pada kejadian nyata atau pun bercerita tentang orang penting.

Teks anekdot bisa mempunyai maksud tertentu yang tujuannya mengkritik atau menyindir. Selain memiliki kesan humor, teks anekdot juga harus menyampaikan amanat atau pesan moral dari isi cerita.

Berikut ini merupakan penjelasan lengkap terkait struktur, ciri-ciri, kaidah kebahasaan, dan tujuan dari teks anekdot yang dikumpulkan dari berbagai sumber:

A. Struktur Teks Anekdot

- Judul: berbentuk singkat dan langsung merujuk pada hal atau objek yang akan dikisahkan;- Abstrak: bagian pembukaan yang gunanya memberikan gambaran tentang isi teks kepada pembaca;- Orientasi: bagian awal dari kejadian atau menjelaskan latar belakang terjadinya peristiwa utama;- Krisis: bagian di mana mulai muncul masalah unik atau tidak biasa pada tokoh;- Reaksi: bagian ini menggambarkan bagaimana tokoh menyelesaikan masalahnya; dan

- Koda: bagian akhir dari cerita dan dapat berupa kesimpulan.

B. Ciri-ciri Teks Anekdot

-Isinya kisah-kisah yang memiliki kesan humor atau lelucon; -Membuat pembaca terhibur dengan kelucuan dalam teks;-Isinya bersifat menyindir (mengenai orang penting atau pun lembaga/organisasi) atau kritik halus yang tidak menyinggung pembaca, pendengar, atau orang yang diceritakan;-Memiliki tujuan tertentu, misalnya media penyampaian pandangan dan aspirasi diselipkan dengan humor ke hadapan publik;-Kisahnya disajikan hampir serupa dengan dongeng;

-Menceritakan tentang karakter hewan dan manusia sering terhubung secara umum dan realistis.

C. Kaidah Kebahasaan Teks Anekdot


Kaidah kebahasaan yang digunakan dalam penulisan teks anekdot berbeda dari yang lainnya.

Biasanya teks anekdot menggunakan kata keterangan waktu lampau, kata penghubung, menggambarkan urutan peristiwa berdasarkan waktu, dan menggunakan jenis pertanyaan retoris (pertanyaan yang sudah jelas jawabannya).

D. Tujuan Teks Anekdot

Tujuan suatu teks anekdot adalah latar belakang penulis dalam membuat teks anekdot tersebut. Tujuannya dapat berbeda-beda seperti, sebagai sarana untuk membangkitkan tawa pembaca, menghibur, hingga mengrkritik.

Nah, itu tadi perkenalan singkat tentang teks anekdot. Apakah kalian sudah paham?

Simak Video "Isi Kuliah Subuh, Anies Cerita Upaya Bung Karno Berantas Buta Huruf"


[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

bagian akhir dari cerita dalam struktur teks anekdot disebut

Jafarull.com - Pada kesempatan kali ini jafarull akan membahas mengenai soal bagian akhir dari cerita dalam struktur teks anekdot disebut? 

Soal ini sering ditanyakan oleh guru di Sekolah. Bahkan kadang dijadikan sebagai soal ulangan dan ujian. Tak heran, karena soal tersebut memiliki bobot analisis yang lumayan.

Sehingga bisa membantu siswa untuk berpikir secara cerdas untuk menjawabnya. Nah jafarull juga akan mengulasnya untuk kamu semua agar kamu bisa lebih mudah memahami materi teks anekdot.

Soal:

Bagian akhir dari cerita dalam struktur teks anekdot disebut? 

a. Orientasi

b. Koda

c. Krisis 

d. Reaksi

Jawaban: 

b. Koda

Penjelasan: 

Struktur teks anekdot ada 5, yakni abstrak, orientasi, krisis, reaksi, dan koda. Abstrak merupakan gambaran umum dari cerita anekdot. Sementara orientasi merupakan gambaran umum yang mulai membahas mengenai masalah pada teks anekdot.

Baca Juga: Contoh Teks Anekdot Singkat Tentang Covid 19 Beserta Strukturnya 

Krisis merupakan puncak masalah dari cerita anekdot. Sedangkan reaksi merupakan ekspresi atau reaksi dari tokoh di dalam teks anekdot. Sementara untuk koda merupakan bagian yang terakhir (berada di akhir) dan biasanya menjadi penutup teks anekdot. 

Baca Juga: 2 Contoh Teks Anekdot Tentang Vaksin Beserta Strukturnya

Jadi jawaban dari pertanyaan di atas adalah koda atau penutup. Karena berada di bagian akhir cerita dan tidak bisa diubah atau di pindah ke posisi lain.

Penutup

Sekarang sudah paham kan, bagian akhir dari cerita dalam struktur teks anekdot disebut apa? Semoga informasi dari jafarull ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan ya. Jangan lupa untuk share ke teman-teman kalian ok.

Jangan lupa juga untuk terus belajar agar bisa menggapai semua mimpi. Karena tanpa belajar, kita tidak akan bisa maju dan tidak bisa berkembang. 

Kalian pasti pernah mendengar cerita menarik dan lucu bukan? Adakalanya, diantara cerita-cerita yang kita dengarkan itu, tak hanya sekedar kesenangan atau kelucuan yang ditawarkan, tetapi juga pesan yang lebih mendalam. Cerita seperti ini biasanya lebih dikenal sebagai anekdot atau teks anekdot.

Sebagai sebuah teks cerita lucu, teks anekdot sendiri adakalanya melibatkan tokoh dari dunia nyata untuk memberikan suatu pembelajaran. Meskipun demikian, tidak berarti kejadian yang ada di dalam teks berdasarkan kenyataan. Teks ini umumnya mengandung pesan tersirat berupa kritik atau sindiran.

Berbeda dengan cerita humor umumnya, teks anekdot mengemas setiap kritiknya menjadi sebuah cerita lucu tanpa menurunkan nilai kritikan itu sendiri. Jadi, teks ini tidak hanya ingin mengundang tawa, tetapi juga mengungkapkan kebenaran dalam bentuk kritik.

Dalam perjalanannya, teks ini dibangun oleh struktur yang padu dengan urutan yang teratur. Itu meliputi abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, dan koda. Apa bedanya?

1. Abstrak

Abstrak menjadi struktur teks humor paling awal yang ada dalam sebuah teks bernama anekdot. Abstrak ditaruh di awal paragraf dengan fungsi untuk menggambarkan mengenai teks tersebut secara umum agar pembaca dapat membayangkan.

2. Orientasi

Orientasi merupakan awal kejadian pada cerita atau bagian yang menjelaskan latar belakang mengapa peristiwa utama dalam cerita dapat terjadi. Bagian ini mulai mengarah pada konflik atau krisis.

(Baca juga: Teks Prosedur: Pengertian, Ciri-Ciri & Strukturnya)

3. Krisis

Struktur teks anekdot berikutnya adalah Krisis. Krisis merupakan bagian yang menjelaskan mengenai pokok masalah utama dengan warna unik, konyol juga tidak biasa.

4. Reaksi

Reaksi berhubungan besar dengan struktur krisis. Reaksi adalah bagian yang akan melengkapi berupa tanggapan terhadapa krisis, dapat berupa penyelasaian masalah yang menggunakan cara-cara yang juga unik dan berbeda.

5. Koda

Seperti penutup, struktur teks anekdot yang terakhir ialah Koda. Koda merupakan bagian yang menutup cerita dalam teks tersebut.

Adapun kaidah kebahasaan teks anekdot, meliputi:

  • Menggunakan kalimat langsung atau tidak langsung
  • Menggunakan nama tokoh orang ketiga tunggal
  • Menggunakan Keterangan waktu
  • Menggunakan Konjungsi penerang
  • Menggunakan konjungsi kronologis
  • Menggunakan Kata kerja material, yaitu yang menandakan aktivitas sebagai rangkaian urutan kegiatan
  • Menggunakan kata kerja mental, yaitu kata kerja yang menyatakan sesuatu yang dipikirkan atau dirasakan

Koda merupakan bagian akhir cerita. Pilihan B, C, D, dan E bukanlah jawaban yang tepat. Jadi, jawaban yang tepat adalah A

ciri-ciri karya gambar cerita kelas 5 tema 8 halaman 109​

Ikatan batin antara seorang ibu dan anak, katanya, adalah sebuah rahmat Tuhan yang tidak pernah ternilai harganya Tuliskan kalimat resensi berupa keun … ggulan karya berdasarkan paragraf di atas

Bacalah kitupan teks laporan percobaan berikut untuk menjawab soal berikut! Dewasa ini berbagai acara berita investigasi televisi sering menampilkan … beberapa makanan yang sebagaian besar di jual dengan harga murah. Namun ternyata mengandung zat yang berbahaya seperti pewana tekstil. Zat pengawet berbahaya, lilin, tawas, dan lilin. kecurangan tak berhenti begitu saja. Demi menghemat biaya produksidan memperoleh keuntungan yang lebih banyak, produsen nakal banyak yang menggunakan behan makanan yang tak layak konsumsi seperti ayam tiren(mati kemarin), cabai yang sudah busuk, tepung yang sudah kedaluwasa, dan sebagainya yang kemudian dengan liciknya di “sulap” menjadi makanan yang sudah matang yang sering sekali susah di kenal keaslian atau kualitas jaminan bahannya.........Pokok isi informasi pada teks tersebut adalah ...2 poina. Perlunya informasi makanan yang sehat dan layak di konsumsib. Bahaya pewarna makananc. Informasi tentang beberapa penggunaan zat berbahaya pada makanan yang berdampak buruk bagi kesehatan.d. Banyaknya produsen makanan yang nakal​

tolong buatkan puisi awalan J O N A A D E P U T R A ​

tolong bantu jawab klo bisa, trmksh​

Tak Rindukah KauKarya: WinartoMasih di pagi iniMakhluk-makhluk raksasa di negeri ini berkelahiMulut-mulut mereka semburkan bara apiDi manakah air wudl … u mengalir,Di mana kandil-kandil suci terpatri Di mana bunga-bunga wangi tersajiKetika malam menjelangMasih saja berjuta orang berperangMata, pikir, dan jiwa tertutup tak bermaknaWahai yang duduk di singgasanaTak ngerikah kauMelihat beronggok-onggok manusia berperut tambun Mati kaku didatangi Izrail karena tersedak harta haramnyaTak ngerikahJika anak-anak yang lahir pada zaman sesudahmu Berperilaku lebih terkutuk darimuTak rindukah kauPada negerimu yang bagai surga dunia ini Dipenuhi orang-orang yang khusuk membangun surga di alam bakaTak rindukah kau?​tolong cariin makna puisi tiap bait, tema, dan suasana puisi.

Quiz 1.apa lawan kata lapar2.apa lawan kata haus3.lawan kata sekulerjangan liat pp​

1. Apakah kewajiban kita terhadap sumber daya alam? 2. Tuliskan 3 contoh kewajiban terhadap sumber daya alam dalam kehidupan sehari2! 3. Tuliskan 2 ma … nfaat secara langsung dan tidak langsung. ! 4. Tuliskan contoh pemanfaatan secara langsung!​

makna dari kata terpencil adalah​

Ayo, lakukan tugas berikut! Lakukanlah wawancara kepada orang-orang di sekitar rumahmu. Kamu akan menggali informasi tentang pemanfaatan sumber energi … di lingkungan rumahmu. Buatlah laporan hasil wawancara seperti tabel berikut!​