Bagaimana cara menambahkan subtitle di YouTube yang tidak ada CC?

Home » Tips dan Trik » Cara Menerjemahkan Video yang Tidak Ada Subtitle di Youtube

Cara menerjemahkan video yang tidak ada subtitle di Youtube sebenarnya sangat mudah. Karena youtube sendiri sudah menyediakan fitur untuk itu. Namun fitur ini tidak bisa digunakan apabila si pembuat video tidak mengaktifkan fitur terjemahkan otomatis di channelnya.

Oleh karena itu pastikan channel kesayangan Anda mengaktifkan fitur ini. Caranya yaitu dengan masuk ke Youtube Studio > Subtitle > klik Tambahkan Bahasa (pilih bahasa video) > selanjutnya dibagian subtitle klik Tambahkan.

Setelah channel youtube tersebut mengaktifkan subtitle, selanjutnya barulah kita bisa menerjemahkan video tersebut ke berbagai bahasa, termasuk Indonesia.

Baca juga: Cara Download Lagu Dari Youtube Tanpa Aplikasi

Cara mentranslate video youtube

Cara untuk translate video youtube yaitu dengan memanfaatkan fitur auto translate yang disediakan oleh youtube. Berikut ini langkah-langkahnya:

Perlu diketahui bahwa cara ini hanya bisa dilakukan melalui browser. Jika menggunakan HP android pastikan Anda membuka youtube melalui browser, kemudian mengubahnya ke mode dekstop. Karena aplikasi youtube belum mendukung fitur translate video otomatis.

Apabila cara di atas tidak bisa, maka tidak ada cara lain. Kecuali Anda mendownload video tersebut kemudian gunakan cara translate video seperti artikel saya sebelumnya.

FAQ

Apakah ada aplikasi penerjemah video youtube ke bahasa indonesia?

Ada, hanya saja cara kerjanya sama dengan fitur auto translate youtube di atas. Aplikasi ini tidak bisa menerjemahkan video, apabila video tersebut tidak ada subtitlenya sama sekali. Jika ingin mencobanya silahkan download aplikasinya melalui playstore.

Bagaimana jika subtitle di YouTube tidak muncul?

Silahkan klik ikon Subtitle seperti langkah mentranslate video youtube di atas. Apabila tetap tidak muncul juga, itu berarti pemilik video tidak mengaktifkan pilihan auto translate pada videonya.

Bagaimana cara agar YouTube ada subtitle indonesianya?

Jika menggunakan aplikasi Youtube, silahkan buka videonya lalu tap ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas video > pilih Subtitel. Kemudian pada daftar subtitle pilih Indonesia.

Apabila tidak ada subtitlenya, gunakan cara terjemahkan otomatis melalui browser seperti langkah di atas.

Demikian cara menerjemahkan video youtube yang tidak ada subtitle indonesia, semoga bisa bermanfaat buat Anda yang ingin menonton youtube tapi terkendala dengan bahasa videonya.

Orang Geofisika yang sangat tertarik dengan teknologi, mapping, dan blogger. Mempunyai niat pengen selalu berbagi dengan tulisan tapi gak jadi-jadi. Oleh karena itu, saya berusaha semaksimal mungkin untuk menyajikan artikel-artikel yang bermanfaat dan berkualitas tinggi.

YouTube merupakan sebuah hiburan yang menampilkan berbagai jenis video apapun untuk dinikmati oleh semua orang. Mulai dari video hiburan musik, drama, hingga model promosi berbagai produk. Namun seringkali penonton tidak bisa mengerti maksud video karena perbedaan bahasa. Lantas bagaimana cara menampilkan subtitle di YouTube yang tidak ada CC?

Terdapat beberapa langkah untuk bisa menampilkan subtitle agar muncul di video YouTube sesuai keinginan. Bahasa yang digunakan pun sangat beragam dan bisa disesuaikan, yaitu melalui cara yang ada berikut ini:

Mengenal Apa Itu CC Youtube

CC YouTube merupakan fitur yang biasa muncul dalam fitur terjemahan bahasa. Hal ini sangat berguna untuk memberikan pemahaman terhadap suatu video tayangan. Serta jenis teks tambahan tersebut biasanya  menggunakan bahasa Internasional atau bahasa Inggris.

Namun ternyata kedua teks subtitle dan CC ini memiliki sedikit perbedaan yang dapat dilihat secara lebih rinci. Misalnya saja pada tujuan penggunaannya yang berbeda. Apabila subtitle harus dimasukkan secara benar oleh konten kreator agar bisa menayangkan terjemahan yang diinginkan. Sedangkan pada CC berfungsi menampilkan terjemahan secara manual berbagai bahasa di dalam sebuah video. 

CC ini berisikan teks yang diucapkan secara otomatis dalam video. Biasanya akan berisikan kode maupun waktu yang menandakan kapan baris teks tersebut akan ditampilkan di video. Sehingga para penonton lebih mudah dalam memahami bahasa yang tercantum. Apalagi bagi penonton tunarungu maupun mengalami gangguan pendengaran, maka file subtitle/ CC ini sangat bermanfaat bagi mereka.

Format CC itu sendiri biasanya muncul dengan ekstensi file .srt, .sbv, .sub, .mpsub, .lrc, hingga .cap yang nantinya dapat diedit menggunakan software editor manapun. CC pun dapat secara otomatis menambahkan teks, mengedit menghapus hingga menerjemahkan deskripsi video secara cepat. Hal ini bisa dibilang begitu memudahkan para konten kreator maupun penonton yang berkebutuhan khusus.

Lantas mengapa terkadang CC tidak bisa muncul atau keluar di video YouTube? Ternyata hal ini dikarenakan pihak konten kreator tidak mengaktifkannya pada video tersebut. Sehingga apabila ini terjadi harus dilakukan beberapa cara agar bisa tampil dan dipergunakan sebagaimana mestinya.

Cara Menampilkan Subtitle di YouTube yang Tidak Ada CC

Menonton video berbahasa asing di YouTube memang seringkali menyusahkan. Pasalnya banyak penonton yang kurang paham terhadap bahasanya. Sehingga perlu mengaktifkan fitur CC yang disediakan. Apabila tidak muncul, maka cara menampilkan subtitle di YouTube yang tidak ada CC adalah sebagai berikut:

1. Mengaktifkan Caption Accessibility

Cara menampilkan subtitle di YouTube yang tidak ada CC yaitu melalui pengaktifan Caption Accessibility. Hal ini biasanya dikarenakan akses caption yang masih off, sehingga pengguna perlu memunculkannya agar subtitle bisa terbaca. Pengguna cukup memastikan bahwa pengaturannya dalam kondisi ON.

Langkah mengetahuinya adalah dengan membuka menu pengaturan pada titik 3 yang ada di sebelah video, kemudian pilih Caption. Pastikan bahwa tombol sudah dalam kondisi menyala atau ditandai dengan warna biru.

2. Mengupdate Aplikasi YouTube

Selain itu, pastikan pula bahwa aplikasi YouTube telah terupdate paling terbaru. Hal ini terkadang bisa menimbulkan error atau CC tidak mau muncul karena pengguna masih menggunakan YouTube versi lama. Apabila sudah berhasil, maka coba dengan kembali menyalakan subtitle/ CC pada video YouTube terpilih.

Namun apabila belum berhasil, pengguna bisa mencoba cara lainnya dan tetap memastikan bahwa YouTube sudah dalam kondisi terupdate dengan benar. Sehingga nantinya bisa menonton video tanpa kesulitan memahami bahasa.

3. Membuka CC Melalui Aplikasi YouTube

Jika pengguna memiliki aplikasi YouTube, maka hal yang perlu dilakukan sebagai cara menampilkan subtitle di YouTube yang tidak ada CC adalah dengan membuka aplikasinya terlebih dahulu. Pastikan bahwa video yang dipilih memilih subtitle. Jika tidak, maka tekan pause dan selanjutnya klik menu pada gambar tiga titik pada bagian kanan atas layar. Pilihlah bahasa yang ingin ditampilkan.

Namun apabila tidak muncul, bukan berarti YouTube mengalami error. Biasanya terjadi karena konten kreator tidak mengaktifkannya ataupun permasalahan lainnya. Sehingga menggunakan cara tersebut mestinya subtitle harus sudah muncul dan ada di tampilan video.

4. Menekan CC Melalui PC

Apabila ingin menonton YouTube dengan mudah dan lebih leluasa, tentunya seringkali pengguna menggunakan pc atau perangkat komputer. Cara menampilkan subtitle di YouTube yang tidak ada CC selanjutnya yaitu cukup dengan menekan menu bersimbolkan roda bergerigi yang ada pada bawah layar. Barulah pilihlah Subtitle maupun CC dengan bahasa yang di inginkan.

Namun terkadang ada kalanya bahasa yang bisa dipilih hanyalah bahasa Inggris. Sehingga pastikan setidaknya memahaminya sedikit untuk lebih mengerti keseluruhan video yang ditonton. Bila beruntung, berbagai bahasa juga dapat ditemukan tergantung kondisi setiap video YouTube. 

5. Menambahkan Subtitle Menggunakan Browser HP

Selain membukanya melalui pc, pengguna juga bisa menampilkan subtitle tersebut dengan cara membuka YouTube melalui browser hp. Langkah pertama adalah pastikan membuka YouTube.com di browser terpilih, kemudian carilah video yang ingin ditonton. Barulah mainkan seperti biasanya dan menekan pengaturan pada menu roda bergerigi di sebelahnya.

Setelah itu akan muncul pilihan mengaktifkan Subtitle Video. Dalam hal ini pengguna bisa memilih bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan sebagainya sesuai keinginan. Nantinya teks subtitle akan muncul pada bagian bawah layar. Kini menonton video dengan subtitle jadi lebih nyaman dan dapat dinikmati bersama keluarga.

Biasanya saat pertama kali memilih subtitle yang ada di video yaitu berisikan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Untuk menggantinya, pastikan memilih bahasa lain dan menekan opsi terjemahkan otomatis. Sehingga nantinya akan mengikuti bahasa yang diinginkan.

6. Mengunduh Subtitle Khusus

Langkah terakhir bagaimana cara menampilkan subtitle di YouTube yang tidak ada CC yaitu dengan mengakalinya. Seringkali CC tidak muncul karena tidak diaktifkan oleh konten kreator atau memang tidak disediakan. Sehingga pengguna YouTube perlu mencari cara lain yaitu dengan mengunduh subtitle pada yousubtitles.com.

Caranya yaitu pertama klik tombol salin dan bagikan video YouTube yang ada pada bagian bawah video. Kemudian buka situs yousubtitles.com dan tempelkan link tersebut ke kolom yang telah disediakan untuk bisa di download.

Tekan pilihan unduh dan tunggu hingga proses pengunduhan berhasil. Nantinya dokumen akan tersimpan dalam bentuk ekstensi srt dalam perangkat. Jika sudah, barulah terapkan pada video yang ingin dimainkan sesuai dengan tampilan subtitle terkait. Cara ini terbilang begitu mudah dan dapat dilakukan oleh siapapun. Jadi, tertarik mencoba cara ini?

Demikian ulasan mengenai bagaimana cara menampilkan subtitle di YouTube yang tidak ada CC. Pastinya melalui beberapa langkah tersebut, maka dijamin menu subtitle akan menyala dan berhasil muncul. Kini pengguna bisa menonton video YouTube tanpa mengalami kesusahan dalam memahami bahasa yang berbeda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Bagaimana cara translate video YouTube yang tidak ada subtitle?

2. Cara menerjemahkan video yang tidak ada subtitle dengan menggunakan YouTube.
Kunjungi YouTube..
Cari video yang ingin kamu terjemahkan..
Pada bagian bawah video, pilih tool Subtitle..
Klik Setting lalu klik Subtitle (CC) dan ubah ke Bahasa Indonesia..
Setelah itu, atur kualitas video sesuai dengan keinginan kamu..
Selesai..

Bagaimana cara agar video YouTube ada subtitlenya?

Menambahkan subtitel dan teks.
Login ke YouTube Studio..
Dari menu kiri, pilih Subtitel..
Klik video yang ingin Anda edit..
Klik TAMBAHKAN BAHASA lalu pilih bahasa Anda..
Di bagian subtitel, klik TAMBAHKAN..

Apa itu CC di YouTube?

File subtitel atau CC berisi teks yang diucapkan dalam video. File tersebut juga berisi kode waktu yang menandakan kapan setiap baris teks akan ditampilkan. Beberapa file ini juga mencakup informasi posisi dan gaya yang sangat berguna bagi penonton tunarungu atau yang mengalami gangguan pendengaran.

Bagaimana cara mengaktifkan subtitle Indonesia di YouTube?

Pilih “Manage Videos” supaya Anda bisa beralih ke YouTube Studio. Pada bagian menu Subtitles bawah foto profil Anda, tinggal memilih video mana yang akan Anda tambahkan terjemahan. Terakhir tinggal pilih “Add Language” untuk menambahkan bahasa dan klik Add.