Apakah mata minus bisa masuk polisi

Laporan Wartawan Bangka Pos, Zulkodri

BANGKAPOS.COM

, BANGKA -- Ada yang berbeda dalam perekrutan Akademi Polisi (Akpol) kali ini. Bagi peserta yang matanya minus satu tidak harus berkecil hati. Pasalnya bagi mereka yang matanya minus masih diperbolehkan ikut, asalkan dapat memenuhi persyaratan bagi jurusan IPA nilai akademisnya rata-rata harus mencapai 6,75 dan bagi jurusan IPS harus mencapai rata-rata 7,25.

Karo SDM Polda Kepulauan Bangka Belitung, Kombes Polisi Hotman Simatupang seizin Kapolda Babel, Brigjend Polisi Muhammad Rum Murkal mengatakan sekarang ini, bagi siswa yang matanya minus masih memiliki kesempatan, dengan syarat memenuhi kriteria standar akademisi yang telah diatur Mabes Polri.

"Umur para peserta yang mendaftar minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun," ulasnya.

Daftar isiTNI lebih tepatnya tidak mengizinkan pendaftar tentara berkacamata untuk yang masuk dari jalur: Tamtama, Bintara, dan Akademi Militer (sesuai kebijakan tertentu terkadang membolehkan minus maksimal 1.75).

Table of Contents Show

Table of Contents Show

  • Apakah mata minus bisa masuk TNI AL?
  • Apakah daftar polisi boleh mata minus?
  • Apakah mata minus bisa masuk sekolah taruna?
  • Mencegah Mata Minus, Bisakah? 
  • Apa mata minus bisa masuk TNI?
  • Apa mata minus bisa masuk polisi?
  • Apakah tentara boleh rabun?
  • Apakah setelah LASIK bisa masuk TNI?
  • Apakah mata minus bisa ikut polisi?
  • Berapa meter jarak tes mata polisi?
  • Apakah mata minus bisa jadi tentara?
  • Kaki o Apakah bisa masuk polisi?

  • Apakah mata minus bisa masuk TNI AL?
  • Apakah daftar polisi boleh mata minus?
  • Apakah mata minus bisa masuk sekolah taruna?
  • Mencegah Mata Minus, Bisakah? 
  • Apa mata minus bisa masuk TNI?
  • Apa mata minus bisa masuk polisi?
  • Apakah tentara boleh rabun?
  • Apakah setelah LASIK bisa masuk TNI?

Apakah mata minus bisa masuk TNI AL?

Salah satu syarat fisik masuk TNI adalah memiliki kondisi kesehatan yang baik. Calon prajurit harus menjaga kesehatan mata jangan sampai minus.

Apakah TNI boleh tatoan?

Seorang prajurit TNI dilarang bertato. Larangan bertato mulai diberlakukan sejak tahap penerimaan calon prajurit TNI. Berbagai penerimaan calon TNI menetapkan syarat tidak bertato sebagai hal yang harus dipenuhi. Seperti penerimaan bintara TNI Angkatan Darat dan taruna Akademi Militer tahun 2022.

Apakah polisi boleh berkacamata?

Polisi. Sama seperti TNI, untuk masuk Polri juga diperlukan fisik yang bagus. Termasuk kondisi tajam penglihatan mata harus baik dan normal. Memang dalam pengumuman syarat pendaftaran tidak ada klausul tidak boleh berkacamata, tetapi pada praktiknya, mata yang normal itu tidak berkacamata.

Apakah daftar polisi boleh mata minus?

Bagian Mata harus Sehat tidak boleh: Mata Rabun Jauh ataupun Rabun dekat lebih dari 0,5.

Apakah mata minus bisa masuk sekolah taruna?

Calon taruna diberikan toleransi penggunaan kacamata dengan mata minus (-) atau plus (+) maksimal ukuran 1. Tidak disebutkan dengan jelas pendaftar dengan mata silinder. Peserta seleksi juga tidak boleh buta warna.

Apakah lulusan S1 bisa jadi TNI?

Dilansir dari laman resmi rekrutmen-tni.mil.id, penerimaan ini dibuka bagi lulusan D4 dan S1 berbagai jurusan. Pendaftaran dibuka mulai 13 September 2021 hingga 29 Oktober 2021.

Apakah boleh masuk polisi mata minus?

Untuk dapat menjadi polwan, maka calo polwan harus memiliki mata yang tidak minus, tidak buta warna atau bisa dikatakan memiliki mata yang baik.

Berapa minimal mata minus polisi?

Halodoc, Jakarta – Salah satu syarat untuk lolos menjadi anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah memiliki kondisi kesehatan yang baik. Calon prajurit tidak hanya harus memiliki kondisi fisik yang bugar, tetapi juga kesehatan yang baik hampir pada seluruh tubuh termasuk kesehatan mata. Orang yang ingin melamar sebagai pasukan militer harus menjaga kesehatan mata jangan sampai minus. 

Mata minus merupakan istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan rabun jauh alias miopi. Kondisi ini merupakan jenis gangguan penglihatan di mana pengidapnya tidak bisa melihat dengan jelas objek yang berada jauh, sedangkan objek yang letaknya dekat biasanya tidak masalah alias masih bisa dilihat dengan jelas. Kondisi ini terjadi karena mata tidak bisa memfokuskan cahaya pada tempat yang seharusnya, retina mata. 

Baca juga: 7 Pemeriksaan Fisik yang Biasa Dilakukan Sebelum Masuk Sekolah Militer

Mencegah Mata Minus, Bisakah? 

Rabun jauh ditandai dengan gejala utama penglihatan kabur ketika melihat benda-benda yang jauh, misalnya lampu lalu lintas atau persimpangan jalan. Penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja, tetapi kebanyakan miopi menyerang anak-anak usia sekolah hingga remaja. Pada anak-anak, rabun jauh bisa membuatnya mengalami kesulitan di sekolah karena tidak mampu melihat tulisan di papan tulis saat duduk di barisan belakang. 

Saat merasa penglihatan kabur, seseorang cenderung akan berusaha memfokuskan mata untuk melihat lebih jelas. Biasanya, hal tersebut akan memicu munculnya gejala lain pada pengidap mata minus. Rabun jauh juga sering disertai dengan gejala sakit kepala, mata lelah, berkedip secara sering, mengucek mata, dan sering tidak menyadari keberadaan objek yang jauh. Kondisi ini ditangani dengan menggunakan kacamata agar kondisi mata tidak terus memburuk. 

Mata minus bisa disebabkan oleh kelainan pada kornea dan lensa mata. Keduanya memiliki fungsi untuk memfokuskan cahaya pada retina. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang diduga bisa memicu kondisi ini, mulai dari faktor genetik alias keturunan, mata kurang mendapat sinar matahari, kekurangan vitamin D, serta kebiasaan membaca atau menonton terlalu dekat. Cara terbaik untuk mencegah penyakit ini adalah dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan tersebut. 

Sayangnya, rabun jauh alias mata minus tidak bisa dicegah seutuhnya. Apalagi jika seseorang memiliki faktor risiko yang cukup tinggi. Namun, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga agar mata tetap sehat sehingga bisa mengurangi risiko mata minus pula. Jika kamu bercita-cita menjadi tentara, sebaiknya lakukan langkah-langkah pencegahan mata minus secepat mungkin. Berikut ini tips mencegah mata minus yang perlu diketahui: 

  • Lindungi Mata 

Cara terbaik mencegah kerusakan adalah dengan melindungi mata. Biasakan untuk menggunakan kacamata hitam saat berpergian atau melakukan aktivitas di siang hari. Hal ini penting untuk membantu melindungi mata dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. 

  • Jangan Merokok

Merokok menjadi hal yang harus dihindari saat seseorang ingin bergabung menjadi pasukan militer. Tidak hanya bisa merusak kesehatan paru-paru, paparan asap rokok nyatanya juga bisa memengaruhi kesehatan mata, termasuk meningkatkan risiko mata minus. 

Baca juga: Agar Lulus Tes Tentara TNI-AL, Perhatikan Hal Ini

  • Konsumsi Makanan Sehat 

Ada jenis makanan sehat yang baik untuk menjaga kesehatan mata, sehingga terhindar dari risiko rabun jauh. Kandungan yang baik untuk mata adalah vitamin A dan vitamin D yang bisa didapat dari buah-buahan dan sayuran. 

  • Periksa Mata Rutin 

Menjaga kesehatan mata juga penting. Hal ini bertujuan untuk memantau agar kesehatan mata tetap terjaga serta mengurangi risiko rabun jauh. 

Baca juga: Tak Hanya Dewasa, Anak Pun Butuh Medical Check-up

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi: NHS UK. Diakses pada 2019. Short-sightedness (myopia).Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Nearsightedness.Healthline. Diakses pada 2019. Nearsightedness (Myopia).

Apa mata minus bisa masuk TNI?

Salah satu syarat fisik masuk TNI adalah memiliki kondisi kesehatan yang baik. Calon prajurit harus menjaga kesehatan mata jangan sampai minus.

Apa mata minus bisa masuk polisi?

Seseorang yang ingin menjadi polisi harus dipastikan memiliki tingkat kesehatan prima, termasuk tak boleh bermata minus.

Apakah tentara boleh rabun?

Tidak boleh buta warna atau rabun. Untuk bintara atau yang masuk dengan lulusan SMA/sederajat, tidak boleh memakai kacamata. Kalau yang lulusan S1 atau profesi, boleh memakai kacamata, asal minusnya tidak banyak," imbuh tentara yang akrab disapa Uni Sari tersebut.

Apakah setelah LASIK bisa masuk TNI?

Kontrol Post Operasi LASIK Waktu tepat sebelum tes masuk POLRI / TNI minimal 1 bulan sebelum tes dan lebih baik 3 bulan sebelum tes. Pertimbangannya adalah: Masa proses penyembuhan setelah operasi.

Apakah mata minus bisa ikut polisi?

Seseorang yang ingin menjadi polisi harus dipastikan memiliki tingkat kesehatan prima, termasuk tak boleh bermata minus.

Berapa meter jarak tes mata polisi?

Prosedur pemeriksaan visus mata Berikut ini adalah prosedur tes ketajaman mata dengan Snellen chart: Anda akan diminta untuk duduk atau berdiri dengan jarak 6 meter dari kartu Snellen. Pemeriksaan biasanya dilakukan di tempat dengan pencahayaan terang. Tutup salah satu mata Anda dengan menggunakan tangan.

Apakah mata minus bisa jadi tentara?

Salah satu syarat fisik masuk TNI adalah memiliki kondisi kesehatan yang baik. Calon prajurit harus menjaga kesehatan mata jangan sampai minus.

Kaki o Apakah bisa masuk polisi?

Kaki tidak boleh : Kaki X batas normal 5 cm dari posisi sudut telapak kaki kanan/kiri 45 derajat di hitung dari mata kaki. Kaki O batas normal 5 cm dari posisi sudut telapak kaki kanan/kiri 45 di ukur dari kulit sendi bagian terdekat paha. Telapak kaki flat atau datar yang biasanya dikenal dengan kaki bebek.

Apakah mata minus bisa ikut polisi?

Seseorang yang ingin menjadi polisi harus dipastikan memiliki tingkat kesehatan prima, termasuk tak boleh bermata minus.

Apakah mata minus bisa jadi tentara?

Salah satu syarat fisik masuk TNI adalah memiliki kondisi kesehatan yang baik. Calon prajurit harus menjaga kesehatan mata jangan sampai minus.

Apakah menjadi polwan tidak boleh pakai kacamata?

Kemudian, kata Sri Handayani, calon polwan juga harus sehat, baik secara jasmani maupun rohani. "Apabila ternyata dia menggunakan kacamata, tidak bisa," ujarnya.

Apakah kaki o tidak bisa masuk polisi?

Kaki tidak boleh : Kaki X batas normal 5 cm dari posisi sudut telapak kaki kanan/kiri 45 derajat di hitung dari mata kaki. Kaki O batas normal 5 cm dari posisi sudut telapak kaki kanan/kiri 45 di ukur dari kulit sendi bagian terdekat paha. Telapak kaki flat atau datar yang biasanya dikenal dengan kaki bebek.