Apakah kulit berminyak bisa menjadi normal

Parapuan.co - Jenis kulit wajah tiap orang memiliki tipe tertentu seperti kulit berminyak, kering, maupun kombinasi kering dan berminyak. 

Namun, ternyata tipe kulit kita bisa berubah sementara, lho. Apalagi jika kita berada di situasi-situasi tertentu. 

Baca Juga: 3 Tips Mudah Mencegah Makeup Menempel Pada Masker, Yuk Coba!

Lantas situasi seperti apa yang dapat mengubah kondisi kulit kita? 

Melansir Bustle, PARAPUAN merangkum 5 kondisi dan situasi yang dapat mengubah kondisi kulitmu. 

1. Suhu dan Iklim 

Menurut Dr. Sarah Sawyer, seorang dari Dermatology and Laser of Alabama, kulit akan melakukan penyesuaian sesuai dengan iklim dan perubahan musim agar organ lain tetap aman.

Namun, tiap kulit akan memiliki reaksi yang berbeda-beda terhadap perubahan cuaca. 

Sarah menjelaskan bahwa ketika orang dengan tipe kulit kering berada dalam cuaca atau iklim yang lebih kering, tentu akan membutuhkan hidrasi yang lebih banyak agar kulit tetap lembab. 

Baca Juga: Mengenal Rosacea, Gangguan Kulit yang Ditandai dengan Kemerahan

Selain itu, orang dengan tipe kulit berminyak dalam kondisi yang sama akan mendapati kulit mereka lebih seimbang atau malah semakin berminyak akibat kelenjar sebaceous yang memproduksi mintak lebih banyak daripada biasanya. 

Tak hanya itu, saat kita berada di bawah ruangan AC dalam waktu yang lama pun juga akan memengaruhi kondisi kulit kita lho.

Untuk itu, pakai pelembap saat berada dalam ruangan AC ya! 

Setiap jenis kulit wajah tentu memiliki masalah dan cara merawat yang berbeda. Untuk merawat wajahmu dengan tepat, baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu jenis kulit wajahmu. Bahkan, tidak jarang jenis kulit wajahmu bisa berubah seiring berjalannya waktu. Yuk, ketahui jenis-jenis kulit wajah selengkapnya di sini, Teman Senka!

Kulit Normal

Jenis kulit ini merupakan kondisi kulit yang memiliki keseimbangan antara jumlah kandungan air dan minyak. Sehingga, kondisinya tidak terlalu kering, tapi juga tidak terlalu berminyak. Buat Teman Senka yang ingin mengetahui kulitmu normal atau bukan, biasanya bekas minyak tidak terlalu terlihat di kertas tisu saat mengelap wajah. Ciri-ciri dari jenis kulit wajah normal adalah memiliki pori-pori hampir tidak terlihat, tidak terlalu sensitif, bertekstur elastis dan kenyal. Umumnya, jenis-jenis kulit wajah yang normal jarang memiliki masalah kulit.

Kulit kering

Nah, jenis kulit wajah yang satu ini kadang tak jarang dianggap serupa dengan kulit normal. Tapi, sebenarnya jauh berbeda, lho. Jenis-jenis kulit wajah yang kering biasanya terjadi akibat rendahnya tingkat kelembapan pada lapisan terluar pada kulit. Sehingga, mengakibatkan kulit menjadi kering dan mudah pecah-pecah. Ciri-ciri dari kulit wajah kering adalah memiliki tampilan permukaan kulit yang terlihat kasar, pucat, bersisik, dan kusam, serta kurang elastis.

Masalah kulit yang biasanya dirasakan oleh kulit wajah kering, seperti gatal, mudah memerah, dan kulit terasa kasar. Untuk merawat kulit wajah yang kering, pastikan kamu menjaga pola makan, minum air cukup, menghidrasi kulit wajahmu dengan baik. Kamu bisa hidrasi kulit wajahmu dengan sheet mask Senka yang berbahan dasar alami. Faktor yang menyebabkan kulit wajah kering, yaitu faktor genetik/turunan, perubahan hormon, usia, cuaca ekstrim (dingin/panas), paparan sinar matahari berlebih, salah memakai produk perawatan wajah, hingga konsumsi obat-obatan tertentu.

Kulit berminyak

Jenis kulit yang satu ini bisa dibilang jenis kulit yang paling mudah untuk dideteksi. Karena biasanya orang yang memiliki kulit wajah berminyak pasti tampilan wajahnya terlihat mengilap, cenderung licin, berkomedo dan memiliki pori-pori wajah yang besar. Kulit wajah yang mengilap itu dikarenakan produksi minyak atau sebum yang berlebih. Nah, apabila sebum berlebih itu dibiarkan dan tidak dirawat bisa menyebabkan kulit semakin berminyak, pori-pori tersumbat, dan membuat kulit rentan muncul jerawat.  Walaupun begitu, sisi positif dari pemilik kulit wajah berminyak memiliki tingkat yang rendah terjadinya penuaan dan munculnya kerutan pada wajah.

Tingkat produksi minyak atau sebum berlebih biasanya dipengaruhi oleh faktor genetik/turunan, perubahan hormon, atau stres. Untuk itu, pastikan kamu menghindari krim atau perawatan wajah yang memiliki kandungan minyak yang tinggi. Sebaliknya, pakai produk perawatan yang justru bisa membantumu mengontrol produksi minyak, seperti facial cleanser Senka A.L.L. Clear Water Fresh dan Senka Perfect Whip Fresh.

Kulit Sensitif

Jenis kulit ini biasanya rentan mengalami alergi/iritasi, ruam, dan mudah bereaksi terhadap faktor tertentu, seperti makanan, cuaca, lingkungan, atau produk perawatan wajah yang tidak cocok. Selain itu, kulit wajah sensitif juga mudah kering, terkelupas, terasa perih, atau bahkan memerah. Untuk orang yang memiliki ciri-ciri seperti ini, pastikan kamu menggunakan produk perawatan wajah yang tepat dan baiknya dikonsultasikan supaya tidak semakin parah.        

Kulit Kombinasi

Jenis kulit wajah yang satu ini memang sedikit membingungkan untuk yang belum mengetahuinya. Kulit wajah kombinasi merupakan perpaduan antara kulit berminyak dan kulit kering. Biasanya, orang yang kulit wajahnya kombinasi memiliki kulit berminyak di zona T (area dagu, hidung, dan dahi), dan kulit kering di area pipi. Untuk merawat kulit wajah kombinasi memang perlu usaha lebih, dikarenakan kondisi wajah terdiri dari perpaduan kondisi kulit. Untuk itu, pastikan kamu merawatnya dengan perawatan wajah yang seimbang dan tepat, serta menjalani gaya hidup yang seimbang.Faktor yang menyebabkan kulit wajah kombinasi, yaitu faktor genetik/turunan, makanan, gaya hidup, dan perubahan hormon.

Itulah dia jenis-jenis kulit wajah yang perlu kamu ketahui, Teman Senka! Karena tiap-tiap jenis kulit wajah memiliki ciri yang berbeda, otomatis masalah kulit yang dihadapi dan cara mengatasinya pun pasti berbeda juga. Oleh karena itu, pastikan kamu menanganinya dengan tepat. Mulai dari istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan bergizi, tidak merokok, menggunakan perawatan wajah yang tepat, dan rutin melakukan double cleansing dengan produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit.

Kabar baiknya, Senka Indonesia memiliki rangkaian pembersih wajah dan sheet mask untuk masing-masing kulit wajah yang bisa didapatkan di sini. Apabila kamu masih belum yakin dan butuh rekomendasi produk, kamu bisa ke Ask Senka. Jangan lupa untuk rutin double cleansing ya! 

Kenapa muka saya sangat berminyak?

Penyebab kulit wajah berminyak ada beragam, seperti perubahan hormon, faktor genetik, usia, pola makan yang buruk, perubahan iklim atau udara. Jenis kulit wajah ini ditandai dengan adanya kilap pada wajah, terutama di zona T, yaitu dahi, hidung, dan dagu.

Bagaimana cara kulit tidak berminyak?

Nah, ini cara merawat kulit berminyak yang bisa kamu praktikkan:.
Cuci Wajah Secara Teratur. Mencuci wajah secara teratur (pagi dan malam) dapat mengurangi jumlah minyak pada kulit. ... .
2. Gunakan Toner. ... .
3. Tepuk-Tepuk Wajah Hingga Kering. ... .
4. Gunakan Masker Wajah Sekali Seminggu. ... .
Aplikasikan Pelembap Wajah..

Apakah normal wajah berminyak?

Minyak pada kulit wajah merupakan hal normal, ini terjadi pada setiap pori-pori adalah kelenjar sebaceous yang menghasilkan minyak alami dan disebut sebagai sebum.

Apa kulit berminyak awet muda?

Kulit berminyak dianggap sebagai jenis kulit wajah yang bisa awet muda. Hal ini dikarenakan kulit berminyak dapat mencegah kerutan dengan lebih optimal karena minyak wajah menjaga kulit tetap lembab dan halus.