Apakah ketan hitam dapat menurunkan berat badan?

Ilustrasi ketan bintul. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Beras merupakan salah satu makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Hampir dapat dipastikan bahwa setiap orang yang tinggal di Indonesia pernah mengonsumsi olahan beras. Kebanyakan masyarakat hanya mengenal jenis beras putih untuk dikonsumsi setiap hari, padahal masih banyak jenis beras yang tak kalah bermanfaat untuk kesehatan.

Salah satu jenis beras yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan adalah beras ketan. Sebagian masyarakat menggunakan beras ketan untuk berbagai macam olahan menu makanan seperti kue. Rasanya yang gurih dan lezat menjadikan beras ketan cukup digemari oleh semua kalangan.

Selain memiliki cita rasa yang gurih, beras ketan juga mengandung zat tembaga yang berfungsi efektif untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga fungsi otak. Tak hanya itu, ada banyak manfaat beras ketan lainnya yang penting untuk diketahui. Berikut manfaat beras ketan untuk kesehatan yang dilansir dari Liputan6.com:

2 dari 3 halaman

Bantu Turunkan Berat Badan

© elembarazo.net

Manfaat beras ketan yang pertama adalah bantu turunkan berat badan. Beras ketan tidak mengandung gluten, sehingga cocok dikonsumsi orang yang sedang menjalankan program diet gluten. Selain itu, beras ketan juga rendah lemak yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Melansir dari jurnal Nature Communications, diet gluten diperuntukkan bagi mereka yang mengidap penyakit celiac atau sensitivitas gluten. Orang-orang ini harus menghindari gluten agar terhindar dari berbagai penyakit yang membahayakan tubuh. Dengan mengonsumsi beras ketan secara rutin dan teratur, bisa membantu program diet gluten agar berat badan cepat turun.

Menjaga Kesehatan Tulang

Tak hanya bisa bantu turunkan berat badan, manfaat beras ketan juga mampu menjaga kesehatan tulang. Kandungan nutrisi pada beras ketan berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Selain itu, kandungan kalsium pada beras ketan juga menurunkan risiko gigi rusak, katarak, dan penyakit otak.

3 dari 3 halaman

©2015 Merdeka.com

Sebagaimana kita tahu, penyakit jantung menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Oleh karena itu, upaya pencegahan harus dilakukan sejak dini. Adapun cara mencegah penyakit jantung adalah mengonsumsi beras ketan secara teratur.

Pasalnya, beras ketan memiliki kandungan jumlah lemak yang rendah. Satu setengah cangkir beras ketan menyediakan kurang dari 2 gram protein dan kurang dari seperempat gram lemak. Lemak berlebih dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, stroke, dan kolesterol.

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat beras ketan berikutnya, yaitu menjaga kesehatan kulit. Kandungan antioksidan pada beras ketan berperan penting untuk memproduksi kolagen dengan cepat, sehingga mampu menjaga elastisitas kulit. Selain itu, beras ketan juga mengandung vitamin C, B6, dan E yang berfungsi efektif untuk menjaga kelembapan kulit.

Selain dikonsumsi, beras ketan bisa dijadikan bahan perawatan kulit seperti masker atau lulur. Beras ketan bahkan telah lama dijadikan bahan perawatan kulit tradisional masyarakat Asia.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sebagaimana kita tahu, seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah rentan terkena berbagai macam penyakit. Salah satu cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah mengonsumsi beras ketan. Pasalnya, kandungan vitamin, tembaga, dan vitamin B pada beras ketan mampu memperkuat sistem imun tubuh.

Selain itu, beras ketan juga dapat membantu menjaga metabolisme tubuh berjalan dengan baik dan sehat. Selenium dan berbagai vitamin dan mineral lainnya dalam ketan mengandung sifat antioksidan dalam tubuh, yang dapat menurunkan risiko penyakit kronis dan mengurangi stres oksidatif dalam tubuh.

[jen]

Selain rasanya yang nikmat, ketan hitam ternyata memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat ketan hitam untuk kesehatan adalah untuk memelihara daya tahan tubuh.

Beras ketan hitam berwarna hitam saat belum dimasak dan berubah menjadi keunguan setelah dimasak. Warna hitam pada ketan hitam adalah pertanda bahwa bahan pangan ini mengandung banyak antosianin.

Antosianin merupakan pigmen antioksidan, yang juga ditemukan pada terong dan bluberi. Selain mengandung antioksidan, ketan hitam juga mengandung beberapa nutrisi, seperti:

  • Zat besi
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Serat

Manfaat Ketan Hitam bagi Kesehatan

Berikut ini adalah beragam manfaat ketan hitam bagi kesehatan:

1. Penunjang daya tahan tubuh

Salah satu manfaat ketan hitam bagi kesehatan adalah untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Bahkan, menurut sebuah penelitian, ketan hitam memiliki kemampuan menjaga daya tahan tubuh yang lebih baik dibandingkan beras merah.

Kemampuan ketan hitam ini dikaitkan dengan tingginya kadar antosianin di dalamnya. Selain memperkuat sistem kekebalan tubuh, antosianin juga melindungi sel dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

2. Melawan kanker dan penyakit jantung

Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, ketan hitam diketahui dapat membantu mencegah penyakit kanker dan penyakit jantung. Kandungan antosianin pada ketan hitam diketahui berperan penting untuk hal tersebut.

Antioksidan diketahui berperan dalam mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL, sehingga turut berkontribusi dalam upaya melawan penyakit jantung. Selain itu, antioksidan juga memiliki sifat antiradang dan antikanker. Antosianin sebagai antioksidan diketahui dapat menurunkan risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Ketan hitam termasuk ke dalam gandum utuh yang memiliki kandungan serat cukup tinggi. Serat merupakan zat penting dalam menjaga kesehatan usus. Selain itu, serat juga dapat membantu menurunkan berat badan, tekanan darah, dan kolesterol. Menurut penelitian, beras ketan hitam juga memiliki efek probiotik yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan.

4. Mencegah anemia

Kekurangan zat besi diketahui dapat mengakibatkan anemia. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi ketan hitam. Sebab, ketan hitam diketahui mengandung zat besi yang dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah.

5. Membentuk sel dan jaringan

Ketan hitam juga kaya akan protein, sehingga bisa menjadi alternatif sumber protein nabati. Protein merupakan zat penting dalam pembentukan sel serta membangun berbagai jaringan tubuh, termasuk jaringan kulit dan tulang.

6. Pewarna alami makanan

Pigmen warna dalam ketan hitam bisa dimanfaatkan sebagai pewarna alami dalam pengolahan makanan, mulai dari merah muda hingga hitam. Memakai pewarna makanan alami dari ketan hitam akan lebih baik bagi kesehatan karena merupakan bahan alami, ketimbang memakai pewarna buatan.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan atau minuman dengan pewarna buatan berpotensi menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti peningkatan risiko kanker, hiperaktif pada anak-anak, dan alergi.

Beberapa manfaat ketan hitam di atas memang masih sebatas teori dan masih perlu dibuktikan melalui penelitian lebih lanjut. Namun, tidak ada salahnya memasukkan ketan hitam ke dalam menu makanan sehari-hari, mengingat di dalamnya terkandung berbagai nutrisi yang penting untuk tubuh.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter terkait manfaat ketan hitam bagi kesehatan, terlebih jika Anda ingin mencoba ketan hitam sebagai salah satu bahan pangan alternatif untuk memenuhi kebutuhan gizi harian Anda dan keluarga.

Terakhir diperbarui: 25 Oktober 2021

Ketan hitam apakah bagus untuk diet?

Ketan hitam termasuk ke dalam gandum utuh yang memiliki kandungan serat cukup tinggi. Serat merupakan zat penting dalam menjaga kesehatan usus. Selain itu, serat juga dapat membantu menurunkan berat badan, tekanan darah, dan kolesterol.

Apakah ketan bisa membuat kurus?

Beras ketan hitam memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi. Kedua kandungan ini dipercaya dapat membantu proses penurunan berat badan karena mampu mengurangi nafsu makan. Kandungan antosianin dalam beras ketan hitam juga mampu mengurangi berat badan dengan presentase lemak tubuh.

Apakah ketan hitam bisa menaikan berat badan?

Banyak yang telah membuktikan bahwan mengonsumsi ketan hitam menjadikan Anda cepat kenyang sehingga menurunkan kebiasaan mengemil yang dapat menambah berat badan. Ditambah lagi kalori untuk ketan hitam lebih sedikit padahal kalori merupakan penyumbang pertama kenaikan berat badan.

Apakah ketan hitam mengandung lemak?

Sumber energi dan nutrisi Jumlah ini berasal dari 4 gram protein, 1,2 gram lemak, 37,3 gram karbohidrat, dan nutrisi lain dalam jumlah lebih kecil. Bulir biji utuh ini juga kaya akan vitamin B1, B3, serta mineral.