Apa yang kamu ketahui tentang tim Pengibar bendera saat kemerdekaan RI

Show



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada Rabu, 17 Agustus 2022, telah ditentukan. Tim Pancasila Tangguh, menjadi nama yang disematkan, pada tim yang didaulat untuk bertugas pada upacara tersebut. Adapun rinciannya, I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi yang merupakan perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Saat ini, dia menempuh pendidikan di SMA Negeri 2 Kudus. Tiga lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera ialah Rafly Tri Aditama sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Kalimantan Tengah, Mario Adhiyaksa Sihombing sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Sumatra Utara, dan Bramantya Rizky Wiratama sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat. Baca Juga: Pimpin Upacara 17 Agustus, Presiden Jokowi Kenakan Baju Adat Buton Dolomani Sementara itu, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, S. Sos, didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Saat ini, dia menjabat sebagai Komandan Pusat Pendidikan Pelaut Komando Pendidikan Operasi Laut Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL. Bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka adalah Kapten Inf. Arya Dwinanda Wijayendra, S.ST.Han. Saat ini, dia bertugas sebagai Komandan Kompi Senapan A Yonmek 202/Tajimalela Brigif Mekanis 1 PAM Ibu Kota/JS Kodam Jaya. Adapun bertindak sebagai Perwira Upacara ialah Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya yang lahir di Bangkalan, 10 November 1971, dan saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta. Dia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1993. Sebagai informasi, Paskibraka 2022 yang anggotanya berasal dari perwakilan masing-masing provinsi di Indonesia sebelumnya telah dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (15/8) di halaman Istana Merdeka, Jakarta. Sebanyak 68 pemuda telah mengucapkan Ikrar Putra Indonesia dan siap untuk menjalankan tugasnya pagi ini.   Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Editor: Anna Suci Perwitasari


Pengibaran bendera Merah Putih saat upacara HUT RI ke-76 telah dilakukan di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (17/8). Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) melakukan tugasnya dengan baik. Mereka yang bertugas pada upacara itu disebut Tim Indonesia Tangguh.

Pengibaran bendera Merah Putih saat upacara HUT RI ke-76 telah dilakukan di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (17/8). Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) melakukan tugasnya dengan baik. Mereka yang bertugas pada upacara itu disebut Tim Indonesia Tangguh.(foto:lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta: Pengibaran bendera Merah Putih saat upacara HUT RI ke-76 telah dilakukan di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (17/8). Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) melakukan tugasnya dengan baik. Mereka yang bertugas pada upacara itu disebut Tim Indonesia Tangguh. 

Pembawa bendera Merah Putih dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia kali ini adalah Ardelia Muthia Zahwa. Remaja kelahiran 6 Desember 2004 itu merupakan perwakilan dari Provinsi Sumatera Utara. Ardelia lahir di Kota Tebing Tinggi dan menempuh pendidikannya di SMA Harapan I Kota Medan. 

Ardelia menjalankan perannya sebagai pembawa bendera Merah Putih dengan sangat baik. Langkahnya tegak. Matanya menatap lurus ke-arah Presiden Joko Widodo yang menjadi inspektur upacara. Dia begitu sangat konsentrasi ketika menaiki maupun turun tangga untuk mengambil bendera Merah Putih. 

Tiga lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas mengibarkan bendera adalah Aditya Yogi Susanto sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Gorontalo, Dika Ambiya Rahman sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat, dan Ridho Hadfizar Armadhani sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Lampung.

Kemudian, Kolonel Pnb. Putu Sucahyadi, S.AP., M.Sc., M.M.S., menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Pria kelahiran Denpasar, 9 Oktober 1977 itu merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1999. Saat ini ia menjabat sebagai Asops Kosekhanudnas II Makassar.

Sementara itu, Komandan Kompi Paskibraka yakni Kapten Inf. Suryadi Nataatmaja, S.S.T.Han. Saat ini pria lulusan Akademi Militer tahun 2012 tersebut bertugas sebagai Danki Pandu Udara Denpandutaikam Brigif Para Raider 18/2 Kostrad.

Adapun bertindak sebagai Perwira Upacara ialah Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya. Lahir di Bangkalan, 10 November 1971, dua menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta. Novi Helmy merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1993. (jef)

Perbesar

Paskibraka putri dari Jawa Barat, Tarrisa Maharani Dewi, terpilih mengemban tugas sebagai Pembawa Baki Sang Saka Merah Putih pada upacara HUT ke-73 RI

Liputan6.com, Jakarta Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada Jumat (17/8/2018) telah ditentukan.

Mereka diberi nama Tim Nusa, dan secara resmi telah didaulat untuk bertugas pada acara tersebut.

Tarrisa Maharani Dewi yang mewakili Provinsi Jawa Barat terpilih sebagai pembawa baki Sang Saka Merah Putih. Wanita kelahiran 10 Juli 2002 itu, merupakan putri dari Bapak Teguh Pudjo Rumekso dan Ibu Dewi Susilowati ini bersekolah di SMAT Krida Nusantara Kota Bandung.

Tiga Paskibraka lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera ialah Mohamad Ikbal Machmud sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Gorontalo, Babogi Ikalawang sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Bengkulu, dan Sang Putu Hendra Adi sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Bali.

Sementara itu, Kolonel Arhanud Tri Sugiyanto didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Perwira kelahiran Magetan, 28 Januari 1974, ini merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1996. Saat ini ia menjabat sebagai Asisten Personil Kasdam Jaya.

Bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Laut (P) Alfred Edward Manihuruk.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Kapten Laut (P) Alfred Edward Manihuruk yang lahir di Jakarta, 8 Mei 1988 tersebut bertugas sebagai Komandan Pesawat 2 Flight 2 Skadron 400 Wing Udara 1 Puspenerbal. Ia merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut tahun 2009.

Adapun bertindak sebagai Perwira Upacara ialah Brigadir Jenderal TNI Herianto Syahputra. Lahir di Lhokseumawe, 22 Januari 1968. Dirinya merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1990. Saat ini ia menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I Jakarta.

Paskibraka 2018 yang anggotanya berasal dari perwakilan masing-masing provinsi di Indonesia sebelumnya telah dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu, 15 Agustus 2018, di Istana Negara. Sebanyak 68 pemuda telah mengucapkan Ikrar Putra Indonesia dan siap untuk menjalankan tugasnya pagi ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

  • Hanz Jimenez SalimAuthor
  • SunariyahEditor

TOPIK POPULER

POPULER

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10

Berita Terbaru

Berita Terkini Selengkapnya