Apa saja yang harus dipelajari dalam bahasa Inggris untuk pemula?

Terdapat beberapa cara belajar bahasa Inggris untuk pemula yang mudah dan menyenangkan. Media televisi, video, dan musik merupakan sebagian contohnya.

Oleh Iftitah Nurul Laily

21 Desember 2021, 10:36

Unsplash/J. Kelly Brito

Ilustrasi cara belajar bahasa Inggris

Mempelajari bahasa Inggris dapat bermanfaat untuk komunikasi karena bahasa ini digunakan sebagai bahasa internasional. Penggunaannya tersebar secara luas dalam berbagai bidang, seperti bisnis, akademis, budaya, dan sebagainya.

Selain itu, studi dalam Annals of Neurology menunjukkan, orang yang mahir dalam dua bahasa memiliki kemampuan yang lebih baik dalam memperhatikan dan memiliki konsentrasi yang lebih baik daripada mereka yang hanya berbicara satu bahasa.

Belajar bahasa Inggris sejak dini disarankan karena saat anak berusia nol sampai tiga tahun, otak mereka berada dalam fase yang paling fleksibel sehingga mudah untuk menerima informasi, menurut publikasi Michigan State University.

Faktanya, bayi yang diajari dwibahasa lebih unggul dalam mendeteksi perubahan bahasa sejak usia enam bulan. Hingga usia 8 tahun, anak memiliki otot telinga dan bicara yang fleksibel sehingga dapat mendeteksi perbedaan suara antara bahasa kedua.

Advertisement

Sebagai rekomendasi, simak berbagai cara belajar bahasa Inggris yang bisa dipraktikan.

1. Gunakan alat bantu visual

Belajar bahasa Inggris menggunakan gambar dan alat bantu visual lainnya sangat membantu karena mempermudah pemahaman. Gambar, diagram, dan video dapat digunakan untuk menghubungkan visual dengan kata-kata.

Mulai dengan belajar kosakata untuk menyebutkan bagian-bagian wajah dan menggunakan foto-foto orang sebagai alat bantu visual. Bagi siswa, gambar kartun lucu mungkin lebih disukai. Tetapi, orang dewasa mungkin lebih menyukai gambar yang nyata. 

Membuat alat bantu visual dapat juga dilakukan dengan memotong gambar dari majalah atau mencetak gambar yang ditemukan secara daring.

Baca Juga

  • Materi Kalimat Pasif Bahasa Inggris dengan Latihan Soal

2. Dengarkan musik dan pelajari semua liriknya

Menggunakan musik sebagai media belajar Bahasa Inggris dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan. Menurut publikasi Florida National University, musik mengaktifkan otak kiri dan kanan secara bersamaan. Hasilnya, kedua belahan otak dapat memaksimalkan pembelajaran dan meningkatkan daya ingat.

Musik adalah sumber yang bagus untuk mempelajari Bahasa Inggris yang lugas. Dengarkan lagu-lagu populer karena lebih banyak dimainkan saat berada di dalam mobil, radio, atau mal sehingga menjadi terbiasa.

Perhatikan untuk tidak memilih lagu dengan lirik kasar atau vulgar. Beberapa rekomendasi lagu untuk belajar Bahasa Inggris adalah:

  • Wake me up - Avicci
  • Thinking out Loud - Ed Sheeran
  • Budapest - George Ezra
  • Hello - Adele
  • Someone You Loved - Lewis Capaldi
  • All of Me - John Legend

Baca lirik lagu sambil mendengarkannya. Terjemahkan kata dan kalimat lalu coba mengucapkannya.

Baca Juga

  • Kumpulan Contoh Kata Sifat dalam Bahasa Inggris

3. Membaca teks bahasa Inggris

Teks Bahasa Inggris dapat ditemukan di mana saja. Misalnya, pada buku, surat kabar, situs web, email, media sosial, bahkan pada bungkus makanan. Membaca adalah cara terbaik untuk meningkatkan kosakata.

Bacaan dalam bentuk artikel, cerita, dan percakapan dapat membantu untuk mengetahui dan memahami arti kata-kata bahasa Inggris. Membaca juga memberikan pengulangan kata-kata sehingga membantu untuk mengingatnya.

Melalui proses membaca, orang yang belajar bahasa Inggris dapat meningkatkan akurasi dan kelancaran berbicara. Akurasi didefinisikan sebagai penggunaan kosakata, tata bahasa, dan pengucapan yang benar.

Baca Juga

  • Tips dan Trik Menulis Surat Lamaran Kerja Berbahasa Inggris

4. Menonton televisi dan film dalam bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris dengan menonton televisi dan film asing merupakan sarana yang menyenangkan. Menurut temuan dari Rajshahi University, menonton film berbahasa Inggris meningkatkan kemampuan mendengarkan serta keterampilan berbicara.

Pengucapan kosakata yang benar juga dapat ditingkatkan dengan menonton film berbahasa Inggris. Dengan cara ini, orang yang belajar bahasa Inggris dapat menguasai pemahaman dengan mempelajari frasa umum sehari-hari yang sangat berguna untuk komunikasi.

Rekomendasi film Toy Story cocok untuk belajar bahasa Inggris dan meningkatkan keterampilan percakapan. Film juga mengajari bentuk bahasa Inggris yang lebih alami dengan kosakata dan bahasa gaul. Melalui film, penonton dapat menghubungkan kata-kata dengan bahasa tubuh yang terkait.

Baca Juga

  • 10 Nama-nama Sayuran dan Nama Sayur dalam Bahasa Inggris

5. Catat setiap kosakata baru

Biasakan membawa buku catatan atau menggunakan alat pencatat di telepon. Setiap kali Anda mendengar atau membaca kata atau ungkapan baru, tulislah kalimat tersebut dan catat artinya. Ulangi membaca kosakata tersebut setelah 24 jam, satu minggu, dan satu bulan.

Cobalah untuk menggunakan kosakata ke dalam kalimat. Dengan begitu, Anda tahu bagaimana kata itu digunakan dalam kehidupan nyata. Anda juga dapat menggunakan gambar untuk melengkapi kalimat.

Baca Juga

  • 107 Nama-Nama Warna dalam Bahasa Inggris dan Indonesia

6. Tonton video berbahasa Inggris tentang topik yang diminati

Cara ini baik untuk melatih pemahaman dan komunikasi bahasa Inggris Anda. Menonton wawancara dan ulasan akan membantu Anda menjadi terbiasa dengan percakapan bahasa Inggris.

Video tidak harus berupa wawancara atau ulasan formal. Mungkin Anda menyukai teknologi dan ingin tahu lebih banyak tentang model tertentu. Jika Anda menyukai film, Anda dapat menonton wawancara dengan aktor dan aktris favorit Anda.

Baca Juga

  • 231 Nama Hewan dalam Bahasa Inggris dari A - Z

7. Mendaftar kursus bahasa Inggris secara daring

Mengambil kursus bahasa Inggris daring adalah cara yang bagus untuk mempelajari dasar-dasar bahasa Inggris. Mempelajari pengetahuan dasar dapat menjadi fondasi untuk pemahaman dan praktik bahasa Inggris.

Selain itu, Anda dapat memilih kursus berdasarkan tujuan dan tingkat keahlian. Jika Anda ingin belajar bahasa Inggris percakapan untuk liburan ke luar negeri, ada kursus yang disesuaikan dengan tujuan ini. Ada juga kursus dalam bahasa Inggris untuk bisnis internasional, untuk menulis, untuk membaca, dan banyak lagi lainnya.

Baca Juga

  • 50 Ucapan Ulang Tahun untuk Sahabat dalam Bahasa Indonesia dan Inggris

Itulah berbagai rekomendasi cara belajar bahasa Inggris untuk pemula.

Editor: Safrezi

  • #Cara Belajar Bahasa Inggris
  • #Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula
  • #Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris
  • #Belajar Bahasa Inggris

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Email

Daftar

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Apa yang harus dipelajari dalam bahasa Inggris untuk pemula?

5 Dasar Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula Terbukti Efektif.
Pelajari Bentuk Kata (Tenses) Tenses atau bentuk kata merupakan elemen paling penting dan mendasar untuk mempelajari bahasa Inggris. ... .
Mendengarkan (Listening) ... .
Membaca (Reading) ... .
Menulis (Writing) ... .
Berbicara (Speaking).

Langkah belajar bahasa Inggris dari nol?

Berikut ini 9 cara belajar Bahasa Inggris bagi pemula bisa kamu terapkan:.
Jangan takut melakukan kesalahan. ... .
2. Belajar dari lagu berlirik Bahasa Inggris. ... .
Menonton film berbahasa Inggris. ... .
Membaca buku berbahasa Inggris. ... .
Sering berlatih berbicara dalam Bahasa Inggris. ... .
6. Berpikir dalam Bahasa Inggris..

4 skill dalam bahasa Inggris apa saja?

Nah, untuk menguasai bahasa Inggris, akan ada 4 skill (keterampilan) yang harus dilatih. Seperti bahasa lain pada umumnya, 4 skill dalam bahasa Inggris adalah Listening, speaking, reading, dan writing.

Apa saja yang harus diperhatikan saat belajar bahasa Inggris?

Untuk meningkatkan kemampuan writing, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika belajar Bahasa Inggris:.
Membaca Buku, Obviously! ... .
Mencari Arti Kosakata. ... .
Sederhanakan Kalimat Bahasa Inggris. ... .
Rutin Menulis. ... .
Koreksi Grammar dengan Bantuan Tools. ... .
Berbicara dengan Diri Sendiri. ... .
Cari Teman Belajar..