Apa saja teknologi yang tidak ramah lingkungan?

Saat ini perkembangan teknologi berkembang dengan pesat, baik di bidang pertanian, industri besar, maupun industri skala rumah tangga. Namun, kemajuan teknologi ini tidak selamanya menguntungkan, bahkan bisa merugikan termasuk lingkungan, akibat pemanfaatan yang dinilai tidak tepat. Inilah yang biasanya dinamakan teknologi tidak ramah lingkungan.

Pada dasarnya, adanya teknologi ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dan pemenuhan kebutuhan manusia. Sayangnya, dengan proses yang kurang efektif dan efisien serta mengeluarkan limbah yang cukup besar justru berpotensi mencemari lingkungan. Ada beberapa teknologi tidak ramah lingkungan dan saat ini banyak digunakan untuk kehidupan manusia antara lain :

Minyak Bumi

Teknologi tidak ramah lingkungan yang pertama adalah minyak bumi, yang merupakan komoditas paling mendominasi keseharian manusia. Dimana, hasil dari olahan minyak mentah ini banyak digunakan manusia seperti bahan bakar, aspal, hingga plastik.

Minyak mentah memiliki tekstur yang hitam pekat dan lengket yang didapat dari dalam perut bumi. Minyak bumi disusun oleh berbagai jenis rantai hidrokarbon. Dalam proses pengambilannya dari perut bumi harus dilakukan pengeboran dan minyak dipompa keluar dengan mesin, setelah di dapat minyak mentah, dilanjutkan ke proses pemanasan pada kilang untuk memisahkan berbagai jenis hidrokarbon menurut titik didihnya.

Minyak bumi sendiri terdiri dari dua jenis minyak mentah yaitu 30% light crude oil dan 70% heavy crude oil. Eksploitasi minyak bumi mengakibatkan banyak hutan di tebang, aliran air dihentikan, dan aliran sungai dialihkan. Pasir yang diambil untuk diproses juga mengakibatkan kontur tanah menjadi lebih labil. Pada saat proses pengolahan minyak juga menyebabkan pencemaran udara.

Selain itu, proses kilang minyak membuang limbah yang beracun pada suatu kubangan yang berbentuk danau dan mengakibatkan hal yang buruk bagi ekosistem. Adapun penggunaan minyak bumi dalam kehidupan sehari-hari antara lain :

  • Mesin diesel, menggunakan salah satu dari olahan minyak bumi berupa solar memberi pengaruh buruk terhadap lingkungan. Hasil pembakaran solar menghasilkan gas CO2 dan CO yang akan menimbulkan efek rumah kaca dan bersifat toksik.
  • Pembangkit listrik tenaga uap, banyak menggunakan bahan bakar minyak untuk menghasilkan uap air yang digunakan untuk memutar turbin. Hasil samping pembakaran tersebut tidak lain adalah gas CO2 yang sangat mencemari lingkungan.

Batu Bara

Teknologi tidak ramah lingkungan yang kedua adalah batu bara, yang merupakan bahan bakar fosil dan digunakan sebagai bahan bakar pembangkit listrik bahkan digunakan untuk sumber energi pembuat baja.

(Baca juga: Mengenal Teknologi Ramah Lingkungan Bidang Energi)

Batu bara adalah bahan bakar yang menimbulkan kerusakan lingkungan paling parah. Pasalnya, selain pada penggunaanya yang menimbulkan pencemaran udara yang sangat tinggi dengan CO2 dan SO2 yang dihasilkan saat pembakaran, pada proses pengambilan batu bara juga menyebabkan pencemaran pada air dan tanah.

Dalam dunia industri listrik juga batu bara menimbulkan emisi radio aktif dan limbah padat dan hasil pembakaran bersifat racun sehingga harus disimpan di tempat yang tertutup. Disamping itu, salah satu penggunaan batu bara yang sangat mencemari lingkungan adalah pembangkit listrik tenaga uap yang menghasilkan asap hitam tebal akibat pembakaran batu bara yang akan mencemari udara. Bahkan berpotensi untuk merusak lapisan ozon.

Pabrik

Teknologi tidak ramah lingkungan yang ketiga adalah pabrik. Bukan hanya mencemari lingkungan karena asap yang dikeluarkannya tetapi juga limbahnya dibuang dengan sembarangan. Pada dasarnya limbah pabrik dibagi menjadi tiga yaitu, limbah cair, padat, dan gas.

Pengolahan limbah pabrik yang kurang tepat akan menimbulkan pencemaran lingkungan yang berbahaya seperti tercemarnya sumber air karena limbah kimia cair dari pabrik, sehingga air disekitar pabrik tidak bisa digunakan lagi. Asap tebal hasil pembakaran yang mencemari udara dapat menimbulkan berbagai penyakit pernapasan bagi orang di sekitar pabrik, seperti asma, bronchitis dan pneumonia.

Kulkas dan AC

Teknologi tidak ramah lingkungan yang keempat merupakan alat kebutuhan rumah tangga yang ada hampir disetiap rumah yaitu kulkas dan AC. Kedua teknologi ini merupakan alat pendingin yang dalam proses pendinginannya menggunakan klorofluorokasrbon (CFC) atau biasa disebut Freon. Bahaya dari CFC sendiri dapat merusak ozon. CFC akan melepaskan radikal bebas C-Cl ke udara. Saat C-CL mencapai lapisan ozon akan bereaksi dengan O3 dan bisa mengikis lapisan ozon di atmozfer.

peralatan komputer yang berguna untuk mendeteksi tulisan adalah​

7 POIN18. Dokter Danu membaca hasil rontgen toraks pasien. Kemudian, dokter membandingkan hasil rontgen tersebut dengan hasil rontgen pasien sebelumny … a Tindakan tersebut dapat dikategorikan sebagai proses... A. dekomposisi B. abstraksi C. pengenalan pola D. algoritme​

jaringan yang hanya dirancang untuk melakukan pemakaian bersama sebuah perangkat antarkomputer pribadi dengan workstation dinamakan ​

Jenis komponen yang dapat digunakan dalam pembuatan aplikasi delphi dan memungkinkan pengguna untuk dapat memilih lebih dari satu pilihan adalah….

Bagaimana cara berkomunikasi dan mengeluarkan pendapat di Media Sosial, Lingkungan sekolah dan Lingkungan sekitar ​

Jelaskan tujuan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi.

•berikut ini yang bukan fungsi web adalah ....a. media promosib. media provokasid. media pendidikan​•perintah untuk membuka jendela baru pada web brow … ser adalah ....a. Ctrl + Tb. Ctrl + Nc. Ctrl + Sd. Ctrl + O•aktivitas menjelajah internet untuk mengakses informasi melalui website dikenal dengan istilah ....a. browsingb. searchingc. Googlingd. phising•bagian dari jendela mesin pencari (search engine) yang digunakan untuk memasukkan kata kunci (keyword) pencarian adalah ....a. status barb. title barc. keyword bard. search bar•file tag kecil yang tersimpan di komputer yang berisi sedikit informasi terkait penjelajahan website yang pernah kita lakukan disebut ....a. Hyperlinkb. cookiesc. historyd. bookmark

jelaskan langkah-langkah membuka surel​

matik & Acabut adalah kening (k) Bire (B), don Putih (P) selamo totda berbentuk bulat merah (M), Hija (M) akan mengubah 5*10 berrebe bhan bakk kas … Manik 3 yong tersisa. Manik 3 yang belth, sama. Diketahui 21 Manik 3 (M), 24 ig Monik 3 (kh, 23 Manik 2 (B), 22 Manik 3 Putih. Ditanya Monik I (H), berapa banyak manik? yang dirangkai ani​

Sebutkan 4 tipe firewall dan berikan penjelasannya!.

5 hasil sampling teknologi tidak ramah lingkungan antara lain ialah semprotan aerosol, mesin kendaraan bermotor, pembangkit listrik tenaga uap, teknologi pengolahan minyak bumi, teknologi pengolahan batubara dan lain sebagainya.

Pembahasan

Haloo adik adik yang ganteng ganteng dan cantik cantik balik lagi nih sama kakak kece. Gimana kabar kalian? Insyaallah sehat sehat terus yaa. Kali ini kakak a1m akan mencoba membantu menjawab pertanyaan ini ya, kuy deh dibaca pelan pelan biar masuk hati.

5 hasil sampling teknologi tidak ramah lingkungan antara lain ialah semprotan aerosol, mesin kendaraan bermotor, pembangkit listrik tenaga uap, teknologi pengolahan minyak bumi, teknologi pengolahan batubara dan lain sebagainya.  Teknologi tidak ramah lingkungan adalah teknologi yang dalam pembuatan dan penerapannya tidak menggunakan bahan baku yang tidak ramah lingkungan, menghasilkan banyak limbah yang tidak dapat terurai dan mencemari lingkungan. Dalam teknologi tidak ramah lingkungan juga memiliki proses yang tikdak efektif dan efisien.Teknologi yang tidak ramah lingkungan memiliki potensi dalam mencemari atau merusak lingkungan.

Berikut merupakan contoh teknologi tidak ramah lingkungan antara lain:

1.  Kendaraan bermotor yang  menggunakan bahan bakar, dikarenakan bahan bakar itu akan mengeluarkan asap-asap atau polusi yang dapat merusak udara hingga mengganggu pernapasan dan kebersihan lingkungan.

2.  Semprotan aerosolyang menggunakan tekanan gas untuk proses penyemprotan  yang nantinya akan mengeluarkan CFC. Kemudian CFC yang dilepaskan ke udara dan mengendap bersamaan, dapat membuat lubang di lapisan ozon bumi.

3. Pembangkit listrik tenaga diesel membutuhkan bahan bakar solar untuk memutar turbin dan menghasilkan listrik.

4. Teknologi pengolahan minyak bumi  yang mana untuk mengambil minyak dari pasir minyak, sangat banyak komponen tanah yang telah dipindahkan. Sehingga menimbulkan pengaruh buruk bagi lingkungan sekitarnya.

5. Teknologi pengolahan batubara Permasalahan yang muncul ketika kita menggunakan batubara sebagai bahan bakar adalah batubara merupakan bahan bakar yang paling kotor di antara bahan bakar yang lain.

Jadi teknologi tidak ramah lingkungan merupakan teknologi yang apabila  dipakai akan dapat mencemari, mengotori atau merusak lingkungan, maka kita harus menghindari penggunaan secara terus menerus teknologi tidak ramah lingkungan.

Demikian lah penjabar dari kakak, semoga dengan ilmu yang sedikiti ini dapat bermanfaat untuk adik adik semua.

Jangan lupa terus berusaha dan berdoa.

Pelajari lebih lanjut

1. Jelaskan teknologi yang tidak ramah lingkungan beserta contohnya ?

brainly.co.id/tugas/2274770

2. Apa yang dimaksud teknologi tidak ramah lingkungan? berikan contohnya!

brainly.co.id/tugas/9707333

3. Apa saja syarat-syarat teknologi ramah lingkungan? Jelaskan!

brainly.co.id/tugas/23083127

-----------------------------

Detil jawaban

Kelas: 7 SMP

Mapel:biologi

Bab: Bab 9 - Pencemaran Lingkungan

Kode: 7.4.2009

Kata Kunci: lingkungan, pencemaran lingkungan. Ramah lingkungan, menjaga lingkungan, teknologi tidak ramah lingkungan

#AyoBelajar