Apa saja peralatan yang diperlukan dalam pengamatan IMK

 

Past, present, andfuture of user interfacesoftware tools

KEL 7

27 JANUARI 20111.

CATUR RIZKI AYU BUDIASTUTIK (0931140079)2.

DIYAN ANDIKA K. (0931140065)3.

WINDA AYU MONICA (0931140100)

Disusun oleh :

 

Pengenalan

Penggunaan teknologi berkembang dengan cepat, sejak PC (tahun 1970

 –

1990an) dalamsegala bidang kehidupan (seperti, pendidikan, perdagangan, dan militer). Sehingga dapat dikatakanbahwa terdapat pergeseran antara hubungan manusia dengan teknologi, yaitu ketika sebuah kondisidimana manusia menjadi bergantung pada teknologi yang terbentuk. Dengan demikian,perkembangan teknologi tersebut kemudian mempengaruhi rancangan sistem yang harus dapatmembantu manusia dalam melakukan aktivitasnya. Sistem harus sesuai dengan kebutuhan manusiadan dirancang berorientasi kepada manusia sebagai pemakai. Sebelum sistem dirancang, makaterdapat beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan interaksi dan perancangan itu sendirimengenai pengaruhnya terhadap nilai-nilai manusia (user) sebagai makhluk individu dan sosial.Hampir semua aplikasi yang ada di Windows, UNIX, atau Macintosh umumnya menggunakan satuset bahan yang ditemukan sedikitnya 15 tahun yang lalu, mis: layar monitor, keyboard, dan mouse,Window managers, GUI, dll. Kita dapat mengharapkan peningkatan dramatis dalam keragaman dari jenis perangkat komputer yang digunakan dan konteks tugas di mana saat dioperasikannya.

Penggunaan software aplikasi sekarang supaya tercapai suatu kestabilan, maka terdapat dua halpenting, yaitu

kestabilan bagi user 

, berguna untuk mengembangkan skill-nya di bidang komputerdan

kestabilan bagi pengembang peralatan atau software

: berguna untuk menyempurnakan konseppengembangan peralatan dan software.

Perkembangan User Inteface masa Lampau

Dalam mengevaluasi alat masa lalu dan masa depan, terdapat beberapa tema yang tampaknyapenting dalam menentukan keberhasilannya

Bagian-bagian dari user interface yang dituju

: bahwa peralatan yang dianggap membantu padasaat peralatan itu dibutuhkan

Threshold and ceiling

:

“Threshold” adalah tingkat kesulitan dalam menggunakan suatu sistem.“Ceiling” adalah berapa banyak yang dapat dilakukan oleh sistem tersebut. Tujuan pembuatan

sistem adalah pada saat yang bersamaan, sistem tersebut memberikan

threshold 

yang rendah dan

ceiling

yang tinggi

Peralatan yang memberikan resistensi rendah

:

menjauhkan pengguna dari melakukan hal yangsalah

 

Prediktabilitas

:

Kemampuan peralatan yang memberikan prediksi tentang kemampuannya kepadaprogramer

Pindah target 

:

Peralatan yang dapat membantu dengan mudah dalam pembuatan software suatutugas

Peralatan yang digunakan untuk pembuatan IMK

 Windows managers and toolkits

:

memberikan sebuah model dasar pemrograman yaitu

imagingmodel 

dan

input model 

. Memungkinkan pengguna untuk mengontrol satu set tumpang tindihpermukaan layar, layar dapat dibuat sesuai dengan fokus dan perhatian dari tugas pengguna.Selanjutnya, dengan mendukung parsial tumpang tindih, manusia dapat lebih mudah melihattampilan, jadi tidak semua obyek yang di buka ditampilkan jadi satu, melainkan yang ditampilkanhanya yang sedang dioperasikan

 Event languages

:

penggunaannya dianggap sukses karena dapat secara langsung memanipulasi

graphical user interface.

Contohnya mis: Apple’s HyperCard, Microsoft’s Visua

l Basic, the Lingo

scripting language dalam Macromedia’s Director. Selain itu juga membantu mendorong mode gaya

bebas dari interface sejak pengguna bertugas menangani aplikasi.

 Interactive graphical tools

:

biasanya menggunakan mouse untuk membuat

interface.

Mis: VisualBasic, Visual C++, NeXT Interface Builder, Trillium dari Xerox PARC, dan MenuLay dari University of Toronto. Alasan penting bagi keberhasilan perancang antarmuka bahwa mereka menggunakan caragrafis untuk mengekspresikan konsep grafis (misalnya, tata letak antarmuka)

 Component systems

:

setiap komponen dikontrol menggunakan kotak segi empat pada layar dankomponen lainnya kemudian dimasukkan pada berikutnya, mis: untuk membuat garis maka dapat

menggunakan komponen ‘drawing’ yang ada di window

s

 Scripting languages

:

bukan suatu kebetulan bahwa toolkit pertama dikembangkan menggunakanbahasa pemrograman yang diinterpretasikan, mis: bahasa C dan C++. Sehingga sekarang ini bahasapenelitian melihat penggunaan komersial meningkat, dan bahasa populer seperti Visual Basic danJavascript menyediakan kemampuan yang diinterpretasikan.

 Hypertext 

:

digunakan untuk pembuatan web site, mis: HTML, XML. Kesederhanaan dan aksesibilitasdari bahasa html yang digunakan untuk halaman penulis, kemudahan membuat halaman diakses diweb, dan embedding gambar dengan teks.

DEFINISI IMK

Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) atauHuman-Computer Interaction(HCI) adalah Disiplin ilmu yang berhubungan dengan Perancangan, Evaluasi dan Implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia, serta studi fenomena-fenomena besar yang berhubungan dengannya.

Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) adalah Disiplin ilmu yang mempelajari Perancangan, Implementasi dan Evaluasi sistem komputasi interaktif dan berbagai aspek terkait.

Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) adalah Sebuah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana mendesain, mengevaluasi dan menerapkan (implementasi) interaksi antara manusia dan komputer.

Titik berat IMK pada : Perancangan dan evaluasi antar muka pemakai (user interface).

Antarmuka pemakai adalah bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer.

Fokus pada : INTERAKSI

Khususnya interaksi antara satu atau lebih manusia (sebagai pengguna komputer) dengan satu atau lebih mesin komputasi (komputer).

Fungsi dari IMK adalah :

Mengoptimasikan performansi antara manusia dengan komputer sebagai suatu sistem.

Untuk lebih jelasnya,marilah kita mengacu pada konteks berikut ini:

  Segala mesin yang dioperasikan oleh manusia yakni untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan melakukan suatu aksi. Tujuannya memaksimalkan fungsi suatu mesin.Ada interaksi antara manusia dengan mesin.

Ada beberapa bidang ilmu lain yang menunjang dan berhubungan dengan Interaksi Manusia Dengan Komputer ,

yaitu :

1) Teknik Elektronika

2) ilmu Komputer

3) Psikologi

4) Perancangan Grafis

5) Tipografi

6) Ergonomik

7) Antropologi

8) Linguistik

9) Sosiologi

10) Perancangan Industri

TEKNIK ELEKTRONIKA

Berbicara tentang komputer, khususnya dari sisi perangkat keras, pastilah tidak dapat terlepas dari pembicaraan tentang teknik elektronika, karena dalam bidang inilah kitadapat mempelajari banyak sekali aspek yang berhubungan dengan perangkat keras komputer.

Teknik Elektronika (Electrical engineering)adalah salah satu bidang ilmu teknik mengenai aplikasi listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Teknik listrik melibatkan konsep, perancangan, pengembangan, dan produksi perangkat listrik dan elektronik yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Teknik elektronika adalah Teknik yang berhubungan dengan berbagai material dalam berbagai konfigurasi atau struktur yang dapat mengatur aliran arus listrik.

Dalam teknik elektronika dikenal dan digunakan berbagai komponen seperti dioda, transistor, dan sirkuit terpadu untuk membangun perangkat keras.

Hasil dari teknik elektronika digunakan secara langsung oleh bidang lain seperti teknik komputer dan teknik telekomunikasi dengan sirkuit terintegrasi sebagai salah satukemajuan terbesar yang paling dimanfaatkan.

Ada 2 (dua) kegunaan utama dari kelistrikan, yaitu : Sebagai sarana untuk mengirimkan daya listrik dari satu tempat ke tempat lain dan Sebagai sarana untukmengirimkan informasi.

ILMU KOMPUTER

Ilmu yang membahas tentang Perancangan aplikasi dan Rekayasa/perancangan antarmuka untuk dapat digunakan oleh manusia dengan mudah.

Dalam hal ini menyangkut pemilihan program bantu pendukung, bahasa pemrograman, teknik pemrograman, serta bidang ilmu komputer lain seperti pengolahan bahasaalami, struktur data, basis data, dll.

Ilmu Komputer mempelajari :

è Apa yang bisa dilakukan oleh beberapa program, dan apa yang tidak (komputabilitas dan intelegensia buatan,

è Bagaimana program itu harus mengevaluasi suatu hasil (algoritma),

è Bagaimana program harus menyimpan dan mengambil bit tertentu dari suatu informasi (struktur data), dan

è Bagaimana program dan pengguna berkomunikasi (antar muka pengguna dan bahasa pemograman).

Edsger Wybe Dijkstra mengatakan :

Ilmu komputer bukan tentang komputer, sebagaimana astronomi bukan tentang teleskop

Fisikawan Richard Feynman mengatakan :

Ilmu komputer umurnya tidak setua fisika; lebih muda beberapa ratus tahun.

Walaupun begitu, ini tidak berarti bahwa “hidangan” ilmuwan komputer jauh lebih sedikit dibanding fisikawan. Memang lebih muda, tapi dibesarkan jauh lebih intensif !

Tesis Church -Turing menyatakan bahwa semua alat komputasi yang telah umum diketahui sebenarnya sama dalam hal apa yang bisa mereka lakukan, sekalipun denganefisiensi yang berbeda.

Tesis ini kadang-kadang dianggap sebagai prinsip dasar dari ilmu komputer.

Para ahli ilmu komputer biasanya menekankan komputer Von Neumann atau Mesin Turing (komputer yang mengerjakan tugas yang kecil dan deterministik pada suatuwaktu tertentu), karena hal seperti itulah kebanyakan komputer digunakan sekarang ini.

Para ahli ilmu komputer juga mempelajari jenis mesin yang lain, beberapa diantaranya Belum Bisa praktikalnya dipakai secara massal (seperti komputer Neural, komputerDNA, dan komputer Quantum)

Ilmu komputer berakar dari elektronika, matematika dan linguistik. Dalam tiga dekade terakhir dari abad 20 (dua puluh), ilmu komputer telah menjadi suatu disiplin ilmubaru dan telah mengembangkan metode dan istilah sendiri.

Departemen ilmu komputer pertama didirikan di Universitas Purdue pada tahun 1962. Hampir semua universitas sekarang mempunyai departemen ilmu komputer.

Penghargaan tertinggi dalam ilmu komputer adalah Turing Award, pemenang penghargaan ini adalah semua pionir di bidangnya.

PSIKOLOGI

Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dan proses mental.

Psikologi merupakan cabang ilmu yang masih muda atau remaja. Sebab, pada awalnya psikologi merupakan bagian dari ilmu filsafat tentang jiwa manusia.

Menurut Plato, psikologi berarti ilmu pengetahuan yang mempelajari sifat, hakikat, dan hidup jiwa manusia (psyche = jiwa ; logos = ilmu pengetahuan).

Para perancang sistem interaksi manusia komputer juga harus mempelajari aspek psikologi pengguna untuk dapat memahami bagaimana pengguna dapat menggunakan sifatdan kebiasaan baiknya, menggunakan persepsi dan pengolahan kognitif serta ketrampilan motorik yang dimilikinya agar kita dapat menjodohkan mesin dengan manusiauntuk mendapatkan kerjasama yang serasi.

Beberapa metodologi dalam psikologi, di antaranya sebagai berikut :

1) Metodologi Eksperimental

Cara ini dilakukan biasanya di dalam laboratorium dengan mengadakan berbagai eksperimen.

Peneliti mempunyai kontrol sepenuhnya terhadap jalannya suatu eksperimen. Yaitu menentukan akan melakukan apa pada sesuatu yang akan ditelitinya, kapan akanmelakukan penelitian, seberapa sering melakukan penelitiannya, dsbnya.

2) Observasi Ilmiah

Pada pengamatan ilmiah, suatu hal pada situasi-situasi yang ditimbulkan tidak dengan sengaja, melainkan dengan proses ilmiah dan secara spontan.

Observasi alamiah ini dapat diterapkan pula pada tingkah laku yang lain, misalnya saja : Tingkah laku orang-orang yang berada di toko serba ada, tingkah laku pengendarakendaraan bermotor dijalan raya, tingkah laku anak yang sedang bermain, perilaku orang dalam bencana alam, dsbnya.

Psikologi adalah ilmu yang luas dan ambisius, dilengkapi oleh biologi dan ilmu saraf pada perbatasannya dengan ilmu alam dan dilengkapi oleh sosiologi dan anthropologipada perbatasannya dengan ilmu sosial.

Beberapa kajian ilmu psikologi diantaranya adalah:

Adalah bidang studi psikologi yang mempelajari perkembangan manusia dan faktor-faktor yang membentuk prilaku seseorang sejak lahir sampai lanjut usia.

Psikologi perkembangan berkaitan erat dengan psikologi sosial, karena sebagian besar perkembangan terjadi dalam konteks adanya interaksi sosial.

Dan juga berkaitan erat dengan psikologi kepribadian, karena perkembangan individu dapat membentuk kepribadian khas dari individu tersebut

Bidang ini mempunyai 3 (tiga) ruang lingkup, yaitu :

1)   Studi tentang pengaruh sosial terhadap proses individu, misalnya : studi tentang persepsi, motivasi proses belajar, atribusi (sifat)

2) Studi tentang proses-proses individual bersama, seperti bahasa, sikap sosial, perilaku meniru dan lain-lain

3) Studi tentang interaksi kelompok, misalnya kepemimpinan, komunikasi hubungan kekuasaan, kerjasama dalam kelompok, dan persaingan.

Adalah bidang studi psikologi yang mempelajari tingkah laku manusia dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Psikologi kepribadian berkaitan erat dengan psikologi perkembangan dan psikologi sosial, karena kepribadian adalah hasil dari perkembangan individu sejak masih kecildan bagaimana cara individu itu sendiri dalam berinteraksi sosial dengan lingkungannya.

Adalah bidang studi psikologi yang mempelajari kemampuan kognisi, seperti: Persepsi, proses belajar, kemampuan memori, atensi, kemampuan bahasa dan emosi.

PERANCANGAN GRAFIS

Ada kata bijak yang mengatakan bahwa “Sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata”.

Dalam dunia komputer, kata ini dapat diartikan bahwa gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog yang cukup efektif antara manusia dengan komputer.

Keahlian merancang grafik menjadi salah satu kunci penting dalam menunjang keberhasilan sistem manusia-komputer, karena antarmuka yang disusun dapat menjadisemakin luwes dan ampuh.

Perancangan (desain) grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman,desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai Desain interaktif atau Desain Multimedia.

Perancangan (desain) grafis adalah Suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seEfektif mungkin.

Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi danfine art.

Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metode merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yangdigunakan (desain).

Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.

Kategori Desain Grafis

Secara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori, Yaitu :

  1. Printing (Percetakan) è Yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.
  2. Web Desain è Desain untuk halaman website.
  3. Film è Termasuk CD, DVD, CD multimedia untuk promosi.
  4. Identifikasi (Logo), EGD (Environmental Graphic Design) è Merupakan desain professional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitektaman.
  5. Desain Produk, Pemaketan dan sejenisnya.

TIPOGRAFI

Typography berasal dari kata Yunani Typos = bentuk dan graphein = menulis yang merupakan seni dan teknik mengatur huruf menggunakan gabungan bentuk huruf cetak,ukuran huruf, ketebalan garis, spasi antar huruf, garis pandu dan jarak antar baris.

è Tipografi merupakan Suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesantertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.

èTipografi adalah Sebuah ilmu yang mempelajari tentang Huruf dan penggunaan Huruf dalam aplikasi desain komunikasi visual.

è

Seni tipografi dikenal pula dengan karya atau desain yang menggunakan pengaturan huruf sebagai elemen utama.

Sejarah Tipografi

Sejarah perkembangan tipografi dimulai dari penggunaan Pictograph.

Bentuk bahasa ini antara lain dipergunakan oleh bangsa Viking Norwegia dan Indian Sioux.

Di Mesir berkembang jenis huruf Hieratia, yang terkenal dengan nama Hieroglif pada sekitar abad 1300 SM. Bentuk tipografi ini merupakan akar dari bentuk Demotia, yangmulai ditulis dengan menggunakan pena khusus.

Bentuk tipografi tersebut akhirnya berkembang sampai di Kreta, lalu menjalar ke Yunani dan akhirnya menyebar keseluruh Eropa. Puncak perkembangan tipografi, terjadikurang lebih pada abad 8 SM di Roma saat orang Romawi mulai membentuk kekuasaannya. Karena bangsa Romawi tidak memiliki sistem tulisan sendiri, merekamempelajari sistem tulisan Etruska yang merupakan penduduk asli Italia serta menyempurnakannya sehingga terbentuk huruf-huruf Romawi.

Saat ini tipografi mengalami perkembangan dari fase penciptaan dengan tangan hingga mengalami komputerisasi.

Fase komputerisasi membuat penggunaan tipografi menjadi lebih mudah dan dalam waktu yang lebih cepat dengan jenis pilihan huruf yang ratusan jumlahnya.

“Tipografi adalah seni pers dari jenis bergerak, termasuk perencanaan pada buku dan ukuran, komposisi, dan tata letak, untuk mencapai keseluruhan diimbangi danmenggemaskan” .

Tipografi tidak hanya sekedar elemen yang memberikan informasi saja. Jika kita bisa mengolahnya dengan baik, maka tipografi dapat berdiri sendiri sebagai informasi dansebagai karya desain grafis.

ERGONOMIK

Ergonomik adalah ilmu terapan dari desain peralatan untuk mengurangi kelelahan dan ketidaknyamanan operator.

Komputer sering ditempatkan pada ruang kerja dengan kurang memperhatikan faktor kenyamanan atau kelelahan operator.

Entah anda bekerja dengan komputer atau mengelola orang yang bekerja dengan komputer, anda perlu mengetahui hal-hal dasar tentang desain Ergonomik.

ANTROPOLOGI

Antropologi adalah ilmu pengetahuan tentang Manusia

Antropologi juga salahsatu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang Budaya masyarakat suatu etnis tertentu.

Antropologi mempelajari manusia sebagai makhluk biologis sekaligus makhluk sosial.

Antropologi berasal dari kata Yunani : Anthropos yang berarti “manusia” atau “orang”, dan Logos yang berarti “wacana” (dalam pengertian “bernalar”, “berakal”).

Definisi Antropologi menurut para ahli :

William A. Haviland è Antropologi adalah studi tentang umat manusia, berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya serta untukmemperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia.

David Hunter èAntropologi adalah ilmu yang lahir dari keingintahuan yang tidak terbatas tentang umat manusia.

Koentjaraningrat è Antropologi adalah ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik masyarakat sertakebudayaan yang dihasilkan.

Dari definisi-definisi tersebut, dapat disusun pengertian sederhana :

Antropologi yaitu Sebuah ilmu yang mempelajari manusia dari segi keanekaragaman fisik serta kebudayaan (cara-cara berperilaku, tradisi-tradisi, nilai-nilai) yangdihasilkan sehingga setiap manusia yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda.

Dengan, demikian antropologi merupakan hal yang mempelajari seluk-beluk yang terjadi dalam kehidupan manusia.

Dapat dilihat dari perkembang pada masa saat ini, yang merupakan salah satu dari fenomena- fenomena yang terjadi ditengah- tengah masyarakat sekarang ini.

Ilmu pengetahuan tentang manusia juga memegang peranan penting dalam sistem interaksi manusia-komputer, seperti diketahui, interaksi sangat dipengaruhi oleh teknologiyang digunakan (misalnya dalam sebuah kantor).

Disisi lain antropologi dapat memberikan suatu pandangan mendalam tentang cara kerja berkelompok yang masing-masing anggotanya diharapkan dapat memberikankontribusi sesuai dengan bidangnya masing-masing.

LINGUISTIK

Pada saat kita menggunakan komputer, seolah-olah kita sedang melakukan dialog dengan komputer yang ada dihadapan kita.

Untuk dapat melakukan dialog tentunya kita memerlukan sarana komunikasi yang memadai. Sarana komunikasi ini berbentuk suatu bahasa khusus misalnya saja bahasagrafis, bahasa alami, bahasa menu, ataupun bahasa perintah.

Linguistik merupakan cabang ilmu pengetahuanyangmempelajari tentangBAHASA.

Beberapa aspek seperti komputasi linguistik dan teori bahasa formal membentuk bidang khusus dalam ilmu komputer.

Sarana komunikasi inilah yang mengarahkan pengguna ketika ia berurusan dengan komputer.

Linguistik adalah ilmu Bahasa

Tergantung sudut pandang, pendekatan seorang peneliti, maka ilmu linguistika seringkali digolongkan pada ilmu kognitif, psikologi dan antropologi.

Secara umum linguistik adalah bahasa atau ilmu yang mengambil bahasa sebagai objek kajiannya .

Linguistik berasal dari bahasa latin yaitu linguaadalah bahasa , sedangkan istilah dari prancis linguistik adalah linguistique,dari bahasa inggris adalah linguistics.

Pakar linguistic di sebut juga Linguis .

Ferdinand de Saussure (Prancis) di anggap sebagai pelopor linguistic modern.

Bukunya yang terkenal adalah Cours de linguistique generale (1916).

Beberapa istilah yang digunakan olehnya adalah yang digunakan dalam linguistic, yaitu:

1) Language

Adalah satu kemampuan berbahasa yang ada pada setiap manusia yang sifatnya pembawaan.

2) Langue

Adalah mengacu pada suatu sistem bahasa tertentu yang ada dalam benak seseorang.

3) Parole

Adalah ujaran yang diucapkan atau didengar oleh kita.

SOSIOLOGI

Sosiologi berasal dari bahasa Latin yaitu Socius yang berarti Kawan/Teman sedangkan Logos berarti ilmu Pengetahuan.

Istilah Sosiologi sebagai cabang Ilmu Sosial dicetuskan pertama kali oleh ilmuwan Perancis, bernama :

August Comte tahun 1842 dan kemudian dikenal sebagai Bapak Sosiologi

Ungkapan Sosiologi dipublikasikan pertama kalinya dalam bukunya yang berjudul “Cours De Philosophie Positive” karangan August Comte (1798-1857).

Walaupun banyak definisi tentang sosiologi namun umumnya sosiologi dikenal sebagai ilmu pengetahuan tentang masyarakat.

Masyarakat adalah sekelompok individu yang mempunyai hubungan, memiliki kepentingan bersama, dan memiliki budaya.

Sosiologi mempelajari masyarakat, perilaku masyarakat, dan perilaku sosial manusia dengan mengamati perilaku kelompok yang dibangunnya.

Sosiologi disini berkaitan dengan studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial.

Contoh sosiologi berpengaruh di IMK :

Misal adanya kekhawatiran sementara orang tentang akan di PHK nya mereka atau disingkirkannya mereka dari kantor itu karena adanya kebijakan kantor, hal ini seringmenjadi bahan yang menarik untuk didiskusikan.

Sosiologi sebagai ilmu mempunyai ciri-ciri, sebagai berikut :

Empiris, yaitu didasarkan pada observasi dan akal sehat yang hasilnya tidak bersifat spekulasi (menduga-duga).

Teoritis, yaitu selalu berusaha menyusun abstraksi dari hasil observasi yang konkret di lapangan, dan abstraksi tersebut merupakan kerangka dari unsur-unsur yang tersusunsecara logis dan bertujuan menjalankan hubungan sebab akibat sehingga menjadi teori.

Komulatif, yaitu disusun atas dasar teori-teori yang sudah ada, kemudian diperbaiki, diperluas sehingga memperkuat teori-teori yang lama.

Nonetis, yaitu pembahasan suatu masalah tidak mempersoalkan baik atau buruk masalah tersebut, tetapi lebih bertujuan untuk menjelaskan masalah tersebut secaramendalam.

Perbedaan Antara Sosiologi dengan Antropologi

Antropologi adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang Manusia.

Sedangkan Sosiologi adalah Pengetahuan atau ilmu tentang sifat masyarakat, perilaku masyarakat, dan perkembangan masyarakat.

Sosiologi merupakan cabang Ilmu Sosial yang mempelajari masyarakat dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia.

Dari pengertian tersebut, dapat ditarik sebuah kesimpulan, bahwa sosiologi mempelajari masyarakat sebagai satu kesatuan. Baik itu sistem, interaksi, kekuasaan, matapencaharian, karakter kelompok, dan lain sebagainya.

Sedangkan antropologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari Manusia sebagai individu bagian masyarakat, bagaimana individu-individu tersebut memiliki peran danberperan dalam masyarakat.

PERANCANGAN INDUSTRI / DESAIN INDUSTRI

Desain Industri adalah Suatu kreasi tentang bentuk, konfigurasi, atau komposisi garis atau warna, atau garis dan warna atau gabungan dari padanya yang berbentuk 3 (tiga)dimensi atau 2 (dua) dimensi yang memberikan kesan estatis dan dapat diwujudkan dalam pola 3 (tiga) dimensi atau 2 (dua) dimensi serta dapat dipakai untuk menghasilkansuatu produk, barang, komoditas industri atau kerajinan tangan

Perancangan Industri membahas tentang produk-produk interaktif.

Dengan semakin berkembangnya teknologi layar tampilan, penggunaan layar sentuh menjadi semakin populer.

Saat ini selain layar sentuh, Multi touch screen (layar sentuh banyak) juga semakin banyak digunakan.

Pertemuan 3 – FAKTOR MANUSIA

Sistem komputer terdiri dari 3 (tiga) aspek, yakni :

– Perangkat keras (Hardware)

– Perangkat lunak (Software)

– Aspek Manusia (Brainware)

Ketiga aspek ini harus saling bekerjasama agar sebuah sistem komputer dapat bekerja dengan sempurna.

Untuk merancang sebuah sistem IMK yang lebih baik, selain aspek teknis, Perancang juga harus – mengerti bagaimana manusia mengolah dan menerima informasi darikomputer tsb.

Mengapa Perancang perlu memahami efek dari faktor manusia ?

a) Karena manusia mempunyai keterbatasan dalam memproses informasi.

b) Karena manusia menerima informasi dan memberikan respons lewat saluran yang terbatas; seperti Panca indera dan Memori yang berhubungan dengan Perasaan.

Perbandingan kecakapan relatif manusia & komputer :

MANUSIA

1) Estimasi 2) Intuisi 3) Kreativitas 4) Adaptasi 5) Kesadaran serempak 6) Pengolahan abnormal/pengecualian 7) Pengingat asosiatif (jalinan hubungan saling terkait) 8) Pengambilan keputusan non-deterministik 9) Pengenalan Pola 10) Pengetahuan tentang dunia

11) Kesalahan manusiawi