Apa makna Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia terutama kalangan Pemuda jelaskan

JAKARTA - Makna Sumpah Pemuda bagi perjuangan kemerdekaan begitu penting. Tanpa adanya semangat dan juga spirit Sumpah Pemuda, kemerdekaan Indonesia tidak akan dapat terwujud.

Sumpah Pemuda dicetuskan pada 28 Oktober 1928. Pada tanggal ini merupakan momentum bagi seluruh pemuda untuk merapatkan barisan. Karena pada saat itu, kondisi bangsa Indonesia masih terpecah belah. Karena Indonesia terdiri dari beragam suku budaya, agama dan juga bahasa.

Para ahli sejarah berpendapat, sejatinya Peristiwa Sumpah Pemuda merupakan suatu "Kemerdekaan". Di dalamnya terdapat penanaman jati diri bangsa yang berbalut semangat persamaan nasib dan cita-cita para pemuda di masanya.

Semangat itulah yang mendorong komitmen para pemuda untuk mengikat lebih dalam. Baik rela menumpahkan darah untuk Indonesia, rela bersatu meskipun berbeda latar belakang dan juga membuat alat persatuan yakni bahasa Indonesia.

Pada Pembacaan Naskah Proklamasi merupakan puncak dari semangat para pemuda. Saat itu Bung Karno dan Bung Hatta lantang menyampaikan Kemerdekaan Indonesia dalam sebuah teks Proklamasi. Begitu kabar itu keluar, sistem penyebaran informasi dan persatuan Indonesia tidak diragukan lagi.

Akhirnya untuk memantapkan cita-cita Sumpah Pemuda, para bapak bangsa membacakan proklamasi di hadapan bangsa Indonesia. Sejak saat itulah Indonesia dapat terbebas dari kekangan para penjajah dan juga sekutu.

Mari kita Napak Tilas sejarah Sumpah Pemuda yang diadakan di Jakarta pada 28 Oktober 1928. Awalnya para pemuda mendirikan Organisasi Budi Utomo. Dari situlah bermunculan organisasi-organisasi kepemudaan.

Mereka akhirnya semakin kuat dan solid dalam meneguhkan arah serta cita-cita bangsa sebelum kemerdekaan. Sampai pada mereka harus mengumandangkan Sumpah Pemuda ke seluruh pelosok negeri.

Berikut isi Sumpah Pemuda:

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Makna utama dari sumpah pemuda adalah sebuah pematri jati diri bangsa. Kemudian di dalamnya terdapat keinginan seluruh bangsa Indonesia untuk bersatu dan bersama dalam menumbuhkan dan mengusahakan kedaulatan atau kemerdekaan negara Indonesia.

Sedangkan dengan puncak semangat sumpah pemuda terjadi pada 17 Agustus 1945. Hal tersebut terjadi saat Soekarno Hatta atas nama Indonesia membacakan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Kemudian sejak saat itu juga, Indonesia yang terdiri dari berbagai etnis, agama, dan golongan menjadi bangsa yang merdeka dan bersatu.

Demikian penjelasan Makna Sumpah Pemuda bagi perjuangan kemerdekaan. Semoga bangsa Indonesia ke depan makin solid dan kuat.

  • #Makna Sumpah Pemuda bagi Perjuangan Kemerdekaan
  • #Sumpah Pemuda

Menerka Arah Dukungan Jokowi di Pilpres 2024, Ganjar, Prabowo, atau Puan?

Perbesar

Ilustrasi bendera Indonesia, nasionalisme, upacara bendera. (Photo by Mufid Majnun on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Makna Sumpah Pemuda bagi pelajar memainkan peran penting bagi generasi muda. Sumpah Pemuda adalah sebuah ikrar pemuda-pemudi Indonesia yang mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Sumpah Pemuda merupakan hasil putusan dari Kongres Pemuda Kedua pada 28 Oktober 1928.

Sumpah Pemuda menjadi salah satu pemantik semangat memperjuangkan kemerdekaan. Melalui makna Sumpah Pemuda bagi pelajar, persatuan dan kesatuan dapat tercapai. Makna Sumpah Pemuda bagi pelajar merupakan wujud persatuan para pemuda Indonesia. Makna Sumpah Pemuda bagi pelajar dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya bangsa Indonesia.

Kini, makna Sumpah Pemuda bagi pelajar menjadi wujud rasa bangga dan cinta tanah air. Makna Sumpah Pemuda bagi pelajar ini tentunya wajib dipahami generasi muda. Berikut makna Sumpah Pemuda bagi pelajar dan sejarahnya, dirangkum Liputan6.com dair berbagai sumber, Selasa (11/1/2022).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Perbesar

Ilustrasi Bendera Merah Putih Credit: unsplash.com/Nick

Sumpah Pemuda merupakan hasil keputusan dari Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan oleh 27—28 Oktober 1928 di Jakarta. Gagasan penyelenggaraan Kongres Pemuda Kedua berasal dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI). Kongres Pemudai Kedua dilaksanakan di tiga gedung yang berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat.

Kongres Pemuda Kedua diketuai Sugondo Djojopuspito. Mengutip Museum Sumpah Pemuda, berikut sejarah lahirnya Sumpah Pemuda:

Rapat pertama

Rapat pertama Kongres Pemuda Kedua berlangsung pada Sabtu, 27 Oktober 1928, di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Lapangan Banteng. Dalam sambutannya, Soegondo berharap kongres ini dapat memperkuat semangat persatuan dalam sanubari para pemuda. Acara dilanjutkan dengan uraian Muhammad Yamin tentang arti dan hubungan persatuan dengan pemuda.

Rapat kedua

Rapat kedua berlangsung pada Minggu, 28 Oktober 1928, di Gedung Oost-Java Bioscoop, membahas masalah pendidikan. Kedua pembicara, Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro, sependapat bahwa anak harus mendapat pendidikan kebangsaan, harus pula ada keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan di rumah. Anak juga harus dididik secara demokratis.

Rapat ketiga

Rapat ketiga berlangsung pada hari yang sama di gedung Indonesische Clubhuis Kramat. Pada sesi berikutnya, Soenario menjelaskan pentingnya nasionalisme dan demokrasi selain gerakan kepanduan. Sedangkan Ramelan mengemukakan, gerakan kepanduan tidak bisa dipisahkan dari pergerakan nasional. Gerakan kepanduan sejak dini mendidik anak-anak disiplin dan mandiri, hal-hal yang dibutuhkan dalam perjuangan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Perbesar

Ilustrasi bendera Indonesia (Sumber: Pixabay)

Sebelum kongres ditutup diperdengarkan lagu “Indonesia” karya Wage Rudolf Supratman. Lagu tersebut disambut dengan sangat meriah oleh peserta kongres. Kongres ditutup dengan mengumumkan rumusan hasil kongres, yaitu berupa sumpah setia, Sumpah Pemuda. Sumpah pemuda berisi:

Pertama:

Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoea:

Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga:

Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Perbesar

Siswa mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di SDN 01 Pondok Labu, Jakarta, Senin (3/1/2022). PTM terbatas dilaksanakan setiap hari dengan jumlah peserta didik dapat 100 persen dari kapasitas ruang kelas dengan lama belajar paling banyak enam jam pelajaran per hari. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menghargai perjuangan bangsa

Makna sumpah pemuda bagi pelajar adalah sebagai wujud menghargai perjuangan bangsa Indonesia memperoleh kemerdekaan. Berkat perjuangan pendiri sekaligus pahlawan bangsa, Indonesia kibi telah mendapatkan hak pendidikan dan kesejahteraan. Sebagai generasi muda, pelajar perlu menghargai perjuangan ini melalui penghayatan sumpah pemuda.

Mencintai Indonesia

Sumpah Pemuda membuat generasi muda lebih mencintai bangsanya. Makna Sumpah Pemuda bisa menggambarkan semangat dan rasa bangga terhadap Indonesia. Hal ini bisa didukung dengan mencintai produk dengan menjunjung tinggi nilai persatuan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Perbesar

Ilustrasi Belajar Credit: pexels.com/pixabay

Wujud kebanggaan terhadap bahasa Indonesia

Makna sumpah pemuda bagi pelajar merupakan wujud bangga terhadap bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Hal ini tertuang dalam isi sumpah pemuda ketiga yang berbunyi "Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia". Melalui Sumpah Pemuda, pelajar akan lebih menghargai bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dalam kehidupan sehari-harinya.

Mendukung toleransi

Sumpah Pemuda bisa jadi wujud toleransi untuk mewujudkan persatuan. Indonesia berisi ragam suku dan budaya. Dengan Sumpah Pemuda, generasi muda menjadi lebih menghargai keberagaman bangsanya. Hal ini tertuang dalam isi Sumpah Pemuda pertama dan keduayang berbunyi "Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia." dan "Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia."

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Perbesar

Ilustrasi Anak Belajar Credit: pexels.com/August

Semangat belajar

Makna Sumpah Pemuda bagi pelajar pastinya menumbuhkan semangat belajar dan terus berkarya. Melalui Sumpah Pemuda, semangat untuk terus belajar akan meningkat. Sumpah Pemuda juga mendorong para generasi muda memberikan yang terbaik untuk bangsanya.

Menjunjung nama baik bangsa

Kesadaran akan satu bangsa dapat diwujudkan dengan perasaan dan sikap kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Perilaku bangga sebagai bangsa Indonesia dapat dilakukan dengan cara menjunjung nama baik bangsa dan negara. Tak hanya itu, bisa juga dilakukan dengan meningkatkan nama baik Indonesia melalui perbuatan–perbuatan nyata di masyarakat, serta menggunakan produk dalam negeri.

Lanjutkan Membaca ↓