Anggota tubuh yang dapat digunakan untuk menangkis gerakan lawan adalah

KOMPAS.com - Dalam pencak silat, terdapat istilah belaan dasar. Adapun, belaan dasar dibedakan menjadi tiga yaitu hindaran, elakan, dan tangkisan.

Dikutip dari modul Lestarikan Pencak Silat (2017) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kemampuan melakukan elakan dan tangkisan merupakan salah satu penilaian dalam olahraga pencak silat kategori tanding.

Dalam kategori tanding, masing-masing pesilat harus menguasai beberapa skill dan kemampuan yaitu menyerang, bertahan (elakan dan tangkisan), menjatuhkan, dan mengunci.

Teknik serangan, tangkisan, menjatuhkan, dan mengunci lawan menjadi faktor yang dinilai dalam pertandingan pencak silat kategori tanding.

Adapun, tujuan gerakan menangkis adalah membendung setiap pukulan dan tendangan.

Baca juga: Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar dalam Pencak Silat

Dalam pertandingan pencak silat, elakan atau tangkisan yang berhasil dengan diikuti serangan yang terarah pada sasaran akan diberikan poin (nilai) 1.

Nilai 1 juga akan diberikan kepada elakan atau tangkisan yang berhasil dengan diikuti serangan menjatuhkan lawan.

Teknik Tangkisan

Menurut buku Pencak Silat (2015) karya Erwin Setyo Kriswanto, S.Pd., M.Kes.AIFO, tangkisan adalah belaan dengan cara kontak langsung bagian anggota badan dengan serangan.

Kontak langsung yang dilakukan bertujuan untuk memindahkan atau membendung serangan lawan. Anggota badan yang dapat digunakan untuk menangkis adalah tangan, lengan, siku, dan kaki.

Baca juga: Teknik Dasar Serangan Sapuan dan Guntingan dalam Pencak Silat

1. Tangkisan satu lengan

Tangkisan satu lengan terdiri dari tangkisan dalam dan luar.

Tangkisan dalam yaitu tangan dari arah luar ke dalam dengan tujuan untuk menangkis serangan lurus, khususnya pukulan dengan perkenaan lengan bawah bagian luar.

Tangkisan luar yaitu tangkisan dari dalam ke luar yang digunakan untuk menangkis serangan lurus khususnya pukulan dengan perkenaan pada lengan bawah bagian dalam.

2. Tangkisan dua lengan

Tangkisan dua lengan dibagi menjadi dua yaitu menggunakan telapak tangan dan lengan bawah. Tangkisan dua lengan dilakukan dengan cara meletakkan kedua lengan di depan dada.

Baca juga: Apa Itu Pendekar dalam Pencak Silat?

3. Tangkisan siku

Tangkisan siku adalah gerakan menangkis serangan lawan dengan menggunakan siku bagian dalam.

Tangkisan siku dalam dilakukan dengan lintasan dari luar ke dalam. Tangkisan ini digunakan untuk menangkis serangan lurus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

KOMPAS.com - Pencak silat merupakan seni bela diri tradisional asli dari Indonesia yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda. 

Meski seni bela diri asli Indonesia, namun pencak silat juga dikenal dibeberapa negara dengan penyebutan yang berbeda, seperti Malaysia (gayong), Singapura (cekak), Thailand (bersilat), dan Filipina (pesilat).

Selain juga berkembang di beberapa negara Eropa dan Amerika, seperti Belgia, Amerika Serikat, Jerman Barat, Denmark, Inggris, Belanda, Australia dan Prancis.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pencak silat merupakan kepandaian berkelahi, seni bela diri khas Indonesia dengan ketangkasan membela diri dan menyerang untuk pertandingan atau perkelahian.

Baca juga: Pencak Silat, Seni Bela Diri Warisan Dunia

Mengutip dari buku Keterampilan Dasar Pencak Silat (2017), karya Dr. I Ketut Sudiana dan Ni Luh Putu Sepyanawati, pencak silat adalah salah satu hasil budaya Indonesia yang bertujuan untuk membela serta mempertahankan eksistensi lingkungan sekitar.

Teknik dasar pencak silat 

Dalam pencak silat terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasai para atlet, yaitu kuda-kuda, sikap pasang, pola langkah, belaan serta serangan.

Gerak dasar pencak silat merupakan perpaduan dari empat aspek (mental, spiritual, bela diri, olahraga dan seni budaya) menjadi satu kesatuan utuh.

Selain itu gerak dasar pencak silat ini terdiri atas berbagai gerakan yang telah direncanakan, dikoordinasi, diarahkan serta dikendalikan.

Berikut teknik dasar pencak silat: 

Gerakan kuda-kuda merupakan teknik dasar yang harus dikuasai agar bisa lanjut mempelajari gerakan berikutnya. Gerakan dasar kuda-kuda ini juga dapat melatih kekuatan otot kaki.

Lihat Foto

KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO

Pesilat beregu putri Indonesia, Pramudita Yuristya, Lutfi Nurhasanah, dan Gina Tri Lestari bertanding dalam laga final Asian Games 2018 yang berlangsung di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (29/8/2018). Mereka berhasil meraih medali emas.

Teknik kuda-kuda dipakai untuk mempersiapkan lawan yang sedang meningkatkan posisinya untuk menjatuhkan kompilasi di dalam posisi untuk bertahan.

Pada teknik kuda-kuda badan dalam keadaan seimbang, tapi dapat mudah bergerak. 

Baca juga: Pencak Silat: Arti, Sejarahnya dan Teknik Dasar

Dalam teknik dasar kuda-kuda ini ada empat jenis, yakni:

Pada teknik kuda-kuda depan  ini  salah satu kaki diletakkan di depan. Berat badan bertumpu pada kaki bagian depan.

Teknik kudas-kuda belakang, salah satu kaki diletakkan di depan. Namun, berat badan bertumpu pada kaki bagian belakang.

Pada teknik kuda-kuda tengah kedua kaki diletakkan sejajar dengan bahu. Berat badan bertumpu pada kedua kaki.

Pada teknik kuda-kuda samping kedua kaki diletakkan sejajar dengan bahu. Namun, berat badan bertumpu pada salah satu kaki.

Baca juga: Gerakan Dasar Permainan Sepak Bola

Teknik dasar pencak silat selanjutnya adalah sikap pasang. Teknik sikap pasang memiliki makna siap untuk menyerang atau menyambut lawan.

Pada gerakan teknik sikap pasang, sikap kuda-kuda tetap dipraktikkan. Tapi tangan dalam posisi siap di depan tubuh. 

Ketika sedang melakukan gerakan saat bertarung, gerakan sikap pasang harus terus berubah-ubah seiring posisi lawan yang berubah. 

Pola langkah satu teknik dasar pada olahraga pencak silat. Tekni pola langkah berati memindahkan kaki dari ke samping kanan dan kiri atau maju dan mundur.

Teknik ini penting dilakukan sebagai langkah untuk menyerang atau menghindari serangan lawan.

Ada empat jenis pada teknik pola langkah, yakni langkah geser, langkah angkat yang disertai putaran, langkah seser (menggeser kaki agar sejajar dengan bahu), serta langkah lompat.

Pada teknik ini kaki tetap dalam posisi kuda-kuda dan tangan diletakkan di depan tubuh.

Baca juga: Tolak Peluru: Sejarah, Cara Bermain dan Peraturannya

Tekni belaan bertujuan untuk menghindari serangan lawan dengan menangkisnya (menahan atau menyerang balik lawan).

Lihat Foto

ANTARA FOTO/INASGOC/MELVINAS PRIANANDA

Pesilat Indonesia Abdul Malik (kanan) bertanding melawan pesilat Vietnam Dinh Tuan Nguyen (kiri) dalam babak 16 besar Kelas B Putra Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Kamis (23/8)/2018.

Pada teknik ini terdapat dua jenis belaan, yakni tangkisan dan hindaran.

Tangkisan berarti menahan serangan lawan dengan menyentuh bagian kaki dan atau tangannya.

Sementara hindaran berarti menggagalkan serangan lawan tanpa menyentuh kaki atau tangannya.

Pada teknik serangan terdapat dua jenis serangan, yakni serangan menggunakan tangan dan serangan menggunakan kaki.

Baca juga: Baseball: Pengertian, Sejarah dan Manfaatnya

Setiap serangan memiliki unsur sikap tangan dan kaki sebagai alat serangan, sikap kuda-kuda, serta sikap tubuh. 

Teknik dasar pencak silat menitikberatkan pada kemampuan serta kekuatan kaki dalam melakukan kuda-kuda serta sikap pasang (kuda-kuda dengan bagian tangan diletakkan di depan tubuh).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

tirto.id - Pencak silat adalah salah satu jenis dari seni bela diri yang timbul sebagai suatu cara seseorang untuk mempertahankan diri.

Olahraga pencak silat ini berasal asli dari Indonesia, yakni dari budaya suku Melayu pada penduduk pesisir Sumatera dan Semenanjung Malaka.

Induk organisasi pencak silat saat ini disebut juga dengan Persekutuan Pencak Silat Antar Bangsa (PERSILAT). Dalam Modul Kemendikbud PJOR SMP (2017) disebutkan bahwa saat ini sudah tercatat sebanyak 33 organisasi pencak silat di dunia. Tidak hanya itu, silat juga menjadi cabang olahraga resmi yang dipertandingkan pada ajang SEA Games.

Teknik dasar dalam pencak silat secara umum dapat diurutkan menjadi empat teknik dasar, yaitu:

Pembentukan sikap dasar pencak silat sikap berdiri ada tiga, yakni sikap berdiri tegak, sikap kangkang, dan sikap kuda-kuda.

Selain itu, terdapat enam sikap kuda-kuda dalam pencak silat, yakni kuda-kuda depan, kuda-kuda belakang, kuda-kuda tengah, kuda-kuda samping, dan kuda-kuda silang (silang depan dan silang belakang).

Fungsi dari posisi ini adalah untuk memperkokoh atau memperkuat posisi berdiri kaki pada saat melakukan penyerangan maupun tangkisan terhadap lawan.

Dalam pencak silat dibutuhkan ketepatan langkah sehingga membetuk suatu pola baik untuk memberikan serangan atau pertahanan.

Langkah sendiri didefinisikan sebagai perubahan injakan kaki dari satu tempat ke tempat lain, yang dapat dilakukan dengan posisi segaris, tegak lurus, serta serong.

Bentuk pukulan, tangkisan, tendangan merupakan suatu teknik yang digunakan dalam seni pencak silat untuk memberi serangan kepada lawan. Di samping itu, terdapat teknik elakan yang digunakan sebagai usaha pembelaan. Elakan sendiri dapat dilakukan dengan cara memindahkan sasaran dari arah serangan.

Dalam sebuah permainan atau pertandingan sudah semestinya terdapat suatu ketentuan atau atauran bermain.

Berikut ini beberapa paparan mengenai bagian tubuh yang diperbolehkan diserang untuk memperoleh poin dan bagian tubuh yang tidak diserang dalam pencak silat.

Bagian Tubuh yang Boleh Diserang

Bagian Tubuh yang Tidak Boleh Diserang

Peraturan yang sudah ditetapkan tersebut berlaku untuk seluruh jenis pertandingan pencak silat.

Baca juga:

  • Rangkuman Penjaskes: Manfaat Senam Lantai bagi Fisik dan Mental
  • Rangkuman Penjaskes Lompat Jauh Gaya Jongkok: Teknik-Latihan Dasar

Subscribe for updates Unsubscribe from updates